Mengenal Sosok Zulfani Pasha, Pemeran Ikal Laskar Pelangi yang Ditangkap Polisi

| 02 May 2023 22:00
Mengenal Sosok Zulfani Pasha, Pemeran Ikal Laskar Pelangi yang Ditangkap Polisi
Sosok Zulfani Pasha (Instagram/@zulfani_pasha)

ERA.id - Pemeran Ikal dalam film Laskar Pelangi ditangkap Polres Belitung Timur karena kedapatan membawa senjata tajam dan diduga melakukan tabrak lari. Tokoh Ikal diperankan oleh aktor Zulfani Pasha yang saat ini berusia 26 tahun. Seperti apa sosok Zulfani Pasha yang pernah bersinar melalui film Laskar Pelangi?

Penangkapan Zulfani Pasha oleh Kepolisian Belitung Timur berawal dari aksinya bersama sejumlah temannya mengacungkan pedang katana. Aksi tersebut dilakukan saat mereka mengendarai mobil di Jembatan Boom Gantung Beltim.

Zulfani Pasha bersama teman-temannya kemudian diamankan polisi karena dinilai telah membahayakan dan membuat takut warga sekitar. Dari kasus ini, sosok Zulfani Pasha pun kembali disoroti publik setelah namanya sudah lama terdengar. 

Zulfani Pasha Laskar Pelangi Terlibat Kasus Penipuan

Pihak kepolisian mengungkapkan bahwa Zulfani Pasha terlibat kasus penipuan. Saat kejadian arogansi mengeluarkan sajam, ternyata Zulfani dan rekan-rekannya sempat dikejar oleh korban penipuan. 

Zulfani Pasha dan beberapa temannya yang mengendarai minibus Ertiga warna putih tampak mengacungkan sajam. Selain itu, mobil yang dibawanya tersebut juga terlibat kecelakaan dengan kendaraan roda dua. 

Sempat terjadi kejar-kejaran petugas polisi meringkus Zulfani Pasha pada Sabtu (29/4) pukul 01.00 WIB dini hari. Petugas polisi dari Pos Pam Lebaran melakukan pengejaran mobil Zulfani untuk membantu pelapor. 

Saat kabur dari kejaran polisi, mobil yang dikendarai Zulfani dan temannya menabrak kendaraan roda dua. Tabrakan tersebut membuat bumper depan bagian kanan mobilnya ringsek. Saat berhasil diamankan, polisi menemukan selongsong sajam jenis katana bersarung warna hitam. 

Polisi lantas mengamankan barang bukti berupa satu bilang sajam pedang katana, mobil Ertiga putih bernopol BN 1163 WG, serta ponsel dan uang hasil penipuan sebanyak Rp480.000. Saat dilakukan tes urine, Zulfani dan temannya dinyatakan negatif narkoba. 

Profil Zulfani Pasha Pemeran Ikal Laskar Pelangi

Sosok Zulfani Pasha terkenal dari film Laskar Pelangi. Dalam film yang diangkat dari novel karya Andrea Hirata tersebut, Zulfani menjadi pemeran utama sebagai tokoh Ikal. Film yang sukses ditonton jutaan pemirsa tersebut digarap oleh sutradara Riri Riza dan tayang pada 25 September 2008.

Zulfani Pasha pemeran Ikal Laskar Pelangi  (Instagram/@zulfani_pasha)

Zulfani Pasha lahir di Tanjung Pandan, Bangka Belitung, pada 7 Juni 1996. Zulfani kecil tumbuh berkembang di kampung halamannya. Lulus dari jenjang SMA, Zulfani melanjutkan pendidikan tinggi di Institut Kesenian Jakarta. 

Film Laskar Pelangi merupakan debut perdana Zulfani Pasha sebagai aktor Indonesia. Zulfani dipilih oleh Mira Lesmana untuk menjadi pemeran utama film tersebut karena ingin mencari pemain asli putra daerah Bangka Belitung. 

Berkat aktingnya yang memukau dalam film Laskar Pelangi, Zulfani Pasha mendapat dua nominasi dari Indonesia Movie Actors Award pada 2009. Zulfani masuk nominasi sebagai Aktor Pendatang Baru Terbaik dan Aktor Pendatang Baru Terfavorit. Ia pun berhasil memboyong satu piala kategori Aktor Pendatang Baru Terfavorit.

Setelah bermain di film Laskar Pelangi, karier Zulfani di dunia keaktoran pun mulai melejit. Zulfani kemudian tampil membintangi dua film sekuel Laskar Pelangi yang berjudul Sang Pemimpi (2009) dan Laskar Pelangi 2: Edensor (2013). 

Selain itu, Zulfani juga diketahui pernah bermain dalam dua serial, yaitu serial Negeri 5 Menara tahun 2019 dan Drama Ratu Drama pada tahun 2022. 

Demikianlah ulasan sosok Zulfani Pasha pemeran tokoh Ikal dalam film Laskar Pelangi. Pria berusia 26 tahun tersebut sudah menikah dengan seorang wanita bernama Vera. Kasus penipuan yang baru-baru ini ia lakukan tersebut telah mencoreng nama baiknya di dunia perfilman Indonesia. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi