Cara Aman Makan Ikan Mentah Demi Terhindar dari Bakteri Jahat

| 16 Sep 2023 20:58
Cara Aman Makan Ikan Mentah Demi Terhindar dari Bakteri Jahat
Cara aman makan ikan mentah (unsplash)

ERA.id - Memakan ikan mentah, adalah salah satu cara menikmati kuliner yang populer.

Namun, makan ikan mentah juga membawa risiko kesehatan tertentu jika tidak dilakukan dengan benar. Bagaimana cara aman makan ikan mentah yang benar?

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa tips penting tentang cara menikmati ikan mentah dengan aman, sehingga kita dapat merasakan nikmatnya hidangan ini tanpa khawatir tentang masalah kesehatan.

Cara Aman Makan Ikan Mentah

Cara satu-satunya yang pasti untuk mencegah penyakit akibat makanan adalah dengan memasak ikan hingga mencapai suhu 62,77 derajat Celcius. Tetapi jika Anda sangat menyukai sushi, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk makan sushi dengan aman.

Dilansir dari Cleveland Clinic, berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

  1. Gunakan indera Anda

Anda dapat mengetahui banyak hal tentang sebuah ikan dari cara ia terlihat, terasa, dan baunya, untuk itu periksa hal-hal berikut ini:

●        Daging padat dan tanpa bau amis.

●        Tidak ada perubahan warna, lendir, atau kelembaban.

●        Beli ikan dari sumber yang terpercaya yang memiliki tempat pengolahan bersih dengan para pekerja yang menjaga kebersihan diri. Namun jika Anda berada di restoran, periksa skor sanitasinya.

  1. Bekukan ikan sebelum dimakan

Anda mungkin berpikir ikan segar adalah yang terbaik ketika dimakan mentah, tetapi tidak selalu demikian. Pembekuan dapat membunuh parasit yang dapat membuat Anda sakit.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) merekomendasikan agar Anda membekukan ikan pada suhu -4 F selama tujuh hari (atau -31 F selama 15 jam jika Anda perlu membekukannya lebih cepat).

Tetapi tidak semua ikan perlu dibekukan. Menurut FDA, pembekuan tidak diperlukan untuk sebagian besar jenis tuna atau ikan yang dibudidayakan di dalam air terbuka, kolam, atau tangki.

  1. Pastikan keamanan pangan

Jika Anda mempersiapkan ikan mentah di rumah, keamanan pangan sangat penting. Dengan penanganan makanan dengan aman, maka Anda dapat mengurangi kemungkinan bakteri apa pun pada ikan mentah akan tumbuh atau menyebar ke makanan lain. Langkah-langkah terbaik yang dapat Anda lakukan adalah:

●        Menjaga peralatan dan alat makan tetap bersih.

●        Menyimpan makanan pada suhu 45 F (7,22 C) atau lebih dingin.

●        Mencuci tangan secara berkala.

Dampak Terlalu Banyak Makan Ikan Mentah

Dampak Terlalu Banyak Makan Ikan Mentah (unsplash)

Meskipun makan sushi memiliki manfaat kesehatan, terlalu banyak mengkonsumsinya ternyata dapat menimbulkan risiko kesehatan. Beberapa dari risiko tersebut termasuk:

●        Tingginya asupan garam dapat mengakibatkan retensi air dalam tubuh, yang mungkin menyebabkan pembengkakan.

●        Retensi air dalam aliran darah dapat meningkatkan tekanan darah.

●        Tekanan darah yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan gagal jantung karena pembuluh darah harus bekerja lebih keras.

●        Konsumsi berlebihan karbohidrat dalam sushi dapat menyebabkan lonjakan gula darah dan resistensi insulin.

●        Beberapa jenis ikan mentah, seperti makarel, marlin, dan tuna, dapat terkontaminasi dengan merkuri. Mengonsumsi ikan yang terkontaminasi merkuri secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan permanen pada paru-paru, otak, ginjal, serta berisiko mengganggu sistem saraf pusat dan bahkan berujung pada kematian.

●        Mengonsumsi sushi secara berlebihan juga meningkatkan risiko penularan penyakit yang dapat dibawa oleh hewan laut.

Selain cara aman makan ikan mentah, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi