Chen, Baekhyun, dan Xiumin EXO Putuskan Kontrak dengan SM Entertainment

| 01 Jun 2023 10:45
Chen, Baekhyun, dan Xiumin EXO Putuskan Kontrak dengan SM Entertainment
Chen, Baekhyun, dan Xiumin EXO (Instagram)

ERA.id - Kabar mengejutkan datang dari boy group EXO. Tiga anggotanya, Chen, Baekhyun, dan Xiumin memutuskan kontrak mereka dengan agensi yang menaungi mereka selama ini, yakni SM Entertainment.

Hal ini disampaikan oleh pengacara Lee Jae Hak, selaku kuasa hukum tiga member yang bergabung di sub unit EXO CBX itu. Mereka memutuskan kontrak eksklusif dengam SM Entertainment mulai 1 Juni 2023.

"Kami datang untuk memberi tahu SM bahwa kami mengakhiri kontrak eksklusif kami terhitung mulai hari ini, 1 Juni," pernyataan Lee Jae Hak terkahir Chen, Baekhyun, dan Xiumin, di Soompi, pada Kamis (1/6/2023).

Pemutusan kontrak ini dilakukan karena pihak EXO CBX telah berkali-kali meminta transparansi data pembagian pendapatan sejak 21 Maret 2023. Mereka sudah meminta data itu sebanyak 7 kali, tetapi tak kunjung mendapatkan kejelasan.

"Sejak 21 Maret hingga saat ini, ketiga member mengirim sertifikasi konten sebanyak tujuh kali dan melalui ini mereka meminta salinan laporan penyelesaian yang transparan dan dasar penyelesaian," jelasnya.

Lebih lanjut, SM Entertainment diketahui berusaha untuk melakukan kontrak eksklusif dengan artis yang berlaku setidaknya selama 17 atau 18 tahun. Ini dinilai agensi menggunakan kekuasaan yang tidak adil terhadap artis.

"Ini adalah SM sekali lagi melakukan penggunaan kekuasaan yang tidak adil terhadap artisnya," pungkas perwakilan hukum Chen, Baekhyun, dan Xiumin itu.

Sementara itu, belum ada pernyataan dari Chen, Baekhyun, dan Xiumin terkait kabar mereka memutuskan kontrak dengan SM Entertainment ini. SM Entertainment sendiri juga belum buka suara terkait kabar ini.

Rekomendasi