5 Tips Menghadapi Rintangan Saat Kencan Online

| 24 Jun 2023 12:03
5 Tips Menghadapi Rintangan Saat Kencan Online
Ilustrasi dating online (Unsplash)

ERA.id - Kencan online bisa jadi kesempatan mengenal satu sama lain lebih santai. Interaksi ini bisa menjadi dasar untuk hubungan yang lebih mendalam, tidak sekedar dipermukaan saja.

Namun menurut Psikolog Viviane Hähne, kecan online kerap dihadapkan dengan berbagai rintangan. Mulai dari proses pengenalan hingga pertemuan. Lantas bagaimana cara menghadapi rintangan kecan online?

Berikut tips untuk menghadapi rintangan saat kencan online yang dirangkum dari siaran resmi Tinder.

1. Stop berpura-pura agar disukai orang lain

Jadilah dirimu sendiri! Media sosial memang memberikan kesan bahwa kita harus selalu aktif, dengan hidup yang ‘Instagrammable’ setiap saat. Namun sebenarnya tidak juga, karena kamu selalu bisa jadi diri sendiri dan menemukan seseorang yang betul-betul menyukaimu apa adanya.

2. Tentukan dengan jelas apa yang kamu suka dan tidak suka

Misalnya, match kamu mengajak kamu pergi ke acara besar untuk kencan pertama, tapi sebetulnya kamu merasa nyaman untuk nge-date ke tempat santai, maka komunikasikan ini dengan jelas dari awal dan pertahankan keinginanmu.

Kalau kamu khawatir kehabisan topik, banyak pertanyaan terbuka yang bisa kamu lempar ke match kamu. Misalnya, apa yang ingin kamu ketahui dari mereka? Apa yang membuat mereka tertarik dengan diri kamu sejauh ini? Hal ini akan membuat obrolan kalian menarik, karena biasanya setiap orang akan suka membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan diri mereka.

3. Jangan batalkan kencan tiba-tiba

Dalam psikologi - kecuali ada alasan yang mendesak, hal ini disebut dengan perilaku menghindar, yang memperkuat sisi insecurity kamu. Meskipun membutuhkan usaha dan harus meninggalkan zona nyaman, ada baiknya menghadapi rasa takut kamu. Kata kuncinya adalah: berlatih, berlatih dan berlatih! Ingat, saat di dunia nyata dan online, keselamatan kamu tetap nomor satu. Ada banyak perangkat keselamatan yang tersedia untuk kamu di Tinder. 

4. Perbanyak pengalaman dan jadikan refleksi

Kencan manakah yang membuat kamu merasa nyaman, dan mengapa? Apa alasannya, apa faktor yang membuat kamu menyukai kencan tersebut? Apakah karena lokasinya, aktivitas yang dilakukan, atau topik yang sedang dibicarakan saat itu? Dan bagaimana kamu bisa memanfaatkan pengalaman tersebut untuk kencan-kencan kamu selanjutnya? 

5. Pikirkan satu ritual atau kebiasaan yang selalu kamu lakukan sebelum berkencan

Karena ritual akan berdampak positif terhadap mental dan meningkatkan rasa aman kita. Ritual ini bisa dalam bentuk kegiatan yang paling sederhana, seperti mandi untuk relaksasi atau menata rambut.  Mendengarkan lagu atau menelpon teman juga dapat memberikan efek yang menyenangkan, dan membantu kamu. Tidak ada batasan terhadap yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan diri kamu, cari segala aktivitas yang dapat membuat kamu merasa nyaman dan menghilangkan kegugupan sebelum berkencan.

Rekomendasi