8 Aturan Tinggal di Apartemen yang Harus Kamu Ketahui

| 26 Jul 2023 22:05
8 Aturan Tinggal di Apartemen yang Harus Kamu Ketahui
Ilustrasi apartemen (pexels)

ERA.id - Apartemen adalah salah satu pilihan hunian yang bisa dipilih masyarakat. Meski konsep utamanya adalah tempat tinggal, aturan tinggal di apartemen tidak sama dengan perumahan.

Apartemen berupa bangunan bertingkat yang ditinggali oleh banyak orang. Dengan kata lain, para penghuni tinggal di bangunan satu atap. Selain aturan tenggang rasa, ada hal-hal lain yang harus diperhatikan.

Masing-masing apartemen memiliki aturan tersendiri yang terperinci. Namun, secara umum ada beberapa aturan yang sifatnya umum. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut yang dirangkum Era.id dari berbagai sumber.

Ilustrasi desain ruangan apartemen (pexels)

Berbagai Aturan Tinggal di Apartemen

·         Kebisingan

Salah satu aturan yang paling mendasar adalah soal kenyamanan. Penghuni apartemen harus menjaga kenyamanan bersama, termasuk soal kebisingan. Masing-masing penghuni tidak boleh membuat kegaduhan yang bisa mengganggu penghuni lain.

·         Fasilitas umum

Fasilitas umum (fasum) bisa digunakan oleh semua penghuni sesuai aturan yang berlaku di apartemen tersebut. Dengan demikian, Anda tidak bisa mengakuisisi atau menguasai fasum yang disediakan untuk diri sendiri.

·         Aturan Parkir

Apartemen telah memiliki lahan parkir yang disediakan untuk para penghuni. Area parkir ini digunakan oleh semua penghuni sehingga pemarkiran kendaraan tidak boleh dilakukan dengan serampangan atau sesuka hati. Biasanya terdapat garis-garis pembatas agar kendaraan tertata rapi di dalam tempat parkir.

·         Biaya

Di dalam apartemen terdapat beberapa jenis biaya dan iuran yang harus dipatuhi dan dibayar oleh para penghuni. Hal tersebut telah ditetapkan dan disetujui oleh para penghuni saat memutuskan tinggal di apartemen tersebut. Contoh beberapa biaya tersebut (di luar biaya sewa apartemen) adalah biaya perawatan rutin, kebersihan, keamanan, dan kenyamanan.

·         Kebersihan

Ini adalah aturan yang umum ada di area hunian bersama. Kebersihan tidak hanya soal bagian dalam ruangan, tetapi lebih ke area bersama. Penghuni mesti membuang sampah pada tempat yang disediakan dan membuang kumpulan sampah tersebut secara rutin. Penghuni juga tidak dibolehkan meninggalkan barang (apalagi sampah) di koridor.

·         Penggunaan lift

Penggunaan lift juga tidak boleh sembarangan. Hal tersebut biasanya disampaikan terkait penggunaan lift saat dilakukan evakuasi, misalnya akibat gempa, kebakaran, atau hal-hal lain.

·         Bukan tempat usaha

Apartemen hanya digunakan sebagai tempat tinggal atau hunian. Apartemen tidak boleh dijadikan tempat usaha. Hal tersebut harus dipatuhi demi kenyamanan bersama. Terkadang, terdapat area bisnis yang lokasinya tidak terlalu jauh dari apartemen.

·         Hewan

Secara umum, apartemen tidak membolehkan penghuninya memelihara hewan tertentu di dalam apartemen. Ini tidak terlepas dari kenyamanan dan keamanan bersama. Namun, ada beberapa apartemen yang tidak melarang hal tersebut.

Itulah beberapa aturan tinggal di apartemen secara umum yang perlu diketahui. Dengan memahami hal tersebut, penghuni bisa lebih siap saat akan tinggal di apartemen dengan aturan-aturan khususnya. 

Rekomendasi