Jurusan Kuliah yang Banyak Peluang Kerja, Simak dan Tentukan Pilihan Anda

| 29 Dec 2022 22:01
Jurusan Kuliah yang Banyak Peluang Kerja, Simak dan Tentukan Pilihan Anda
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

ERA.id - Pada hari ini cukup banyak lulusan sarjana yang bekerja tidak sesuai dengan pendidikan terakhirnya. Hal inilah yang menjadi parameter bahwa mencari pekerjaan memang sulit di zaman sekarang. Namun, di tengah persaingan kerja yang cukup ketat, sebenarnya ada beberapa jurusan kuliah yang membuat lulusannya mudah untuk mencari pekerjaan. Sebab, cukup banyak lowongan kerja dari suatu perusahaan yang membutuhkan lulusan dari jurusan tertentu.

Ilustrasi lulusan kuliah (Foto: Dok. Antara)

Indikator Jurusan Gampang Cari Kerja

Ada beberapa hal yang menjadi indikator agar mudah mencari pekerjaan. Ciri dan indikator tersebut antara lain:

  • Jarang yang menjadi ahli dalam bidang/jurusan tersebut
  • Dicari & mudah masuk ke BUMN/organisasi pemerintahan
  • Tidak diharuskan menempuh edukasi lanjutan saat bekerja

Lantas apa saja jurusan yang memberikan peluang besar? Berikut daftar jurusan kuliah yang banyak peluang kerja pada era 4.0 ini.

Jurusan Teknik Elektro

Jurusan Teknik Elektro juga memberikan pengaruh yang sangat besar bagi perkembangan peradaban manusia. Tentunya sektor ini jelas diperlukan hingga saat ini. Materi yang dipelajari juga tidak hanya tentang listrik, melainkan juga telekomunikasi. Tanpa lulusan yang memiliki keterampilan ini, perkembangan internet dan teknologi komunikasi mungkin tidak akan berkembang seperti saat ini.

Jurusan Desain

Seperti halnya Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, dan Desain Interior, jurusan desain juga sangat diminati. Kreativitas dan kemampuan seseorang yang memiliki skill dalam menggunakan teknologi tentunya akan menarik minat masyarakat luas. Selain itu, tersedia juga departemen desain busana kreatif. Siapa pun yang tertarik dengan industri fashion akan sangat membutuhkan lulusan dari jurusan ini.

Software Engineer/IT

Jurusan IT merupakan salah satu jurusan yang paling mudah untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Sebab, seperti yang kita ketahui, pada saat ini semua hal dilakukan serba digital. Semakin hari, kemajuan teknologi juga berkembang begitu pesat.

Itulah mengapa, kehadiran dan layanan lulusan IT sangat diminati oleh banyak perusahaan. Setelah menyelesaikan pendidikan, Anda dapat bekerja di perusahaan yang membutuhkan keterampilan dalam pemprograman perangkat lunak. Misalnya, pabrik atau perusahaan dagang yang menyediakan dan memproduksi aplikasi serta perangkat lunak untuk penggunaan internal. Semua jenis perusahaan saat ini membutuhkan keterampilan tersebut.

Bahasa dan Sastra

Dunia content creator  yang berkembang pada hari ini membuat posisi lulusan bahasa dan sastra juga semakin dicari. Profesi sebagai copywriter atau content writer saat ini juga banyak tersedia. Biasanya kualifikasi yang menjadi persyaratan adalah lulusan jurusan Bahasa dan Sastra.

Jurusan Ilmu Komunikasi

Sarjana komunikasi dibekali kemampuan dalam menulis serta berbicara di depan umum. Kemampuan mereka tidak sama dengan orang yang tidak mempelajari ilmu komunikasi secara dalam. Peluang karir yang dapat diambil dapat berupa PR (public relations), Brand Ambassador, Juru Bicara, Marketing, Penulis, Jurnalis, Penyiar, Presenter, dll.

Jurusan Akuntansi

Mencatat dan melaporkan keuangan perusahaan tentunya membutuhkan keterampilan khusus. Banyak aturan dan kualifikasi yang harus dipenuhi agar laporannya valid dan dapat dipertanggungjawabkan. Sarjana akuntansi yang dibekali dengan keahlian perpajakan akan tetap dicari oleh banyak perusahaan, baik di Indonesia ataupun di luar negeri.

Lulusan ini akan mendapatkan kemudahan dalam mencari kerja karena semua perusahaan di berbagai bidang membutuhkan lulusan dengan kemampuan ini. Karier lulusan ini juga cukup mudah untuk didapatkan, antara lain sebagai auditor internal, x analis keuangan, marketing, penulis, hingga manajer perpajakan.

Jurusan Teknik Komputer

Sarjana ilmu sistem komputer tentunya sudah pasti memiliki keahlian dalam bidang matematika, fisika, dan ilmu komputer, baik itu mengenai hardware ataupun software. Lulusan sistem komputer juga sangat banyak dicari karena perkembangan teknologi saat ini.

Jurusan Kedokteran, Keperawatan dan Farmasi

Selama manusia masih ada di bumi, tentunya tenaga medis akan selalu dibutuhkan. Oleh sebab itu, fakultas kedokteran adalah salah satu jurusan keluarga ilmu pengetahuan yang banyak diminati oleh mahasiswa IPA. Prospek pekerjaan dari jurusan ini juga cukup menjanjikan dan diminati dimana saja dan kapan saja. Oleh sebab itu, Anda yang memiliki minat dalam sains, tak perlu ragu untuk memilih jurusan ini.

Demikianlah ulasan mengenai jurusan kuliah yang banyak memberikan peluang kerja. Bagi Anda yang sedang menentukan pilihan, referensi di atas bisa dijadikan panduan.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi