Memahami Beda Palladium dan Emas Putih

| 06 Aug 2023 20:04
Memahami Beda Palladium dan Emas Putih
Ilustrasi cincin emas putih (pexels)

ERA.id - Secara kasat mata, emas putih dan palladium tampak sebagai logam mulia yang sama. Padahal, ada beda palladium dan emas putih. 

Keduanyanya berasal dari keluarga logam mulia yang sama, tetapi ada beberapa hal yang membedakan emas putih dengan palladium. Untuk memahaminya, simak penjelasan berikut.

Memahami Beda Palladium dan Emas Putih

·         Emas Putih

Ini adalah logam mulia yang berasal dari campuran emas (kuning) dengan logam lain, seperti nikel dan palladium. Emas ini tampak lebih bersinar karena memiliki warna putih. Meski demikian, warna aslinya tidaklah putih, melainkan agak kusam atau keabu-abuan.

Untuk membuat emas putih tampak putih bersinar, perlu dipoles dengan rodium. Rodium tidak bertahan selamanya di emas putih. Dalam beberapa bulan rodium akan aus.

·         Sekilas tentang palladium

Palladium merupakan salah satu dari logam transisi lunak, berwarna putih keperakan, dan lebih ringan daripada platinum. Seperti diketahui sebelumnya, bahan ini bisa menjadi salah satu campuran untuk menghasilkan emas putih.

Untuk lebih jelas, berikut ini beberapa hal yang bisa dijadikan acuan untuk membandingkan emas putih dengan palladium, dirangkum Era.id dari Galeri24.

1. Harga

Harga emas putih lebih mahal daripada palladium. Berdasarkan World Gold Council, emas putih merupakan satu dari empat logam mulia termahal di dunia dan punya harga jual yang lebih tinggi daripada palladium.

Salah satu alasan harga emas putih lebih mahal adalalah emas putih lebih langka dan lebih sulit diproduksi daripada palladium. Selain itu, emas putih terdiri atas beberapa logam yang lain, termasuk palladium.

2. Komposisi

Emas putih merupakan logam campuran dengan komposisi 75% emas plus 25% logam campuran (bisa jadi berupa palladium). Sementara, palladium umumnya punya komposisi 95—97% palladium dan 3—5% logam campuran (misalnya nikel dan kromium).

3. Ketahanan

Salah satu keunggulan dari palladium adalah ketahanannya. Logam ini dinilai lebih kuat daripada emas putih, hal tersebut tidak terlepas dari komposisi penyusunnya.

Selain itu, palladium lebih tahan terhadap oksidasi dan korosi dibandingkan emas putih. Hal tersebut juga menjadi penyebab palladium lebih susah dibentuk sebagai perhiasanpalladium punya lebih keras dan punya titik lebur yang lebih tinggi.

4. Investasi

Ada beberapa perbedaan dari emas putih dan palladium jika dijadikan alat investasi. Emas putih termasuk salah satu logam mulia dengan nilai paling stabil dan banyak diinvestasikan. Sementara, palladium termasuk alat investasi berisiko sedang. Itu karena harga palladium cenderung punya nilai fluktuatif lebih tinggi daripada emas putih.

Itulah beberapa beda palladium dan emas putih. Logam mulia mana yang ingin Anda pinang, tergantung kebutuhan dan kondisi keuangan Anda. 

Rekomendasi