Mendorong Tumbuh Kembang, Tempat Bermain Ciptakan 3 Karakter Anak yang Berkualitas

| 10 Aug 2023 16:55
Mendorong Tumbuh Kembang, Tempat Bermain Ciptakan 3 Karakter Anak yang Berkualitas
Ilustrasi anak bermain (Foto: Pedes/Victoria Rain)

ERA.id - Wahana permainan bisa menciptakan 3 karakter anak yang berkualitas. Ketiga karakter berkualitas ini mendorong tumbuh kembang si kecil. Banyak sekali manfaat dirasakan si kecil ketika bermain di permainan wahana. 

Permainan wahana berpengaruh jika umur sang anak masih dalam masa pertumbuhan. Pada usia tertentu, anak cenderung lebih aktif. Chief Commercial Officer PT. Kini Indonesia, Nurindra Prawarianto mengatakan wahana permainan berpengaruh terhadap karakter anak sejak dini. 

Dalam momen ini, KidZania memperkenalkan wahana permainan peran (estabilishment) yang edukatif bagi anak-anak bertemakan Snackit Marshmallow Detective Agency. Permainan peran ini lebih sekedar aktivitas menyenangkan bagi anak anak, tetapi dapat menggali potensi anak sejak dini. 

KidZania (Foto: Era.id/Adelia)
KidZania (Foto: Era.id/Adelia) 

"Kita ingin mengembangkan karakter anak sejak dini. Itu ada unsur edukasi, fun dan mampu mengajarkan anak soal penelitian, kerjasama, analisa. Kedepannya bisa menjadi salah satu pengembangan karakter anak," ujar Nurindra, saat ditemui di Jl. Jend Sudirman Kav 52_53, Jakarta Selatan pada Kamis (10/8/2023). 

Nurindra mengatakan tempat bermain bisa menciptakan tiga karakter anak yang berkualitas, diantaranya achiever, analitis dan ambis. Achiever adalah kepribadian energik, memiliki dorongan dan motivasi yang tinggi, produktif, serta berorientasi pada tujuan atau goal. 

Sementara itu, berpikir analitis mengharuskan otak bekerja seperti detektif. Ia harus mencari dan menggambarkan setiap informasi yang dimiliki, baik berupa ciri, sifat, bentuk, ukuran dari setiap benda atau hal yang menjadi amatannya dan mempergunakan informasi yang diperolehnya dalam rangka menyelesaikan masalah. 

Lalu, ambisi berkaitan dengan seseorang yang berusaha keras untuk mendapatkan hasil baik. Ambis memberikan dampak positif pada anak. Sebab, sifat ambis ini cenderung mendorong anak untuk berusaha sekuat tenaga demi mencapai tujuannya.

KidZania (Foto: Era.id/Adelia)
KidZania (Foto: Era.id/Adelia) 

"Ada achiever, anak anak mencapai hal baik. Analitis, anda ambis. Ini 3 karakter yang kita masukkan ke dalam wahana KidZania," kata Nurindra. 

Nurindra menyampaikan dukungan terhadap permainan wahana yang bisa mengembangkan karakter anak sejak dini melalui sarana edukasi yang positif. 

"Kami sangat senang sekali Snackit Marshmallow dapat hadir menjadi salah satu estabilishment terbaru yang unik di KidZania Jakarta yaitu menjadi Agen Detektif," imbuhnya. 

"Kami berharap dengan partisipasi ini dapat membantu anak-anak dalam mengembangkan karakter yang positif sejak dini. Permainan peran ini telah kami buat sebagai sarana edukasi anak-anak untuk belajar ketelitian, kerjasama team, kemandirian, berpikir cepat, tangkas dan bertanggungjawab." tambahnya. 

Rekomendasi