Channel YouTube-nya Dilaporkan Band Radja, Anji Pertanyakan Pencipta Lagu 'Cinderella'

| 19 Aug 2023 11:40
Channel YouTube-nya Dilaporkan Band Radja, Anji Pertanyakan Pencipta Lagu 'Cinderella'
Anji (Foto: Instagram/@duniamanji)

ERA.id - Musisi Anji Manji buka suara soal channel YouTube-nya, Dunia MANJI yang dilaporkan oleh band Radja. Kini, Anji justru mempertanyakan pencipta lagu "Cinderella" yang dipopulerkan oleh band Radja.

Melalui Instagram pribadinya, suami Wina Natalia ini menyinggung soal lagu "Cinderella". Ia menyinggung siapa pencipta lagu "Cinderella" hingga membuat nama Radja melambung sampai sekarang ini.

"Oh iya adanya pelaporan ini jangan sampai jadi melupakan kasus utamanya ya. Siapakah pencipta lagu "Cinderella" yang sebenarnya? Itu," tulis Anji, dikutip dari unggahan akun Instagram @duniamanji.

Pelantun lagu "Sampai Mati" ini mengaku belum bisa bicara banyak terkait laporan dugaan pencemaran nama baik yang dilayangkan band Radja.

"Teman-teman media, maafkan saya belum bisa memberi keterangan apapun karena masih menunggu perkembangan pelaporannya," bebernya.

"Yang dilaporkan adalah konten/channel Dunia Manji, bukan Anji. Ini perlu dijadikan catatan," lanjutnya.

Saat ini, musisi berusia 44 tahun ini hanya menunggu lebih lanjut mengenai perkembangan pelaporan itu.

"Jadi saya masih menunggu adanya panggilan klarifikasi berhubungan dengan hal itu. Jika memang sudah jelas, nanti saya infokan, ya. Terima kasih." katanya.

Seperti diketahui, Band Radja melaporkan akun YouTube milik Anji, yakni Dunia MANJI, atas tuduhan pencemaran nama baik. Laporan ini diajukan Radja ke polisi bersama kuasa hukumnya, Sunan Kalijaga, pada Senin (14/8/2023).

Dalam video YouTube yang diunggah pada 4 Agustus 2023 lalu itu, Radja dituding melakukan klaim palsu atas penciptaan lagu "Cinderella". Lagu tersebut dituding bukan ditulis oleh Ian Kasela yang selama ini diketahui oleh publik.

Pada video, Anji mengundang Ipay atau Rival Bayu, yang mengklaim bahwa dirinya pencipta asli lagu "Cinderella". Ipay mengaku sudah menggarap lagu itu bersama bandnya sejak tahun 1996, hingga pada tahun 2000an Ian meminta izin meminjam lagu dengan syarat kontrak.

Namun, kontrak tersebut tak pernah datang, hingga Radja merilis lagu itu dengan menyematkan Ian Kasela penciptanya. Ipay juga mengatakan bahwa Moldy, gitaris Radja sekaligus kakak Ian Kasela mengetahui asal lagu tersebut darinya.

Atas konten tersebut, Radja pun melaporkan YouTube Dunia MANJI dengan UU ITE atas dugaan pelanggaran penyebaran konten di media sosial. Terlebih penyebaran konten tersebut tanpa izin dari mereka dan bukti, hingga berakhir merugikan.

Rekomendasi