Oplas Hidung Pakai Tulang Rusuk Sendiri, Ivan Gunawan Akui Habis Rp400 Juta: Aku Bayar, Bukan Endorse

| 24 Aug 2023 11:00
Oplas Hidung Pakai Tulang Rusuk Sendiri, Ivan Gunawan Akui Habis Rp400 Juta: Aku Bayar, Bukan Endorse
Ivan Gunawan (Foto: Instagram/@ivan_gunawan)

ERA.id - Desainer sekaligus presenter kondang Ivan Gunawan mengaku melakukan operasi plastik alias oplas hidung dengan tulang rusuknya sendiri. Proses oplas ini dilakukan Ivan dengan menelan biaya hingga Rp400 juta. 

Saat menjadi bintang tamu program acara FYP, pria yang kerap disapa Igun ini mengaku melakukan operasi hidung di Korea Selatan. Selain hidung, Ivan Gunawan juga melakukan operasi plastik dibeberapa bagian wajahnya.

"Dagu, pipi, hidung, kelopak," kata Ivan Gunawan, dikutip dari kanal YouTube TRANS 7 OFFICIAL.

Bintang film Cinta 24 Karat ini bahkan mengaku telah menghabiskan uang sampai Rp400 juta untuk operasi plastik di Korea Selatan. Bahkan, ia mengorbankan tulang rusuknya untuk operasi di bagian hidung.

"Paling mahal bikin hidung, hidung ini aku buat di Korea karena pakai tulang rusuk gue sendiri. Kemarin aku buat Rp400 juta. Aku bayar ya, nggak endorse," paparnya.

Untuk sekarang ini, Ivan Gunawan tidak akan melakukan operasi plastik maupun filler. Akan tetapi, ia tak menutup kemungkinan bila 10 tahun kedepan Ivan Gunawan kembali melakukan operasi atau filler karena perubahan kulit.

"Nggak sih sudah cukup (operasi platik, filler). Karena belum perlu, kalau 10 tahun kemudian, mukanya udah turun kendor baru," imbuhnya.

Mantan kekasih Rossa ini mengatakan banyak artis Korea yang rajin melakukan perawatan hingga operasi plastik. Sebab, Ivan menyadari polusi udara di Jakarta yang tidak sehat untuk kulit dan harus melakukan perawatan.

"Dilihat-lihat, artis Korea juga gila-gila treatment. Sekarang bayangin aja, di luar tuh ada polusi udara, kalau kita nggak merawat muka kita jadi begitu," paparnya.

Bekerja di dunia entertain, desainer berusia 41 tahun ini menyadari pentingnya merawat bagian wajah. Menurutnya, keputusannya yang kerap melakukan operasi bukan hal yang perlu diributkan netizen. Sebab, melakukan operasi sudah menjadi kebutuhannya.

"Kalau netizen di rumah (bicara) 'kok gini, kok gitu', mungkin beda kebutuhannya ya, setiap orang memang masing-masing orang itu berbeda kebutuhan dan profesinya," ungkapnya.

"Mungkin di profesi kalian tidak membutuhkan. Apa yang saya butuhkan. Bagus dong (treatment), apalagi kita syuting ada makeup-nya," lanjutnya.

Ivan Gunawan mengungkapkan profesinya yang kerap disorot lampu, rupanya tidak baik untuk kesehatan kulitnya.

"Tahu nggak lampu lighting kena lampu gini, bikin kulit kita terbakar loh, apalagi kena matahari," tambahnya.

Rekomendasi