Skill yang Dibutuhkan Data Analyst agar Dilirik oleh Perusahaan

| 30 Aug 2023 23:05
Skill yang Dibutuhkan Data Analyst agar Dilirik oleh Perusahaan
Skill data analyst (Freepik)

ERA.id - Data analyst menjadi salah satu profesi yang tengah digemari di era digital seperti sekarang. Berdasarkan survei dari World Economic Forum, data analyst menempati peringkat pertama sebagai pekerjaan yang akan bersinar di tahun 2025. Untuk bisa berkarier di profesi ini, ada beberapa skill yang dibutuhkan data analyst. 

Seorang data analyst memiliki peran penting dalam dunia bisnis di era digital. Orang yang menjalani profesi ini bertugas menganalisis serta membuat visualisasi dan intepretasi data untuk membantu perusahaan dalam mengambil keputusan demi kemajuan bisnis. Sebab di dunia digital ada banyak data yang perlu diolah dengan cara yang tepat dan terukur. 

Selain permintaan atau kebutuhan akan profesi data analyst yang tinggi, banyak orang tertarik menjalani profesi ini karena gaji yang diterima juga cukup besar. Lantas apa saja skill yang dibutuhkan data analyst?

Skill data analyst (Freepik)

Skill yang Dibutuhkan Data Analyst

Seorang data analyst dituntut untuk bisa menganalisis data dengan baik dan cermat. Berikut ini beberapa skill yang wajib dikuasai seorang data analyst untuk bisa menganilis data secara tepat dan akurat.

Statistik dan Matematika

Seorang data analyst akan sering berurusan dengan data berupa angka dalam menjalankan pekerjaannya. Oleh karena itu, pemahaman yang baik pada konsep statistik dan matematika menjadi skill penting bagi seorang data analyst.

Keterampilan ini dibutuhkan untuk mengartikan data dengan cara yang menghasilkan laporan yang relevan sesuai dengan tantangan atau permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan atau klien. Selain itu, kemampuan dalam statistik dan matematika juga bermanfaat untuk menggambarkan data melalui visualisasi seperti grafik, tabel, dan format lainnya.

Bahasa Pemrograman

Keterampilan lain yang harus dikuasai oleh seorang data analyst adalah bahasa pemrograman. Jika mampu memahami bahasa pemrograman khusus untuk statistik, seperti SQL, Python, atau R, maka Anda dapat menjadi data analyst yang handal.

Contohnya dengan memahami SQL maka Anda bisa menganalisis data untuk mengelola, menyimpan, dan menghubungkan berbagai basis data, serta membangun atau mengubah struktur database perusahaan. Keahlian dalam beberapa bahasa pemrograman juga memberikan keuntungan untuk melakukan analisis data lanjutan dan prediktif pada kumpulan data besar.

Analisis dan Interpretasi Data

Tugas utama seorang data analyst juga berkaitan dengan penyajian data visual dalam mengidentifikasi pola perilaku, preferensi, atau tren yang penting bagi perusahaan dalam mengambil keputusan. Seorang data analyst bertanggung jawab untuk melakukan riset, mengelola basis data, dan melaporkan hasilnya. 

Oleh karena itu, kemampuan analisis dan interpretasi data wajib dikuasai oleh data analyst. Keterampilan ini akan membantu Anda dalam mengidentifikasi dan mengatasi masalah yang muncul. Sebagai analis data, Anda juga diharapkan untuk mengevaluasi tantangan yang dihadapi oleh perusahaan atau klien berdasarkan data yang sudah dihimpun. 

Menguasai MS. Excel

Seorang data analayst juga wajib menguasai Microsoft Excel. Keterampilan penggunaan MS. Excel menjadi dasar sebelum menggunakan alat analisis yang lebih canggih. MS. Excel dapat digunakan untuk memproses data serta menghasilkan kesimpulan melalui cara sederhana. Penguasaan pada platform ini juga membantu Anda mengenali formula, seperti Vlookup, Match, Hlookup, Sumif, Sumifs, Index Match, Maxifs, Minifs, Xlookup, dan Transpose.

Kemampuan Presentasi

Seorang data analyst biasanya juga akan diminta untuk mempresentasi hasil analisa dan perumusan datanya. Sehingga seorang data analyst harus mampu mempresentasikan data dengan jelas kepada perusahaan atau klien. Kemampuan presentasi yang baik sangat diperlukan untuk memastikan data dapat dipahami dan diserap dengan baik oleh pihak lain.

Demikianlah beberapa skill yang dibutuhkan data analyst untuk bisa diandalkan dan dicari oleh banyak perusahaan. Menjadi seorang data analyst merupakan profesi yang mengasyikan serta menjanjikan karena selain gajinya yang relatif besar, pekerjaan ini juga  bisa dilakukan secara remote. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi