Apa Itu Data Analyst dan Keahlian Apa Saja yang Dibutuhkan?

| 06 Feb 2023 21:05
Apa Itu Data Analyst dan Keahlian Apa Saja yang Dibutuhkan?
Apa itu data analyst (Unsplash)

ERA.id - Peluang kerja sebagai data analyst cukup baik, karena banyak organisasi yang membutuhkan profesional yang dapat memahami dan menganalisis data untuk membantu membuat keputusan bisnis yang informatif. Lantas apa itu data analyst?

Dengan pertumbuhan teknologi dan data yang semakin besar, banyak industri yang memerlukan data analyst untuk membantu mereka memahami dan memanfaatkan data mereka. Beberapa industri yang membutuhkan data analyst antara lain:

●        Teknologi informasi

●        Perbankan

●        Pemasaran dan iklan

●        Keuangan

●        Manufaktur

●        Retail

●        Kesehatan

●        Pendidikan

Dengan pengalaman dan ilmu yang tepat, banyak peluang bagi data analyst untuk bekerja dalam posisi yang lebih senior atau bahkan menjadi pemimpin tim analisis data.

Secara umum, peluang kerja sebagai data analyst cukup baik dan terus tumbuh, dengan banyak organisasi yang membutuhkan profesional yang dapat memahami dan menggunakan data untuk membuat keputusan bisnis yang informatif dan efektif.

Apa Itu Data Analyst?

Data Analyst adalah profesional yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan, menganalisis, dan memahami data untuk membantu organisasi mengambil keputusan yang tepat. Mereka menggunakan berbagai teknik analisis data untuk memecahkan masalah dan memahami pola yang tersembunyi dalam data.

Data analyst dapat menggunakan software statistik dan perangkat lunak analisis data untuk mengekstrak dan mengolah data besar. Mereka juga dapat menggunakan visualisasi data untuk mempresentasikan informasi yang mudah dicerna dan menjelaskan temuan mereka kepada tim dan pimpinan organisasi.

Tugas utama data analyst meliputi mengidentifikasi masalah bisnis, mengekstrak data dari berbagai sumber, melakukan analisis data, membuat rekomendasi berdasarkan temuan mereka, dan mempresentasikan temuan kepada tim dan pimpinan organisasi.

Data analyst biasanya bekerja dalam berbagai industri, seperti teknologi, perbankan, pemasaran, dan manufaktur.

Para data analyst adalah mereka yang memiliki latar belakang kuat dalam matematika, statistik, dan teknologi informasi, serta memiliki kemampuan untuk bekerja dengan data besar dan memecahkan masalah secara kreatif.

Pekerjaan Apa yang Dilakukan Seorang Analis Data?

Dilansir dari Southern New Hampshire University, analis data memainkan peran penting dalam perusahaan modern, membantu merefleksikan pekerjaan dan basis pelanggannya.

Selain itu analis data juga menentukan bagaimana faktor-faktor diatasi mempengaruhi keuntungan dan memberi saran kepada pimpinan tentang cara-cara untuk melangkah maju guna mengembangkan bisnis.

Pekerjaan Apa yang Dilakukan Seorang Analis Data (unsplash)

Menurut Susan McKenzie, dekan senior program STEM di Southern New Hampshire University (SNHU), analis data yang sukses memiliki keterampilan matematika dan statistik yang kuat, serta:

●        Keterampilan analitis untuk mengumpulkan, melihat, dan menganalisis informasi

●        Keterampilan numerik untuk mengukur dan menganalisis data secara statistik

●        Keterampilan teknis termasuk perangkat lunak dan bahasa pemrograman untuk mengatur dan menyajikan data

Selain itu, McKenzie juga mengatakan bahwa analis data juga membutuhkan pondasi yang kuat dalam pengetahuan bisnis dan keterampilan profesional, mulai dari pengambilan keputusan dan pemecahan masalah hingga komunikasi dan manajemen waktu.

Selain itu, perhatian terhadap detail adalah salah satu keterampilan analis data yang penting karena memastikan bahwa data dianalisis secara efisien dan efektif sambil meminimalkan kesalahan

Seorang analis data dapat mengumpulkan data menggunakan perangkat lunak, survei, dan alat pengumpulan data lainnya, melakukan analisis statistik pada data, dan menginterpretasikan informasi yang dikumpulkan untuk menginformasikan keputusan bisnis yang penting.

Sebagai contoh, seorang analis data dapat meninjau demografi pengunjung yang mengklik kampanye iklan tertentu di situs web perusahaan. Data ini kemudian dapat digunakan untuk memeriksa apakah kampanye tersebut menjangkau audiens targetnya, seberapa baik kampanye tersebut bekerja, dan apakah uang harus dihabiskan untuk jenis iklan ini lagi.

Kemudian di mana seorang analis data dapat bekerja? Data dalam jumlah besar menjadi semakin mudah diakses bahkan oleh bisnis kecil, sehingga analis data sangat dibutuhkan di berbagai industri.

Sebagai contoh, menurut Biro Statistik Tenaga Kerja AS (BLS), analis riset operasi, yang mencakup analis data, memegang lebih dari 104.000 pekerjaan pada tahun 2020, dengan tambahan 25.600 pekerjaan yang diharapkan pada tahun 2030. Itu adalah peningkatan 25% untuk peran ini.

Banyak organisasi bahkan telah membentuk tim analis informasi, dengan peran yang berfokus pada data termasuk administrator basis data, ilmuwan data, arsitek data, manajer basis data, insinyur data, dan tentu saja analis data, ujar McKenzie.

Selain pertanyaan apa itu data analyst, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi