Skill Paling Dicari Perusahaan Selama 10 Tahun ke Depan

| 14 Mar 2023 22:05
Skill Paling Dicari Perusahaan Selama 10 Tahun ke Depan
Skill paling dicari perusahaan (unsplash)

ERA.id - Ingin menjadikan diri Anda sangat diperlukan oleh perusahaan di masa depan? Jika iya, setidaknya Anda mengetahui beberapa skill paling dicari perusahaan berikut ini.

Bukan hanya keterampilan teknis yang perlu Anda kembangkan. Namun saat memasuki revolusi industri baru, maka keterampilan untuk berkembang di tempat kerja juga berubah. Maka sudah saatnya perbaiki portofolio Anda mulai dari sekarang.

Skill Paling Dicari Perusahaan di Masa Depan

Dilansir dari Forbes, berikut ini beberapa keterampilan yang akan dibutuhkan oleh perusahaan dalam sepuluh tahun ke depan.

  1. Literasi Digital

Literasi digital mencakup keterampilan untuk belajar, bekerja, dan menavigasi kehidupan sehari-hari di dunia digital. Keterampilan ini melibatkan kemampuan untuk menggunakan perangkat, perangkat lunak, dan aplikasi dengan aman dan percaya diri.

Orang-orang dengan keterampilan literasi digital yang kuat dapat berkomunikasi dan berkolaborasi dengan mudah menggunakan alat digital, dan mereka selalu mengikuti perkembangan teknologi baru.

Selain itu, orang yang memiliki kemampuan ini akan selalu memahami bagaimana teknologi tersebut dapat mempengaruhi pekerjaan dan bisnis mereka.

  1. Literasi Data

    literasi data dibutuhkan di masa depan (unsplash)

Bagi sebagian besar perusahaan, data kini menjadi salah satu aset bisnis yang paling penting dan berharga. Dengan demikian, perusahaan ingin mempekerjakan orang-orang yang mampu mengambil data dan menggunakannya secara efektif.

Dalam konteks bisnis pada umumnya, literasi data berarti kemampuan untuk mengakses data yang sesuai. Selain itu, Anda juga harus dapat bekerja dengan data dengan percaya diri.

Untuk mengembangkan literasi data, Anda harus berusaha mengekstraksi makna dari data dan mengkomunikasikan wawasan berbasis data kepada orang lain.

Dengan literasi data, Anda juga dapat mempertanyakan integritas dan validitas data apa pun yang Anda gunakan, bukan hanya mengikuti secara membabi buta informasi yang diberikan kepada Anda.

  1. Berpikir Kritis

Di era berita palsu, gelembung media sosial, dan informasi yang berlebihan, berpikir kritis berada di urutan teratas dalam daftar keterampilan yang paling penting untuk dikembangkan demi meraih kesuksesan.

Berpikir kritis berarti menganalisis masalah dan situasi berdasarkan bukti, bukan desas-desus, pendapat pribadi, atau bias.

Ketika Anda berlatih berpikir kritis, Anda dapat mempertanyakan validitas bukti dan mencari tahu apa yang benar dan apa yang tidak dalam berbagai situasi.

  1. Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengekspresikan dan mengendalikan emosi kita.

Orang yang cerdas secara emosional menyadari bagaimana emosi mereka mempengaruhi perilaku mereka sendiri dan berdampak pada orang lain di sekitar mereka, serta dapat mengelola emosi tersebut.

  1. Kreativitas

    Kreativitas juga merupakan skill yang dihargai di masa depan (unsplash)

Pernahkah Anda bertanya-tanya apa sebenarnya kreativitas itu? Salah satu cara untuk mendefinisikannya adalah "tindakan mengubah ide imajinatif menjadi kenyataan."

Kreativitas akan menjadi salah satu keterampilan yang paling diminati di tempat kerja di masa depan, terutama karena orang-orang akan menyerahkan lebih banyak tugas rutin kepada mesin.

Berpikir kreatif dapat dicontohkan seperti:

-          memunculkan ide-ide baru

-          memecahkan masalah

-          berimajinasi di luar status quo

-          mengimplementasikan ide untuk memperbaiki masalah dan membuat segala sesuatunya menjadi lebih baik

Selain skill paling dicari perusahaan, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman...

Rekomendasi