Apa Itu Scaffolding? Simak Pengertian dan Fungsinya di Sini

| 11 Oct 2023 22:05
Apa Itu Scaffolding? Simak Pengertian dan Fungsinya di Sini
Ilustrasi scaffolding (Pixabay)

ERA.id - Apa itu scaffolding? Scaffolding adalah struktur sementara yang membantu seseorang untuk berdiri di atas platform yang stabil saat bekerja di ketinggian ataupun di tempat yang susah terjangkau. Scaffolding kerap digunakan dalam membangun, memelihara, maupun memperbaiki bangunan, jembatan, serta struktur buatan lainnya. Struktur sementara ini juga umumnya dibutuhkan jika tinggi komponen struktur melebihi 1,5 m,

Perancah alias scaffolding harus didirikan dengan bahan yang cukup kuat dan stabil sehingga akan menopang dan membawa pekerja dan bahan bangunan yang ditempatkan di atasnya dengan mudah. Sebab, selama konstruksi, saat pekerjaan berlangsung ke atas, ketinggian scaffolding juga akan bertambah.

Komponen Scaffolding

Scaffolding terdiri dari komponen di bawah ini:

  • Standar atau bagian vertikal dari kerangka, ditanam tanah atau drum.
  • Transom adalah jenis putlog yang didukung pada ledgers di kedua sisi.
  • Bridle yang digunakan untuk menjembatani bukaan dinding; mendukung salah satu ujung putlog pada pembukaan.
  • Ledgers: Pendukung horizontal yang berjalan sejajar dengan dinding.
  • Braces yang dipasang secara diagonal pada standar.
  • Putlogs, yang ditempatkan satu ujung pada lodgers dan ujung yang lain tegak lurus di dinding.
  • Boarding, platform horizontal yang didukung pada putlog dan dimanfaatkan untuk mendukung pekerja dan material pada saat bekerja.
  • Toeboard atau papan, ditempatkan sejajar dengan ledgers dan didukung putlog, untuk memberikan perlindungan pada tingkat platform kerja.
  • Rek pengaman.

Keperluan penggunaan scaffolding dalam pelaksanaan sebuah proyek, tergantung dari pemilik proyek. Scaffolding pada umumnya berbentuk sistem modular dari pipa maupun tabung logam, walaupun bahan lain juga dapat difungsikan. Contohnya, untuk di beberapa negara Asia seperti Cina dan Indonesia, bambu masih dimanfaatkan sebagai perancah. Keuntungan dari penggunaan scaffolding yaitu pengeluaran biaya yang lebih hemat dan efisiensi waktu pemasangan.

Ilustrasi (Pixabay)

Apa Saja Fungsi Scaffolding?

Scaffolding sebagai suatu struktur kayu, pipa atau tiang yang digunakan bersifat multiguna dan bersifat sementara yang menopang suatu struktur. Alat ini berguna sebagai platform bagi pekerja konstruksi untuk bermanuver dengan aman saat bekerja pada posisi yang ditinggikan.

Keberadaan perancah merupakan struktur yang diperlukan di lokasi konstruksi. Perancah yang dibangun dengan benar pasti memiliki pondasi yang kokoh, stabil dan cukup kuat untuk menopang berat pekerja konstruksi dan material yang ada di atasnya.

Scaffolding telah dimanfaatkan untuk berbagai fungsi. Di bawah ini adalah beberapa penggunaan atau fungsi scaffolding pada umumnya:

Konstruksi

Untuk konstruksi, perancah bisa menjadi sangat penting, sebab memungkinkan pekerja untuk berkegiatan pada ketinggian di atas permukaan yang stabil. Terutama untuk gedung pencakar langit dan struktur bertingkat tinggi lainnya, tetapi penggunaannya juga bisa digunakan untuk pekerja konstruksi yang dilakukan lebih dekat ke tanah.

Pembersihan

Pekerja biasanya dapat berdiri di atas scaffolding untuk kegiatan pembersihan jendela dan bagian lain dari sebuah gedung pencakar langit.

Inspeksi

Perancah memungkinkan inspektur menjangkau area yang tidak mampu mereka akses. untuk menjalankan inspeksi visual atau jenis pengujian lainnya. Inspektur pada umumnya memanfaatkan perancah internal atau struktur sementara lainnya untuk inspeksi internal, seperti yang dilakukan di dalam boiler industri besar atau bejana tekan, serta untuk inspeksi eksternal.

Terlepas dari pemeriksaan khusus, penggunaan scaffolding memungkinkan pemeriksa untuk berdiri di ketinggian dan menjalankan berbagai jenis pengujian untuk memenuhi persyaratan pemeriksaan.

Pemeliharaan

Inspeksi biasanya menjadi langkah pertama dalam proses pemeliharaan. Hal ini dikarenakan inspeksi mengungkap area yang mungkin membutuhkan pemeliharaan. Setelah inspektur menemukan area ini, para pekerja akan mengatasi permasalahan tersebut dengan berdiri di atas perancah.

Fungsi lainnya

Instalasi seni, stand pameran, panggung konser, tempat duduk tribun, dan juga menara observasi.

Demikianlah ulasan tentang apa itu scaffolding, semoga bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi