Jenis-Jenis Meditasi yang Dapat Dipraktikkan Pemula di Rumah

| 22 Oct 2023 09:27
Jenis-Jenis Meditasi yang Dapat Dipraktikkan Pemula di Rumah
Jenis-jenis meditasi (unsplash)

ERA.idMeditasi adalah praktik kuno yang telah dikenal selama ribuan tahun, telah menjadi semakin populer di dunia modern. Lantas apa saja jenis-jenis meditasi yang dapat dilakukan di rumah?

Meditasi bukan hanya tren kesehatan dan kesejahteraan, tetapi juga merupakan metode yang terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan kesejahteraan fisik, mental, dan emosional.

Namun, dunia meditasi penuh dengan berbagai jenis dan teknik yang mungkin membingungkan bagi pemula.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis meditasi yang ada, membantu Anda memahami prinsip dasar, manfaat, dan tujuan dari setiap jenis meditasi, sehingga Anda dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan meditasi Anda.

Mengenal Jenis-Jenis Meditasi

  1. Meditasi Kesadaran (Mindfulness)

Meditasi kesadaran berasal dari ajaran Buddha dan merupakan jenis meditasi yang paling populer dan banyak diteliti di Barat.

Dalam meditasi kesadaran, Anda hanya memperhatikan pikiran Anda yang melintas dalam benak, dan juga tidak menghakimi pikiran atau terlibat. Anda hanya mengamati dan mencatat pola-pola yang muncul.

Praktik ini menggabungkan konsentrasi dengan kesadaran. Anda mungkin merasa bermanfaat untuk fokus pada objek atau napas Anda sambil mengamati sensasi tubuh, pikiran, atau perasaan.

Jenis meditasi ini cocok untuk orang-orang yang tidak memiliki seorang guru yang membimbing, karena dapat dengan mudah dipraktekkan secara mandiri.

  1. Meditasi Spiritual

Meditasi spiritual digunakan dalam hampir semua agama dan tradisi spiritual.

Jenis-jenis meditasi spiritual sangat beragam, sesuai dengan beragamnya tradisi spiritual di seluruh dunia.

Menurut sebuah studi tahun 2017, meditasi spiritual berfokus pada pengembangan pemahaman yang lebih dalam tentang makna spiritual/keagamaan dan hubungan dengan kekuatan yang lebih tinggi. Contoh meditasi spiritual di antaranya:

●        Doa kontemplatif Kristen

●        Dzikir Sufi (pengingatan akan Tuhan dalam Islam)

●        Praktik kabbalistik Yahudi

Meditasi spiritual dapat dipraktikkan di rumah atau di tempat ibadah. Praktik ini bermanfaat bagi mereka yang mencari spiritualitas dan hubungan yang lebih mendalam dengan kekuatan yang lebih tinggi.

Meditasi spiritual digunakan dalam hampir semua agama (unsplash)
  1. Meditasi Terfokus (Focused Meditation)

Meditasi terfokus melibatkan konsentrasi dengan menggunakan salah satu dari lima indra. Misalnya, Anda dapat fokus pada sesuatu yang internal, seperti napas Anda, atau Anda dapat membawa pengaruh eksternal untuk membantu fokus perhatian Anda.

Contoh meditasi terfokus meliputi:

●        menghitung manik-manik mala

●        mendengarkan gong

●        menatap nyala lilin

●        menghitung napas Anda

●        memandang bulan

Praktik ini mungkin terlihat sederhana dalam teori, tetapi dapat sulit bagi pemula untuk menjaga fokus mereka lebih dari beberapa menit pada awalnya. Jika pikiran Anda melayang, cukup kembali dan fokuskan kembali perhatian Anda.

Seperti namanya, praktik ini ideal untuk siapa pun yang ingin meningkatkan ketajaman fokus dan perhatian mereka.

  1. Meditasi Gerakan (Movement Meditation)

Meskipun kebanyakan orang mengaitkan meditasi gerakan dengan yoga, praktik ini dapat mencakup:

●        berjalan

●        berkebun

●        qi gong

●        tai chi

●        bentuk-bentuk gerakan ringan lainnya

Ini adalah bentuk meditasi yang aktif di mana gerakan membimbing Anda ke dalam koneksi yang lebih dalam dengan tubuh Anda. Meditasi gerakan cocok untuk orang-orang yang menemukan kedamaian dalam tindakan dan ingin mengembangkan kesadaran tubuh.

Selain jenis-jenis meditasi, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi