5 Meditasi dalam Islam untuk Dilakukan Sehari-hari

| 15 Feb 2023 18:05
5 Meditasi dalam Islam untuk Dilakukan Sehari-hari
Membaca Al-Qur'an sebagai salah satu meditasi dalam Islam (freepik)

ERA.id - Meditasi adalah pemusatan pikiran dan perasaan untuk mencapai sesuatu. Hal tersebut bisa memberikan berbagai manfaat. Meditasi bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya meditasi dalam Islam.

Dikutip Era.id dari About Islam, beberapa manfaat meditasi adalah membantu mengurangi stres, meningkatkan daya ingat, meningkatkan konsentrasi, dan mengurangi reaktivitas emosi. Secara umum, meditasi bertujuan mendapatkan kepuasan batin.

Jika Anda ingin melakukan meditasi secara islami, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Semua kegiatan tersebut dilakukan dengan mengingat Allah Swt. Hal tersebut bisa membuat Anda lebih tenang, pikiran lebih jernih, dan hati lebih bersih.

Berbagai Meditasi dalam Islam

1. Tafakur

Tafakur adalah perenungan. Dari 24 jam hidup yang kita jalani setiap hari, berapa persen waktu yang Anda gunakan untuk mengingat Allah Swt. dan segala keagungan-Nya?

Tafakur adalah hal yang penting, tetapi kerap dilupakan dan diabaikan. Selain mengingat dan merenungi keagungan Allah Swt., kita juga perlu merenungkan diri kita yang hanya butiran kecil di alam semesta. Kita bukanlah apa-apa, tetapi kenapa sering berbuat salah dan melupakan kehadiran Tuhan dari kehidupan kita?

Tanpa tafakur, kita bisa lebih mudah dirundung ketakutan, kecemasan, dan stres. Cobalah untuk melakukan tafakur dengan duduk diam selama lima menit setelah salat.

Tutup mata Anda dan pikirkan bagaimana Allah selalu memperhatikan dan melimpahkan berbagai kenikmatan kepada kita. Fokuskan pikiran dan hati kepada Allah SWt., bukan yang lain. Lakukan hal tersebut secara rutin sehingga kita bisa lebih mewawas diri dan bersyukur. Tafakur bisa dilakukan setelah salat atau dalam keadaan yang lain.

2. Bersyukur

Sering mengucapkan terima kasih dan alhamdulillah secara verbal merupakan salah satu cara kita bersyukur. Allah Swt. telah memberikan begitu banyak kenikmatan kepada kita, tetapi kita kerap melalaikannya.

Jangan menilai nikmat hanya dengan nominal uang! Berbagai kenikmatan yang lebih tinggi dan mulia telah kita dapatkan, seperti kesehatan, kemampuan untuk melihat, teman yang baik, orang tua yang mengasihi kita sejak bayi, makanan setiap hari, udara untuk bernapas, waktu untuk digunakan, matahari yang menghangatkan, dan masih banyak yang lainnya.

3. Iktikaf

Iktikaf adalah diam beberapa waktu di dalam masjid sebagai suatu ibadah dengan syarat-syarat tertentu (sambil menjauhkan pikiran dari keduniaan untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt.) Ini merupakan ibadah yang bisa dilakukan setiap saat, tetapi lebih utama saat bulan Ramadan.

Tafakur bisa bisa dilakukan di berbagai tempat. Jadi, ketika Anda iktikaf di dalam masjis, lakukanlah tafakur. Jauhkan pikiran dan hari dari berbagai hal-hal duniawi. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda beriktikaf. Pelajari hal tersebut dengan baik, dan lakukanlah.

4. Zikir

Ilustrasi berzikir sebagai salah satu meditasi dalam Islam (unsplash)

Zikir menjadi salah satu meditasi dalam Islam yang paling umum dan sederhana. Berzikir adalah mengingat dan menyebut berulang-ulang nama dan keagungan Allah Swt. Anda akan mendapatkan ketenangan hati dengan kerap berzikir. Hal tersebut telah disampaikan oleh Allah Swt. dalam Al-Qur’an.

"Orang-orang yang beriman keadaan hati mereka menjadi tenang karena dzikir kepada Allah, ingatlah dengan mengingatkan Allah, hati menjadi tenang." (QS. Al-Ra'du: 28).

5. Membaca Al-Qur'an

Membaca Al-Qur’an juga menjadi salah satu cara meditasi dalam Islam. Melakukan hal tersebut dengan baik dan rutin akan membuat Anda lebih tenang. Jika melakukannya lengkap dengan pemaknaan, Anda tidak hanya mendapatkan ketenangan tetapi juga pengetahuan dunia dan akhirat.

Jika Anda sedang gundah, mulailah dengan berwudu, kemudian salat, dan bacalah Al-Qur’an. Insyaallah, meditasi dalam Islam ini akan membuat Anda menjadi pribadi yang lebih baik dan dilimpahi kebaikan.

Rekomendasi