Ada Lidah Buaya, Deretan Tanaman Hias yang Tumbuh Subur Tanpa Tanah

Tim Editor

Tanaman (Foto: Pexels/Huy Phan)

ERA.id - Tren menanam tanaman hias memang sedang naik daun saat ini. Sebab, kehadiran tanaman di rumah memberikan kesan asri dan segar. Bagi kamu yang bukan pegiat tanaman, pastinya memicu beberapa rasa khawatir. Salah satunya adalah tidak adanya tanah untuk media tanam.

Tenang saja, ada beberapa tanaman hias yang bisa hidup subur tanpa memerlukan tanah. Kamu bisa menanamnya dengan media tanam air, kerikil, dan lainnya. Dilansir dari Indoor Plants for Beginners, deretan tanaman hias yang bisa subur tanpa tanah.

1. Lidah Buaya

Tanaman Aloe Vera Hijau

Lidah Buaya (Foto: Pexels/Cintia Siqueira)

Lidah buaya dipercaya bisa mengatasi berbagai masalah kulit, mulai dari gigitan serangga, kulit kering, hingga ruam kemerahan. Lidah buaya termasuk ke dalam tanaman hias sukulen yang tak sulit, karena hanya butuh disiram sesekali. Selain dengan tanah, tanaman hias ini bisa hidup subur dengan media tanam air dalam vas atau botol.

2. Bambu hoki

Dracaena sanderiana adalah tanaman hias mungil yang menyerupai bambu. Tanaman hias bambu hoki beda dengan bambu pada umumnya. Tanaman bambu hoki umumnya bakal tumbuh dengan subur pada media tanam dengan campuran dari tanah, pasir, serta gambut. 

Hal ini demi memastikan drainase bambu hoki bisa berjalan dengan baik. Selain itu, bambu hoki bisa tumbuh dengan media tanam air yang dicampur dengan kerikil. Kehadiran kerikil dapat membantu menyangga posisi tanaman hias bambu hoki.

3.  Anggrek

Foto stok gratis anggrek, bunga-bunga, kembang

Anggrek (Foto: Pexels/Den Cops)

Tanaman hias bunga anggrek tumbuh dalam berbagai warna, termasuk putih, lavender, merah, biru, hingga merah muda. Umumnya, anggrek bisa tumbuh dengan baik tanpa tanah. 

Anggrek dapat hidup dengan perpaduan media tanam, misalnya terdiri dari pecahan batu bata, genteng, serutan atau potongan kayu, arang kayu, hingga sabut kelapa. Media tanam ini memungkinkan anggrek untuk menancapkan akarnya.

4. Bromelia

Tanaman hias bromelia memiliki daun yang berbentuk runcing dengan warna hijau hingga kemerahan yang indah. Bromelia sangat cocok dijadikan tanaman hias dalam ruangan bagi kamu yang masih pemula.

Bromelia tidak membenci tanah, tetapi mereka juga tak melulu membutuhkannya agar bisa tumbuh subur. Tanaman hias ini juga bisa tumbuh meski dengan tanah yang sangat sedikit. Bila di alam liar, bromelia termasuk penggenggam non parasit, di mana akarnya menempel pada tanaman lain.

5. Eceng gondok

Eceng gondok (Foto: Blibli)

Eceng gondok adalah tumbuhan yang memiliki bunga berwarna-warni. Biasanya bunga eceng gondok berwarna putih, biru muda, biru tua, hingga ungu. Eceng gondok atau Hyacinth tidak membutuhkan tanah untuk tumbuh subur. Tanaman hias air yang mengapung ini bisa dimanfaatkan untuk menghiasi permukaan kolam.

Tag: Tanaman Hias tanaman

Bagikan: