Semangka Jadi Simbol Dukungan untuk Palestina, Nikita Mirzani Teriak Tak Setuju

| 03 Nov 2023 13:32
Semangka Jadi Simbol Dukungan untuk Palestina, Nikita Mirzani Teriak Tak Setuju
Nikita Mirzani (Instagram)

ERA.id - Belakangan buah semangka mewarnai postingan netizen di media sosial untuk mendukung Palestina. Berdasarkan sejarah, semangka menjadi simbol negara Palestina untuk menggantikan bendera.

Namun ternyata tidaak semua orang setuju jika semangka menjadi simbol dukungan terhadap Palestina, satu diantaranya Nikita Mirzani.

Ibu tiga anak itu sempat mepertanyakan kemunculan semangka di berbagai media sosial. Menurutnya jelas berbeda antara buah yang berbentuk bulat itu dengan bendera.

"Ini kenapa jadi banyak semangka sih? Emang kalian nggak bisa bedain ya buah sama bendera," kata Ibunda Lolly itu di story instagramnya, Jumat (3/11/2023).

Menurutnya, bentuk dukungan terhadap Palestina jadi tidak konsisten jika ada yang memakai semangka dan ada pula yang memakai bendera, meskipun buah semangka dianggap warnanya mirip bendera palestina dan merupakan buah kesukaan Nabi Muhammad.

"Nggak konsisten, udah pake benderanya aja nggak usah pake semangka semangka, apaan si," kata Nikita.

"Biarpun semangka katanya warnanya sama kayak bendera Palestin. Biarpun semangka katanya makanan kesukaannya Nabi Muhammad, yang dibela lagi Palestin, bukan semangkanya," lanjutnya.

Meski demikian, Nikita diketahui cukup aktif memberikan dukungan kepada Rakyat Palestina. Lewat unggahan di media sosial, ia kerap menyampaikan dukungan dan rasa perihatin kepada Palestina.

Sebagai informasi, Jika dibelah semangka memiliki 4 warna, yakni bijinya yang berwarna hitam, daging buahnya yang berwarna merah dan putih serta kulitnya yang berwarna hijau itu dianggap menyerupai bendera Palestina. Seperti kita ketahui, bendera Palestina terdiri dari 4 warna, yakni hitam, merah, putih dan hijau.

Buah semangka menjadi simbol bendera bagi warga Palestina justru sudah ada sejak Perang Enam Hari pada 1967 silam. Saat itu, Israel menduduki Tepi Barat dan Gaza serta mencaplok Yerusalem Timur.

Pemerintah Israel kemudian mendeklarasikan bahwa memajang bendera Palestina akan dianggap sebagai tindak pidana di Gaza dan Tepi Barat. Untuk mengakalinya, rakyat Palestina kemudian menjadikan buah semangka sebagai pengganti bendera untuk tetap menyuarakan perlawanannya terhadap penjajahan Israel.

Sejak saat itulah, tidak hanya warga Palestina, warga dunia juga sering memakai semangka untuk menyuarakan dukungannya terhadap Palestina.

Rekomendasi