Perbedaan Toefl dan IELTS yang Harus Diketahui, Salah Satunya Biaya

| 07 Dec 2023 17:00
Perbedaan Toefl dan IELTS yang Harus Diketahui, Salah Satunya Biaya
Ilustrasi (Pixabay)

ERA.id - Anda tentunya sudah tidak asing dengan istilah TOEFL dan IELTS. Dua hal tersebut kerap kali dikira sama, sebab sama-sama digunakan sebagai parameter kemampuan bahasa Inggris. Padahal jenis tes TOEFL memiliki perbedaan dengan IELTS. Untuk penjelasan selengkapnya, simak perbedaan TOEFL dan IELTS di bawah ini.

Perbedaan TOEFL dan IELTS

Ilustrasi tes TOEFL dan IELTS. (Pixabay)

Ditinjau dari bahasa Inggris yang digunakan

Perbedaan pertama tes TOEFL dan IELTS ada pada jenis bahasa Inggris yang digunakan. Bahasa Inggris terdiri dari berbagai variasi aksen, ejaan, tata bahasa, dan dialek. Nah, dua yang paling populer di antaranya yaitu bahasa Inggris British (United Kingdom) dan bahasa Inggris Amerika (United States).

TOEFL atau Testing of English as Foreign Language, digunakan untuk mengetahui kemampuan bahasa Inggris Amerika, adapun IELTS atau International English Language Testing System menjadi parameter kemampuan bahasa Inggris British seseorang.

Manfaat tes

Perbedaan jenis tes TOEFL dan IELTS selanjutnya terletak dalam manfaat ujiannya. TOEFL dimanfaatkan lebih untuk kebutuhan studi, terutama untuk meneruskan pendidikan tinggi ke universitas di Amerika Serikat, Kanada, dan sekitarnya. Namun, IELTS juga bisa digunakan untuk syarat administrasi melanjutkan kuliah di Inggris, Selandia Baru, Australia, dan negara-negara Commonwealth yang lain.

Sistem penilaian

Sistem penilaian juga menjadi salah satu parameter perbedaan jenis tes TOEFL dan IELTS yang paling signifikan. Sistem TOEFL ITP memanfaatkan sistem skor hingga ratusan, dengan nilai maksimal 677. Namun, skor TOEFL iBT mempunyai rentang 0 hingga 120. Sementara itu, sistem penilaian IELTS dijalankan dengan sistem skor satuan dengan desimal, yaitu antara 0 sampai 9.0.

Berdasar kemampuan yang diuji

Biasanya, jenis tes TOEFL terdiri dari ujian kemampuan listening (mendengarkan), structure and written expression (struktur dan ekspresi tertulis), reading comprehension (pemahaman bacaan), dan juga written English test (tes menulis bahasa Inggris). Jenis tes keseluruhan diberikan dalam bentuk pilihan ganda, kecuali yang terakhir.

IELTS juga mempunyai format tes yang serupa dengan tambahan sesi speaking (berbicara). Namun, jenis soal yang diberikan bukan pilihan ganda, tetapi isian atau esai singkat. Bahkan, untuk sesi speaking, peserta akan menjawab pertanyaan langsung dari penutur asli.

Biaya tes

Perbedaan TOEFL dan IELTS juga dapat kita bedakan dari sisi biaya yang harus dikeluarkan ketika mengikuti tes. Pada umumnya, biaya untuk tes TOEFL jauh lebih murah daripada tes IELTS. Biaya tes TOEFL ITP berkisar antara Rp400 ribu hingga Rp600 ribu, adapun tes TOEFL iBT berkisar antara Rp2-3 juta. Selanjutnya, jika Anda hendak mengikuti ujian IELTS, Anda harus menyiapkan budget sekitar Rp3 juta hingga Rp3,5 juta.

Jenis-jenis tes

Jenis tes TOEFL dan IELTS juga mempunyai perbedaan dari segi tata cara pelaksanaannya. TOEFL terdiri dari Internet Based Test (iBT) yang diterapkan secara online dan Institutional Testing Program (ITP) yang melibatkan ujian tertulis dengan menggunakan kertas. Hasil TOEFL iBT diakui secara internasional, adapun terkadang ITP hanya berlaku di wilayah Asia.

Lantas bagaimana dengan IELTS? Pertama, ada IELTS Academic yang materinya lebih dominan dengan seputar dunia akademik. Namun, materi IELTS General Academic lebih menekankan keterampilan berbahasa Inggris dalam konteks pekerjaan atau keseharian.

Pengakuan dan Penerimaan

TOEFL dan IELTS sama-sama diakui dan diterima sebagai sistem penilaian terkait kemampuan bahasa Inggris yang resmi di seluruh dunia. Namun, dalam praktiknya, beberapa negara lebih mementingkan salah satunya.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, TOEFL lebih diterima di Amerika Serikat dan sekitarnya, sedangkan IELTS lebih diterima di Inggris, Selandia Baru, dan lainnya. Namun, perbedaan TOEFL dan IELTS ini tidak dapat digunakan untuk membanding-bandingkan mana yang lebih baik dan tidak. Kedua jenis tes tersebut sama-sama bagus, yang membedakan hanyalah kebutuhannya.

Demikianlah ulasan tentang perbedaan TOEFL dan IELTS, kira-kira mana yang membuat Anda tertarik?

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi