Cara Agar Lulus Tes TOEFL dengan Baik, Simak Tipsnya di Sini

| 14 Sep 2023 23:05
Cara Agar Lulus Tes TOEFL dengan Baik, Simak Tipsnya di Sini
Ilustrasi cek grammar (Foto: Pixabay/PDPics)

ERA.id - Tentunya Anda sudah tahu dengan istilah TOEFL, terutama bagi Anda yang sudah duduk di bangku SMA atau perkuliahan. TOEFL atau Test of English as Foreign Language menjadi parameter untuk mengukur kemampuan bahasa inggris. Ujian TOEFL memanglah bukan hal yang mudah. Namun, ada beberapa cara agar lulus tes TOEFL dengan baik.

TOEFL sendiri terdiri dari 2 jenis, antara lain ITP yang dijalani secara tertulis dan IBT yang dijalankan secara online.

Tes TOEFL ini terdiri dari ujian Listening, Reading, Structure and written expression, Speaking (untuk IBT) dan writing.

Bagi Anda yang ingin lulus ujian TOEFL, tentunya wajib mencapai skor tinggi. Lantas berapa nilai TOEFL tertinggi?

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Skor Minimal Toefl

Untuk tes ITP memiliki kisaran nilai 310-677 dan untuk IBT berkisar pada angka 0-120. Namun, skor 500 seringkali dijadikan tolok ukur skor minimal TOEFL.

Jika seseorang meraih skor 500, berarti menandakan bahwa ia mempunyai kemampuan bahasa inggris yang baik.

Agar Anda dapat dengan mudah meraih nilai yang tinggi, sebaiknya jalani beberapa tips lulus ujian TOEFL di bawah ini.

Kenali Tes TOEFL

Sebelum mengikuti ujian TOEFL, Anda harus memahami tentang TOEFL itu sendiri dan juga soal-soal yang akan diujikan, jumlah soal, seperti apa penilaiannya, berapa skor yang harus diraih dan lain-lain.

Dengan memahami hal-hal tersebut, akan membuat kamu menjadi lebih siap dalam menghadapi ujian TOEFL.

Manajemen Waktu Belajar yang Baik

Bagi Anda yang ingin mengikuti ujian TOEFL, berarti harus mempersiapkannya dengan baik. Anda sangat disarankan untuk mempersiapkan ujian ini jauh-jauh hari dengan mengerjakan soal latihan agar hasilnya lebih maksimal.

Semakin banyak waktu untuk belajar dan melakukan latihan soal, maka kemampuan bahasa inggris yang Anda miliki akan semakin bagus. Anda harus menggunakan waktu yang dimiliki sebaik mungkin untuk belajar.

Baca Pertanyaan dan Pilihan Terlebih Dahulu Saat Sesi Listening

Saat sesi listening, Anda diharuskan untuk menggunakan waktu yang diberikan dengan tepat.

Supaya waktu yang diberikan tidak terbuang, maka ketika perintah tes dibacakan oleh narator, Anda bisa langsung membaca pertanyaan dan juga pilihan yang sudah tersedia.

Menerapkan cara ini tidak hanya berguna untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin, Anda juga akan menjadi lebih fokus membaca dan juga mendengarkan saat pertanyaan diajukan.

Sebab, perintah yang dibacakan oleh narator pastinya sudah tertulis pada tes sehingga tidak perlu didengarkan dengan serius.

Kenali Struktur Kalimat yang Ditanyakan

Adapun untuk tes TOEFL ITP, bagian yang paling sulit yaitu bagian structure and written expression.

Bagian ini dianggap sulit karena berhubungan dengan grammar atau kaidah kebahasaan dalam bahasa inggris.

Agar dapat mengatasi bagian ini, Anda harus mengidentifikasi subject ataupun verb pada soal yang diberikan. Kalimat bahasa inggris selalu mempunyai subjek maupun predikat (verb).

Kuasai Expression Bahasa Inggris yang Kerap Digunakan Sehari-hari

Jika Anda ingin lulus tes TOEFL dengan nilai yang tinggi, maka Anda wajib mempelajari dan menguasai expression atau idioms.

Expression merupakan frasa atau kalimat sehari-hari yang sering dilafalkan dalam percakapan sehari-hari.

Frasa ini harus dipelajari sebab banyak frasa bahasa inggris yang ternyata memiliki arti yang berbeda dengan terjemahan langsungnya.

Memperkaya Kosakata Bahasa Inggris

Cara mendapatkan skor TOEFL tinggi berikutnya yaitu dengan menguasai banyak kosakata bahasa inggris, terutama dalam bidang akademis.

Hal ini disebabkan pada bagian listening dan reading sering keluar kata-kata atau kosakata yang sering digunakan dalam bidang akademis.

Dengan cara ini akan, Anda akan lebih mudah mengidentifikasi dan juga memaknai kata-kata yang diberikan atau disebutkan. Anda juga disarankan untuk mencari tahu sinonim dari kata-kata yang akan dipelajari.

Lebih Sering Mengerjakan Latihan Soal TOEFL

Setelah mengetahui lebih dalam mengenai tes TOEFL dan soal yang diujikan, selanjutnya Anda disarankan untuk berlatih mengerjakan soal-soal TOEFL.

Semakin rutin Anda mengerjakan latihan soal, maka Anda menjadi lebih paham dan menguasainya. Anda bisa mengunduh latihan soal TOEFL di internet atau dengan cara mengikuti kursus yang tersedia di sekitar Anda.

Demikianlah ulasan tentang cara agar lulus tes TOEFL dengan baik, semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Tags : Tes Toefl tips
Rekomendasi