Jalur Masuk UI, Persyaratan, dan Biaya yang Harus Dikeluarkan

| 12 Aug 2024 07:02
Jalur Masuk UI, Persyaratan, dan Biaya yang Harus Dikeluarkan
Universitas Indonesia (X)

ERA.id - Setiap tahunnya, Universitas Indonesia (UI) selalu menjadi incaran para calon mahasiswa di seluruh Indonesia. Bagi yang penasaran dan tertarik, artikel ini akan mengulas secara lengkap berbagai jalur masuk UI beserta persyaratan dan tips suksesnya.

Dengan reputasi akademik yang mumpuni, fasilitas lengkap, dan jaringan alumni yang luas, UI menjadi daya tarik bagi para calon mahasiswa. Dilansir dari laman UI berikut ini beberapa jalur masuk perguruan t tinggi:

Jalur Masuk UI

  1. Jalur Prestasi Akademik

Jalur Prestasi Akademik sebelumnya dikenal sebagai jalur undangan karena proses seleksinya didasarkan pada surat undangan yang dikirimkan ke sekolah. Namun, sistem ini telah diubah.

Kini, semua sekolah dengan NPSN yang memenuhi syarat SNMPTN dapat mendaftarkan siswanya tanpa perlu undangan khusus.

Selain S1 Reguler, program Vokasi, S1 Paralel, dan S1 Kelas Internasional di UI juga membuka peluang bagi siswa dengan prestasi akademik tinggi melalui seleksi rapor. Program ini disebut PPKB untuk Vokasi dan S1 Paralel, serta Talent Scouting untuk S1 Kelas Internasional.

Meski demikian, sistem undangan masih diterapkan untuk memberitahu sekolah-sekolah peserta PPKB dan Talent Scouting.

  1. Jalur Ujian Tulis

Kemudian bagi siswa yang tidak memenuhi syarat untuk mendaftar melalui jalur prestasi akademik, seperti tidak masuk dalam peringkat prestasi akademik atau telah lulus pada tahun sebelumnya, maka dapat mendaftar melalui jalur ujian tulis.

Perlu diketahui, pembatasan tahun kelulusan SMA/Sederajat hanya berlaku untuk S1 Reguler (maksimal 3 tahun) dan S1 Kelas Internasional (maksimal 5 tahun).

Sementara itu, Program Vokasi dan S1 Paralel menerima alumni SMA/Sederajat tanpa batasan tahun kelulusan.

Baca juga artikel yang membahas Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri: SNBP, SNBT, dan Seleksi Mandiri

Berapa biaya jalur mandiri di UI (unsplash)

Berapa biaya jalur mandiri di UI?

Untuk mendaftar SIMAK UI S1 dan Vokasi tahun 2024, calon mahasiswa diwajibkan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp500.000. Biaya tersebut berlaku untuk dua pilihan program studi pertama.

Kemudian bagi yang hanya memilih satu program studi, biaya pendaftaran tetap sama, yaitu Rp500.000. Namun jika ingin menambah pilihan program studi setelah dua pilihan pertama, maka akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp100.000 untuk setiap penambahan program studi.

Apa saja syarat masuk UI?

Pada pendaftaran SIMAK UI 2024 memiliki beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi, namun tergantung pada program studi yang dipilih. Berikut ini adalah rinciannya:

  • Lulusan SMA/MA/SMK sederajat:
  • Sarjana: Lulus dalam kurun waktu 3 tahun terakhir.
  • Vokasi: Tidak ada batasan tahun lulus.
  • Kelas Internasional (KKI): Lulus dalam kurun waktu 5 tahun terakhir.
  • Kesehatan: Peserta tidak boleh buta warna total maupun sebagian (khusus untuk program studi Kedokteran, Teknik, Farmasi, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan).

Persyaratan Khusus Program Studi Kelas Internasional (KKI)

Selain persyaratan umum, peserta yang memilih program studi Kelas Internasional (KKI) juga perlu memenuhi persyaratan tambahan berikut:

  • Tes Psikologi: Mengikuti tes MMPI dan wawancara MMI khusus untuk program studi Kedokteran dan Kedokteran Gigi.
  • Tes Bahasa Inggris:
  • Kedokteran dan Kedokteran Gigi: TOEFL Institusional (PBT/ITP 550 atau iBT 70) atau IELTS 6.
  • Hukum: TOEFL Institusional (PBT/ITP 530 atau iBT 73) atau IELTS 5.5.
  • Teknik, Ekonomi dan Bisnis, Psikologi, Ilmu Komputer, dan Ilmu Sosial dan Politik: TOEFL Institusional (PBT/ITP 500 atau iBT 61) atau IELTS 5.5.

Selain jalur masuk ui, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi