6 Barang yang Seharusnya Tak Dibeli secara Online, Risikonya Tinggi!

| 14 Dec 2023 07:05
6 Barang yang Seharusnya Tak Dibeli secara Online, Risikonya Tinggi!
Ilustrasi barang yang seharusnya tidak dibeli secara online (Freepik)

ERA.id - Para pecinta online shopping sebaiknya mengetahui barang-barang yang seharusnya tidak dibeli secara online. Belanja secara online memang memberikan banyak kemudahan, mulai dari hemat waktu dan tenaga serta dapat dilakukan hanya melalui smartphone. Sayangnya pembelian produk atau barang dengan sistem online juga memiliki kekurangan. 

Tidak sedikit konsumen atau buyer yang merasa kecewa saat belanja online. Sejumlah pembeli mengaku pernah mengalami kasus penipuan saat belanja melalui media sosial atau e-commerce. Selain itu, terkadang juga pembeli kecewa karena barang atau produk yang datang tidak sesuai dengan yang ditampilkan di etalase olshop. 

Penipuan saat belanja online tentunya sangat merugikan pembelinya, apalagi jika barang atau produknya berharga mahal. Ada beberapa barang yang seharusnya tak dibeli secara online yang perlu Anda tahu.

Barang yang Seharusnya Tak Dibeli secara Online

Meski belanja online menawarkan banyak keuntungan, namun Anda tetap harus berhati-hati dan teliti saat ingin membeli barang atau produk. Terlebih jika Anda ingin membeli barang yang bernilai tinggi atau rentan mengalami pemalsuan dan kerusakan.

Daripada mengalami kerugian dan menyesal, berikut ini barang-barang yang seharusnya tak dibeli secara online:

Ilustrasi barang yang seharusnya tidak dibeli secara online (Freepik)

Gadget

Penjualan gadget secara online cukup marak dilakukan di e-commerce dan marketplace. Namun sebaiknya Anda tidak membeli produk-produk gadget secara online, seperti smartphone, laptop, tablet, dan sebagainya. Gadget merupakan barang bernilai tinggi dan memiliki fungsi penting sehingga harus dipastikan bahwa kondisinya baik dan normal saat dibeli. 

Saat membeli gadget, Anda perlu mencoba atau mengeceknya terlebih dahulu. Dengan menjajalnya produknya, Anda bisa melihat kondisi fisiknya, sistem pengoperasian, baterai, fitur-fitur, kamera, dan lainnya. Dengan cara ini, maka Anda bisa mendapatkan gadget incaran dengan keamanan dan kondisi terjamin. Anda bisa terhindar dari kerugian produk cacat hingga kerusakan. 

Elektronik Rumah Tangga

Di era digital seperti sekarang ini memang banyak orang lebih suka belanja barang elektronik rumah tangga secara online. MIsalnya membeli kulkas, televisi (TV), AC, microwave, dan lainnya. Namun ketika Anda membeli produk-produk tersebut secara online, ada risiko yang mengikuti seperti kualitas barang yang tidak sesuai, barang rusak, dan sebagainya. 

Jadi perangkat elektronik rumah tangga sebaiknya tidak dibeli secara online. Lebih baik Anda datang ke toko offline secara langsung, sehingga bisa memastikan kualitas barang yang dibeli. Anda perlu mengecek barang tersebut, mulai dari kondisi fisik, desain, fitur atau fungsi-fungsinya. 

Barang Branded

Saat ini semakin banyak produk-produk branded yang dijual secara online di media sosial dan e-commerce. Namun jenis barang ini sebaiknya tak Anda beli secara online untuk menghindari risiko penipuan dan ketidaksesuaian barang, baik itu ukuran dan kondisinya. 

Harga barang branded yang lebih murah di online kerap kali membuat banyak orang tergiur untuk membelinya. Namun lebih baik Anda membelinya langsung di toko untuk menjamin kualitas barangnya agar tidak tergocek menerima produk imitasi atau KW. Saat belanja di toko Anda benar-benar bisa mengecek kesesuaian barang, mulai dari bahan, warna, desain. 

Hewan Peliharaan

Jika Anda ingin membeli hewan peliharaan, sebaiknya jangan secara online. Meski saat ini banyak hewan peliharaan yang dijual secara online, seperti kucing, anjing, kelinci, dan lainnya, tapi lebih baik Anda membelinya langsung ke petshop atau pasar hewan. 

Ada beberapa risiko yang mengintai jika Anda membeli hewan peliharaan secara online, seperti hewan tidak terawat, kondisi hewan tidak sesuai di foto, hingga penjualan hewan langka yang melanggar undang-undang. Jadi pembelian hewan peliharaan sebaiknya dilakukan secara langsung supaya bisa memastikan kondisi hewannya. 

Obat dengan Resep

Sudah banyak produk obat-obatan yang dipasarkan secara online. Namun Anda perlu tahu bahwa ada dua jenis obat, yaitu obat komersial biasa dan obat dengan resep dokter. Pembelian obat komersial secara online diperbolehkan, seperti obat panadol dan paramex. Sementara obat resep dokter seharusnya tak dibeli secara online. 

Langkah tersebut bertujuan untuk menghindari kesalahan pembelian obat. Jika sampai Anda keliru mendapatkan obat, maka bisa-bisa obat yang dikonsumsi justru menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan Anda. Beli obat dengan resep dokter dengan mendatangi apotek atau klinik kesehatan yang menjual obat. 

Bahan Makanan

Barang atau produk selanjutnya yang seharusnya tak dibeli secara online adalah bahan makanan. Bagi Anda yang ingin mendapatkan sayur, daging, dan buah dengan kualitas terbaik, maka lebih baik membeli secara langsung di supermarket atau pasar. Pembelian bahan makanan secara online juga memiliki risiko terganggunya kondisi produk selama pengiriman. 

Demikianlah beberapa barang yang seharusnya tak dibeli secara online untuk menghindari risiko kerugian, seperti penipuan, produk tidak sesuai, hingga barang rusak dan palsu. Baca juga kiat terhindar dari penipuan online.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi