Tugas dan Tanggung Jawab Promotor dan Apa Bedanya dengan SPG?

| 10 Feb 2024 17:05
Tugas dan Tanggung Jawab Promotor dan Apa Bedanya dengan SPG?
Tugas dan tanggung jawab promotor (unsplash)

ERA.id - Menjadi seorang promotor tidak hanya sekadar berdiri di belakang meja dan menyapa pengunjung. Lantas sebenarnya apa saja tugas dan tanggung jawab promotor?

Promotor melibatkan kemampuan untuk mendemonstrasikan dan memberikan informasi yang mendalam tentang produk atau layanan dari berbagai merek dan perusahaan.

Dalam industri yang dinamis dan penuh tantangan di masa ini, peran promotor menjadi kunci dalam menghubungkan antara konsumen dengan beragam produk dan layanan yang ditawarkan di pasar.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih jauh tentang tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh para promotor serta peran mereka terhadap dunia marketing dan promosi.

Mengenal Tugas dan Tanggung Jawab Promotor

Promotor bertugas tercapainya tujuan akuisisi pelanggan dan pertumbuhan pendapatan untuk suatu brand. Caranya adalah dengan mempromosikan produk atau layanan yang sudah disediakan perusahaan.

Selain itu, promotor juga akan bertanggung jawab untuk memasarkan produk atau layanan melalui kegiatan pemasaran, seperti demonstrasi langsung pada berbagai acara.

Untuk berhasil sebagai seorang promotor, Anda harus tetap update dengan fitur produk atau layanan serta mewakili suatu merek dengan cara yang profesional dan positif.

Apa Tanggung Jawab Promotor?

  • Menyiapkan dan merawat area demonstrasi, seperti meja, stan, atau booth di berbagai acara.
  • Menjaga kebersihan dan persediaan produk, sampel, atau literatur di area demonstrasi.
  • Mendemonstrasikan fitur produk atau layanan kepada calon pelanggan.
  • Menggunakan materi interaktif seperti video, grafik, atau presentasi untuk berbagi informasi tentang produk atau layanan, bila diperlukan.
  • Menjawab pertanyaan yang mungkin diajukan calon pelanggan tentang produk atau layanan.
  • Merekam transaksi dan tingkat stok.
  • Memproses pembayaran pelanggan.
  • Menghasilkan laporan yang merinci tingkat minat pelanggan, pertanyaan yang diajukan, jumlah produk/sampel/literatur yang dijual atau didistribusikan di berbagai acara.
  • Tetap update dengan fitur produk atau layanan.

Apa bedanya SPG dan promotor?

Ketika berkunjung ke pusat perbelanjaan atau pameran, seringkali Anda akan melihat orang-orang yang sedang mempromosikan produk, yang biasa dikenal sebagai SPG.

SPG merupakan singkatan dari Sales Promotion Girl yang dipekerjakan oleh suatu perusahaan tertentu. Namun tidak hanya SPG, ada juga SPB yang merupakan singkatan dari Sales Promotion Boy.

Kedua profesi ini memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing. Baik SPG maupun SPB yang berada di pameran atau toko tidak hanya bertugas menawarkan produk dan memberikan keceriaan dalam atmosfer.

Apa bedanya SPG dan promotor (unsplash)

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, SPG dan SPB adalah profesi yang bertujuan untuk memasarkan produk atau layanan dari suatu bisnis dan menjadikannya salah satu elemen pendukung dalam strategi pemasaran produk.

Dalam menjalankan tugasnya, baik SPG maupun SPB memerlukan tingkat kesabaran yang tinggi karena mereka berinteraksi langsung dengan calon konsumen untuk mempromosikan produk. Perbedaan utama antara SPG dan SPB terletak pada jenis kelamin pekerjanya, sedangkan tugas dan tanggung jawab keduanya sejajar atau sama.

Sales biasanya yang merencanakan strategi dan mencari mitra kerjasama, sementara promotor pemasaran yang langsung terlibat dalam promosi kepada pelanggan.

Selain tugas dan tanggung jawab promotor, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi