Apa Itu Daily Worker dan Apa Bedanya dengan Freelancer?

| 23 Dec 2023 06:05
Apa Itu Daily Worker dan Apa Bedanya dengan Freelancer?
Apa itu daily worker (unsplash)

ERA.id - Dalam dunia kerja modern, istilah-istilah seperti "daily worker" dan "freelancer" yang semakin sering terdengar. Lantas apa itu daily worker dan apa saja bedanya dengan freelancer?

Kedua konsep ini membuka peluang baru bagi individu yang ingin mengejar karir atau penghasilan tambahan dengan fleksibilitas waktu. Namun, seberapa jelas pemahaman kita mengenai perbedaan antara daily worker dan freelancer?

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi esensi dari kedua peran ini, memahami tanggung jawab mereka, sistem upah yang diterapkan, dan bagaimana kedua konsep ini membentuk pekerjaan masa kini.

Apa Itu Daily Worker, dan Beberapa Poin Perbedaan dengan Freelancer

  1. Tanggung Jawab

Seorang daily worker bertanggung jawab kepada atasan terkait tugas yang diberikan, sementara seorang pekerja freelance bertanggung jawab kepada klien terkait pekerjaan dan target yang telah ditetapkan.

  1. Sistem Upah

Daily worker akan menerima upah sesuai dengan jam kerja, besaran upahnya sama dengan karyawan pada umumnya. Sebaliknya, seorang freelancer dibayar berdasarkan hasil pekerjaan yang telah diselesaikan.

  1. Tipe Pekerjaan

Biasanya, seorang daily worker akan bekerja membantu dalam event atau musim tertentu. Sedangkan seorang freelancer dapat dipekerjakan kapan saja.

  1. Contoh Pekerjaan Harian

Beberapa pekerjaan yang umumnya membutuhkan daily worker meliputi:

  • Event Organizer

Menjadi event organizer (EO) termasuk dalam kategori daily worker. Mereka bekerja saat ada event dengan jangka waktu tertentu, seringkali pada akhir pekan.

  • Tukang Bangunan

Tukang bangunan juga akan bekerja ketika ada proyek saja. Setelah proyek selesai, mereka akan mencari pekerjaan lain atau berpindah ke proyek lain.

  • Petugas Packing Barang

Petugas packing barang dianggap sebagai daily worker karena mereka diperlukan hanya pada waktu-waktu tertentu, seperti saat pesanan banyak, Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), dan sejenisnya.

Contoh Pekerjaan Freelance yang Banyak Dicari

Apakah Anda tertarik untuk memulai karir sebagai pekerja lepas atau mencari freelancer untuk proyek Anda? Berikut ada beberapa jenis pekerjaan lepas paling populer yang sedang tinggi permintaannya saat ini.

  1. Desainer atau Pengembang Web

Setiap bisnis membutuhkan situs web online, sehingga wajar jika desainer dan pengembang web kini sangat dibutuhkan.

Desainer dan pengembang web bekerja dengan klien untuk merencanakan, merancang, dan mengkode situs web yang menarik dan meningkatkan lalu lintas.

Desainer atau Pengembang Web jadi pekerjaan freelance yang banyak dicari (unsplash)
  1. Asisten Virtual

Asisten virtual semakin populer karena banyak perusahaan yang ingin mengoutsourcing sebagian tugas sehari-hari mereka. Mereka dapat membantu klien membebaskan waktu untuk fokus pada proyek-proyek yang lebih berhubungan dengan bisnis.

  1. Akuntan/Konsultan Keuangan

Setiap perusahaan membutuhkan keahlian keuangan pada suatu waktu, sehingga akuntan, penata buku, dan konsultan keuangan sangat dibutuhkan.

  1. Konten

Kesempatan untuk pekerjaan menulis dan memproduksi konten sangat banyak. Produksi konten adalah salah satu jenis pekerjaan lepas paling populer saat ini di berbagai platform.

  1. Layanan Bilingual

Kini banyak bisnis yang berskala global sehingga kebutuhan akan freelancer dengan keterampilan bilingual semakin penting dan banyak dibutuhkan. Penerjemah untuk bahasa Spanyol, Prancis, dan Jerman kini sedang banyak dicari, dan pekerjaan bilingual dari jarak jauh terus meningkat setiap harinya.

Selain apa itu daily worker, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi