Dilaporkan Bea Cukai, Baim Wong Tegaskan iPad Dijual Resmi dan Punya Faktur: Kita Mau Berbagi

| 28 Dec 2023 12:08
Dilaporkan Bea Cukai, Baim Wong Tegaskan iPad Dijual Resmi dan Punya Faktur: Kita Mau Berbagi
Baim Wong (Foto: Instagram/@baimwong)

ERA.id - Aktor Baim Wong dilaporkan Bea Cukai usai menjual iPad seharga Rp1 jutaan secara online. Suami Paula Verhoeven ini memberikan klarifikasi dan menegaskan menjual iPad secara resmi dan ada faktur. Ia mengklaim ingin berbagi dengan menjual iPad murah kepada netizen.

Baim Wong menegaskan bahwa semua iPad yang dijual itu resmi. Ia mencoba meyakinkan netizen dengan memperlihatkan faktur pembelian iPad yang diklaim sudah resmi untuk dijual. Ia merasa heran dengan netizen yang kerap mempertanyakan iPad yang dijualnya.

"Saya cuma mau bilang, itu fakturnya ada. Ini resmi semuanya, jadi saya mau bilang sama kalian semua. Sebenarnya kalian juga kan belum tahu ya iPad yang dijual (tipe) apa, berapanya," tuturnya, dikutip dari akun Instagram @baimwong.

Lebih lanjut, ayah Kiano Tiger Wong ini juga merasa heran karena banyak netizen yang beranggapan negatif. Baim Wong merasa serba salah dengan tindakannya menjual iPad yang murah meriah.

"Saya bingung opini-opini yang digiring, saya bingung ini harus kayak gimana, kadang kita mau berbagi dengan cara kita, sulit ya, malah kayaknya salah lagi, salah lagi. Sebenernya saya itu menjual dan di sini faktur pembelian ada semuanya. Jadi, kita itu resmi," jelasnya.

"Tapi kalau memang semua itu seperti merugikan kalian atau gimana. Ya, kita nggak ngelakuin juga nggak apa-apa. Karena kita kan maunya bantu tadinya, bingung juga. Ya akhirnya sekarang saya harus nggak live, takutnya salah lagi," tambahnya.

Bintang film Moammar Emka's Jakarta Undercover ini menyatakan kekhawatirannya terhadap pemikiran negatif yang makin berkembang dimasyarakat. Maka dari itu, ia batal menjual iPad secara langsung. 

"Jadi mudah-mudahan kalau saya berdoanya, jangan sampai apa yang kita rencana baik ke orang jadi nggak jadi, karena pemikiran-pemikiran negatif," bebernya.

"Ya itu kejadiannya nggak disaya deh, sebagai contoh jadi orang lain selalu banyak kejadian seperti ini. Saya kasih contoh aja, ini beritanya kemana-kemana, cuman saya juga nggak live, nggak apa-apa. Saya mah syuting jutawan aja sudah senang," tambahnya.

Pria berusia 42 tahun ini merasa tidak perlu lagi menjual iPad melalui siaran langsung. Sebab, Baim Wong menyoroti opini-opini yang dianggapnya menjadi negatif. 

"Saya nggak live dulu ya, yang penting saya jawab takutnya saya kemana lagi. Kalau misalkan tetap mau saya live, komen di bawah, saya takut kalau salah." tutupnya.

Sebelumnya, salah satu akun centang biru memberikan komentar dengan menyematkan akun milik Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo di X atau Twitter. 

Akun itu meminta agar iPad yang dijual Baim Wong segera mendapatkan tindaklanjut mengenai proses impor yang resmi atau ilegal.

"Nggak ada ceritanya bisa impor elektronik bekas. Izin dan prosesnya bukan main. Gue impor casing PC 1 biji ada goresan keliatan bekas aja akhirnya jadi timbunan. Minta tolong Pak @prastow praktek impor elektronik bekas ini diberantas soalnya saya iri sama mereka bisa cuan," tulis akun @*uca*y

Prastowo langsung menjawab dan telah menyampaikan perihal tersebut kepada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) agar kasus iPad Baim Wong dijual murah bisa ditindaklanjuti.

"Siap. Terima kasih. Kemarin sudah kami sampaikan ke rekan-rekan DJBC. Semoga segera dikoordinasikan dan tertangani dengan baik." ungkap Prastowo.

Baim Wong jadi sorotan pasca Baim Wong menjual iPad dengan harga murah yakni hanya Rp1 jutaan saja. Dalam Instagram pribadinya, Baim Wong memperlihatkan beberapa kotak kardus cokelat yang dilapisi plastik berisi ratusan iPad. Tak sedikit netizen menduga iPad yang dijual merupakan barang bekas yang diolah kembali atau refurbished dan diimpor dari luar negeri. 

Rekomendasi