Apa Itu Cisgender dan Apakah Penyuka Sesama Jenis?

| 06 Jan 2024 19:05
Apa Itu Cisgender dan Apakah Penyuka Sesama Jenis?
Apa itu cisgender (unsplash)

ERA.id - Cisgender adalah istilah yang semakin mendapatkan perhatian dalam percakapan seputar identitas gender. Lantas apa itu cisgender dan mengapa bisa menjadi perbincangan?

Artikel ini akan membahas tentang cisgender, serta bagaimana hal ini mempengaruhi pandangan masyarakat terhadap keberagaman gender. Serta akan menggali secara luas tentang inklusivitas dan penghargaan terhadap identitas individu.

Apa Itu Cisgender?

Menurut LGBTQIA Resource Center, cisgender merujuk pada identitas gender seseorang yang dianggap oleh dirinya sendiri atau masyarakat sesuai dengan jenis kelamin yang diberikan oleh dokter pada saat kelahiran.

Sebagai contoh, jika seorang dokter menentukan jenis kelamin seseorang saat lahir sebagai laki-laki dan orang tersebut mengidentifikasi diri sebagai seorang pria, maka orang tersebut disebut sebagai cisgender.

Sementara itu, orang-orang yang tidak mengidentifikasi diri dengan gender yang ditetapkan oleh dokter saat lahir mungkin merujuk pada diri mereka sebagai transgender, yang mencakup identitas gender seperti transgender, non-biner, dan genderqueer.

Cisgender adalah istilah yang menggambarkan identitas gender seseorang (unsplash)

Perbandingannya Cisgender dengan 'Straight'?

Cisgender adalah istilah yang menggambarkan identitas gender seseorang, bukan ketertarikan seksual atau romantis mereka. Orang yang cisgender mungkin tidak straight.

Orang yang straight adalah orang yang heteroseksual atau hetero romantis. Ini berarti mereka memiliki ketertarikan seksual atau romantis pada seseorang yang memiliki jenis kelamin yang berbeda dengan diri mereka sendiri. Sebagai contoh, seorang perempuan cisgender yang straight mungkin hanya mengalami ketertarikan seksual atau romantis pada laki-laki.

Namun, seorang cisgender tidak harus straight. Mereka bisa memiliki ketertarikan seksual dan romantis pada semua, beberapa, atau tidak ada gender sama sekali. Sebagai contoh, seseorang bisa menjadi cisgender dan juga gay, lesbian, biseksual, atau aseksual.

Bagaimana perbedaan cisgender dengan jenis kelamin seseorang?

Cisgender adalah identitas gender yang sejalan dengan jenis kelamin yang ditetapkan oleh dokter saat kelahiran, berdasarkan penampilan organ genital eksternal. Perlu diketahui, manusia mewarisi 23 pasang kromosom, dimana pasangan ke-23 adalah kromosom kelamin (XX atau XY).

Meskipun dokter mungkin menentukan jenis kelamin berdasarkan kromosom, jenis kelamin sebenarnya tidak bersifat biner dan seseorang dapat menjadi interseks.

Seseorang dapat memiliki kromosom kelamin yang umumnya dikaitkan dengan laki-laki atau perempuan, tetapi mereka memiliki organ reproduksi dan alat kelamin yang tidak umum.

Beberapa interseks mungkin mengidentifikasi diri sebagai cisgender dengan mengadopsi istilah yang terkait dengan jenis kelamin yang ditetapkan dokter saat lahir, atau dengan mengidentifikasi diri mereka sebagai gender "lawan" atau sebagai keduanya.

Kesimpulan

Orang-orang yang bersifat cisgender mengidentifikasi diri dengan jenis kelamin yang ditetapkan oleh dokter pada saat kelahiran.

Cisgender tidak berarti bahwa orang-orang yang bersifat cisgender harus merasakan ketertarikan terhadap orang-orang dengan jenis kelamin yang berbeda dengan diri mereka sendiri.Perlu diketahui, banyak anggota komunitas LGBT adalah orang-orang cisgender.

Meskipun orang-orang yang bersifat cisgender mungkin sesuai dengan harapan sosial (terkait norma dan ekspresi gender) mereka dapat bersifat tidak sesuai dengan norma gender masyarakat sambil tetap mengidentifikasi diri dengan jenis kelamin yang ditetapkan oleh dokter pada saat kelahiran.

Selain apa itu cisgender, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi