Perankan Pelaku KDRT di film Sehidup Semati, Ario Bayu Ingatkan Jangan Ditiru

| 09 Jan 2024 07:10
Perankan Pelaku KDRT di film Sehidup Semati, Ario Bayu Ingatkan Jangan Ditiru
Ario Bayu (Era.ID/Yesica Sitinjak)

ERA.id - Ario Bayu memerankan karakter seorang suami pelaku kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di film Sehidup Semati. Karakter yang diperankan oleh Ario Bayu di film tersebut bernama Edwin.

Diceritakan bahwa Edwin ini menikah dengan seorang perempuan bernama Renata. Ia kerap bersikap kasar kepada Renata dan melakukan kekerasan, bahkan diduga berselingkuh.

Mengenai karakternya ini, Ario Bayu mengatakan bahwa Edwin adalah hasil dari pemahaman dogma yang salah. Ia juga menyadari bahwa isu KDRT yang diangkat dalam film tersebut sangat sensitif.

"Saat saya baca naskah dan latar belakang karakter Edwin itu memang sensitif. Ada beberapa konsep yang harus dikedepankan. Jadi Edwin itu simbol dari manifestasi dogma yang bisa dibilang tidak benar," kata Ario Bayu saat konferensi pers di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, pada Senin (8/1/2023).

Ketika syuting karakter tersebut, Ario Bayu mengaku sempat kesulitan karena kasihan terhadap Laura Basuki, yang memerankan Renata. Namun, tak bisa dipungkiri, isu ini perlu diangkat karena di kehidupan nyata banyak keluarga bernasib sama.

"Saya kadang pas lihat Laura take atau lakukan scene ini ngerasai kasihan banget. Tapi memang realitanya ada seperti ini, keluarga yang KDRT," tuturnya.

Dengan demikian, Ario Bayu pun berharap karakternya dan film ini bisa semakin membuka pemikiran masyarakat mengenai KDRT. Ia mengingatkan bahwa karakter Edwin tidak patut untuk ditiru.

"Ini manifestasi yang salah, saya (sebagai Edwin) adalah simbol yang tidak harus diikuti. Saya juga belajar dari karakter Edwin ini," pungkas Ario Bayu.

Rekomendasi