Resmi Mundur dari Brownis Usai Ditegur KPI, Ivan Gunawan: Bukan Gimmick, Aku Nggak Pernah Menjadi Orang Lain

| 09 Jan 2024 11:00
Resmi Mundur dari Brownis Usai Ditegur KPI, Ivan Gunawan: Bukan Gimmick, Aku Nggak Pernah Menjadi Orang Lain
Ivan Gunawan (Foto: Instagram/@ivan_gunawan)

ERA.id - Desainer dan presenter Ivan Gunawan kini resmi mundur dari program acara Brownis usai mendapatkan teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Pria kerap disapa Igun ini menegaskan bahwa keputusannya bukan gimmick. 

Acara Brownis yang tayang pada Senin (8/1/2024) menjadi hari kerja terakhir Ivan Gunawan sebagai presenter. Selain perpisahan, rupanya kemunduran Ivan Gunawan bertepatan ulang tahun Brownis.

Ivan Gunawan menegaskan keputusannya mundur dari Brownis TransTV sudah dipikirkan secara matang dan tidak dilanda rasa emosi. Terlebih lagi, Ivan Gunawan mempunyai platfotm untuk menghidupi karyawannya.

"Keputusan aku sudah bulat, ini bukan gimmick, ini aku ngomong secara sadar, nggak emosi, nggak marah-marah. Aku merasa bahwa aku punya sebuah platform, aku menghidupi banyak orang," ujarnya, dikutip dari akun Instagram @lambegosiip.

Bintang film Vote for Love ini mengucapkan terima kasih kepada rekan pembawa acara, Ayu Ting Ting dan Wendi Cagur serta produser Brownis, Mbak Jes.

"Karir aku di entertainment, di Brownis harus aku akhiri di hari ini. Semoga hari ini menjadi hari terbaik buat kita semuanya. Terimakasih Ayu, Wendi," katanya.

"Aku tadi sudah ngomong sama Mbak Jes (produser), walau Mbak Jes belum memberikan iya atau tidak, itu aku kembalikan ke manajamen, yang kerja aku yang merasakan aku," tambahnya.

Usai mendapatkan teguran KPI, desainer berusia 42 tahun ini merasa sudah saatnya tidak muncul lagi di televisi. Nampaknya, Ivan Gunawan tak terima dengan tegurann KPI yang tidak terima dengan penampilannya bak perempuan.

"20 tahun aku ada di dunia entertainment aku menjalaninya sepenuh hati dengan cinta. Aku nggak pernah menjadi orang lain, aku tetap jadi aku. Terima kasih Brownis, terima kasih Manis (sapaan untuk penonton acara itu)," jelasnya.

Unggahan itu dibanjiri respon netizen. Mereka justru memuji KPI yang menegur Ivan Gunawan, hingga akhirnya mundur dari Brownis.

"Bagus ini ,satu kemajuan di dunia pertelevisian ,ditegur langsung ada reaksi. Terus jgn lupa untuk tim kreatif setiap acara,hilangkan adegan host laki-laki mengagumi bintang tamu laki-laki,adegan seperti itu sangat menggangu keutuhan sebuah acara ,dan mengurangi vibes positif di acara itu,awas ya kalo ada yg komen kalo gasuka gausah nonton ,ini kritik membangun," komentar akun @zennis****

"KPI akhirnya melek," tulis akun @aldiw****

"Bagusss dehhh KPI," kata akun @aali**_**

"Baguslah pertelevisian Indonesia peduli mental anak. Tidak memaklumkan pria bergaya wanita utk jadi tontonan. Apalagi anak-anak jg nonton tv." ungkap akun @amleiawi****

KPI menegur program Brownis di Trans TV yang tayang pada 30 Oktober 2023 lalu. Disebutkan adanya pelanggaran dalam tayangan tersebut lewat penampilan yang ditunjukkan oleh Ivan Gunawan.

Desainer berusia 42 tahun ini sudah merespons secara pribadi teguran dari KPI ini tentang busananya. Ia menegaskan bahwa penampilannya hanya bergaya busana jadul dan menyebut KPI tidak mengerti fashion.

Ivan Gunawan belum bisa menerima teguran dari KPI atas penampilannya yang dianggap seperti perempuan saat tampil di program Brownis. Ia bahkan berpikir untuk tidak lagi tampil di televisi karena hal tersebut.

Ivan Gunawan sangat yakin bahwa ia bisa tetap menghasilkan uang meskipun tak lagi berkarier di televisi. Ini lantaran dirinya masih memiliki pekerjaan di bidang lainnya dan sudah cukup terkenal.

Rekomendasi