Kemenhan Dituding Bayar Influencer Hadiri Pelepasan Kapal RS TNI untuk Palestina, Kiky Saputri: Sebenci Itu Demi Misi Kebaikan?

| 19 Jan 2024 13:38
Kemenhan Dituding Bayar Influencer Hadiri Pelepasan Kapal RS TNI untuk Palestina, Kiky Saputri: Sebenci Itu Demi Misi Kebaikan?
Kiky Saputri (Foto: Instagram/@kikysaputri)

ERA.id - Komika Kiky Saputri buka suara soal tudingan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (RI) membayar para influencer untuk menghadiri pelepasan Kapal Rumah Sakit (RS) TNI untuk memberikan bantuan kepada warga Palestina.

Mulanya, salah satu netizen curiga dan menduga kehadiran para influencer itu dibayar oleh sang calon presiden. Selain itu, akun tersebut menyindir orang-orang yang berpartisipasi dalam kampanye capres nomor urut 02. 

"Kemenhan duitnya banyak ya. Sampai datangin influencer segitu banyak, setelah bikin advertorial full page. Yang lari buat ngiklanin Prabowo berapa banyak tuh?" cuit akun Twitter @pedagang_kritik.

Cuitan itu langsung ditanggapi oleh istri Muhammad Khairi ini. Ia menegaskan bahwa Prabowo tidak membayar influencer untuk datang ke acara tersebut. Kiky juga mengaku bahwa dirinya turut diundang oleh Capres nomor urut 2 itu, tetapi ia berhalangan hadir.

"Izin saya sampaikan. Ajakan untuk ikut datang hari ini dalam memberikan bantuan ke Palestina, juga sampai pada saya. Tapi sangat disayangkan saya tidak bisa hadir karena sudah ada jadwal syuting. Ajakan ini dalam rangka misi kemanusiaan dan Wallahi tidak ada bayarannya," cuit Kiky Saputri, dikutip dari akun @kikysaputrii.

Lalu, kata Kiky, influencer yang datang ke acara tersebut bertujuan untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat Indonesia tentang adanya bantuan dari pemerintah. Dia pun meminta agar publik tidak menuduh sembarangan.

"Teman-teman influencer diminta datang supaya pesan ini sampai pada kalian bahwa kita Indonesia sedang mengirimkan bantuan untuk saudara kita di Palestina. Kamu mungkin benci orangnya, tapi jangan menuduh membabi buta," lanjut.

Kiky mengatakan kapal RS yang dikirim tersebut milik TNI AL. Ia mengungkapkan informasi soal wewenang Kemenhan yang menaungi TNI dalam hal kebijakan, strategi pertahanan hingga dukungan administrasi.

"Bestie, kapal RS yang dikirim itu milik TNI AL. Untuk memperjelas dan meminimalisir kebencian serta mengembalikan dasar logika kamu, saya sertakan kutipan di bawah ya. Masa kamu sebenci itu? Nggak mungkin dong kamu sebenci itu sama misi kebaikan?" tuturnya.

Dicuitan selanjutnya, komika berusia 30 tahun ini menjelaskan kembali tujuan Prabowo Subianto mengundang para artis dan influencer dalam pelepasan Kapal RS TNI.

"Bismillahirrahmanirrahim. Bestie, awalnya kalian memfitnah soal Pak Prabowo menggunakan Kemenhan untuk bayar influencer. Saya informasikan bahwa ini misi kemanusiaan dan tidak ada bayaran. Jadi influencer yg berkenan hadir untuk ikut menyebarkan kebaikan ini, silakan datang," jelasnya.

"Lalu kalian marah lagi kenapa bukan Mensos atau Menlu yg kasih bantuan? Saya jelasin kalo kapal RS itu milik TNI AL yg secara administrasi ada di bawah naungan Menhan. Lalu, kalian munculkan permasalahan baru lagi 'Kenapa harus undang influencer kan cukup pake media nasional'," lanjutnya.

Kiky Saputri mengatakan ada beberapa event yang diadakan Pemerintah menjelang Pemilu 2024. Ia menegaskan sudah banyak acara Pemerintah mengundang para artis hingga influencer.

"Salah satu contoh waktu pak Sandiaga Uno sebagai Kemenparekraf kunjungan wisata ke Bima, beliau mengajak Atta, Aurel, dan Rigen kesana. Melalui sosial media mereka, masyarakat awam jadi lebih banyak yg tau tentang program desa wisata ini," katanya.

Bintang film Imperfect ini menyindir haters Prabowo Subianto yang dianggap menebar kebencian di media sosial. 

"Jadi kalo aku telaah, kalian tuh emang udah ketutup sama kebencian aja jadi sekalipun yg dilakukan adalah kebaikan, akan selalu terlihat salah," imbuhnya.

Sederet selebriti diketahui menyaksikan pelepasan Kapal RS KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat 992 oleh Menhan Prabowo Subianto untuk mengirim bantuan pokok dan obat-obatan membantu Palestina di Kolinlamil, Jakarta pada Kamis (18/1/2024).

Selebriti yang hadir mulai dari pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah, Rizky Billar dan Lesti Kejora serta Dara Arafah, Aurelie, Violenziajean, Happy Asmara, dan Aan Story.

Rekomendasi