Apa Itu Anuitas: Pengertian, Jenis, Contohnya dalam Kredit dan Investasi

| 30 Jan 2024 20:40
Apa Itu Anuitas: Pengertian, Jenis, Contohnya dalam Kredit dan Investasi
Apa itu anuitas (Freepik)

ERA.id - Apa itu anuitas mungkin masih asing bagi sebagian orang. Anuitas merupakan istilah dalam industri keuangan atau perbankan yang penting untuk dipahami. Apalagi bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman di bank. 

Anuitas merupakan pembayaran atau penerimaan yang dilakukan secara rutin dan berkala selama periode tertentu. Anuitas juga bisa dimaknai sebagai proses pembayaran dalam besaran yang sama dan dilakukan dalam rentang waktu tertentu. Bagi Anda yang ingin melakukan pinjaman ke bank, sebaiknya pahami dulu apa itu anuitas dan jenis-jenisnya.

Apa Itu Anuitas?

Anuitas adalah rangkaian penerimaan atau pembayaran tetap yang dilakukan berkala selama periode atau jangka waktu tertentu. Anuitas bisa diartikan sebagai cicilan pembayaran atau penerimaan dengan nilai tetap selama rentang waktu tertentu. 

Adanya anuitas bertujuan untuk memudahkan nasabah dalam melakukan pembayaran angsuran pada jangka waktu atau tempo yang telah ditetapkan. Pemanfaatan anuitas diterapkan pada bunga pinjaman atau investasi dengan jangka waktu yang panjang. 

Sebenarnya pengertian anuitas tidak terbatas pada pembayaran atau penerimaan yang berkaitan dengan pinjaman atau kredit. Anuitas juga digunakan dalam dunia asuransi dan investasi. 

Dalam keperluan investasi, anuitas bisa digunakan untuk menyiapkan kemandirian finansial di masa depan. Penggunaan anuitas dalam produk investasi bisa diartikan sebagai sebuah manfaat pensiun yang dibayarkan secara berkala pada setiap bulan. 

Apa itu anuitas (Freepik)

Jenis-Jenis Anuitas dan Contohnya 

Terdapat empat jenis anuitas berdasarkan jangka waktu pembayarannya. Pinjaman atau angsuran kredit pada umumnya ditetapkan pada waktu yang sama selama kredit berlangsung. Pembayaran bisa dilakukan di awal periode ataupun di akhir periode. 

Berikut ini jenis-jenis anuitas dan pengertiannya yang perlu Anda tahu:

Anuitas Biasa

Anuitas biasa adalah jenis anuitas yang pembayaran atau penerimaannya dilakukan secara berkala pada masa waktu tertentu terjadi di akhir periode. Contohnya pada pembayaran hipotek, dimana pembayaran dan penerimaan hipotik dilakukan dan didapatkan ketika akhir periode.

Anuitas Jatuh Tempo

Due annuity atau anuitas jatuh tempo merupakan jenis anuitas yang pembayaran atau penerimaan yang dilakukan secara berkala untuk rentang waktu tertentu terjadi di awal periode.

Contoh jenis anuitas ini misalnya pada anuitas jatuh tempo untuk produk asuransi. Ketika menggunakan produk asuransi, Anda berkewajiban membayar premi sebelum dapat mengklaim produk asuransi tersebut. Bentuk anuitas lainnya, yaitu perjanjian sewa, rental, dan lain sebagainya.

Anuitas Ditangguhkan

Deferred Annuity atau anuitas ditangguhkan adalah jenis anuitas atau penerimaan berkala untuk periode tertentu yang terjadi atau dilakukan setelah lewat jangka waktu tertentu. Dalam anuitas jenis ini, pembayaran atau penerimaan dapat ditunda.

Anuitas Langsung

Immediate annuity atau anuitas langsung merupakan anuitas yang penerimaan atau pembayaran dilakukan berkala dalam rentang waktu tertentu atau dilakukan secara langsung tanpa adanya penundaan dalam suatu periode waktu tertentu. 

Contoh anuitas langsung yaitu saat Anda membeli mobil dengan sistem pembayaran kredit. Lantaran pembayaran dan penerimaannya bersifat tetap, maka Anda bisa melakukannya tanpa ada penundaan periode.

Kelebihan dan Kekurangan Anuitas

Penerapan anuitas dalam perhitungan bunga memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tujuan dari anuitas adalah guna memudahkan nasabah dalam membayar ataupun menerima pengembalian investasi. 

Dalam proses kreditnya, penerapan anuitas memungkinkan nasabah membayar dalam jumlah yang sama dengan cara mencicil setiap periode. Berbeda dengan hitungan bunga efektif yang didapatkan dari pembagian plafon dengan tenor, nilai cicilan pokok dalam anuitas akan dihitung berdasarkan total cicilan, kemudian dikurangi dengan bunga anuitas. 

Dengan adanya anuitas, pembayaran bunga kredit di awal akan lebih besar dan kemudian jumlahnya semakin menurun seiring dengan berjalannya masa waktu kredit. Begitu pula sebaliknya dalam nilai pembayaran pokok, yang mana bunga akan terus berubah selama rentang waktu kredit, namun jumlahnya tetap sama secara nominal. 

Demikianlah ulasan mengenai apa itu anuitas dalam dunia keuangan atau perbankan yang perlu Anda tahu. Penting bagi Anda untuk memahami anuitas ketika ingin mengajukan pinjaman atau kredit di bank. Baca juga tips investasi untuk dana darurat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi