Mengenal Split Payment, Sistem Pembayaran Digital yang Banyak Digunakan saat Ini

| 01 Sep 2024 08:39
Mengenal Split Payment, Sistem Pembayaran Digital yang Banyak Digunakan saat Ini
Mengenal Split Payment (Unsplash)

ERA.id - Penting bagi kita untuk mengenal split payment, sebab hari ini hal tersebut sudah menjadi kebutuhan. Split payment merupakan salah satu metode terbaru dari sistem pembayaran digital yang cukup banyak dipilih dan digunakan. Bahkan, berbagai platform e-commerce besar seperti Tokopedia dan Shopee juga menyediakan fasilitas ini.

Mengenal Split Payment

Seperti yang dirangkum ERA, secara makna bahasanya, pengertian split payment yaitu pembayaran terpisah. Adapun, dalam dunia jual beli, split payment menjadi sebuah metode dalam membayar suatu jasa atau barang dengan menggunakan berbagai sumber pembayaran. Sehingga, dapat dikatakan bahwa pengertian split payment adalah sistem pembayaran satu produk dengan cara yang beragam.

Alasan yang mendasarinya, metode split payment ini muncul karena orang-orang cenderung memiliki lebih dari satu dompet digital atau rekening. Misalnya, ketika Anda ingin membeli suatu produk seharga Rp200.000.

Maka, dengan menggunakan cara split payment, Anda dapat membagi pembayaran tersebut menjadi dua cara sekaligus. Contohnya, Rp120.000 dibayarkan menggunakan GoPay, sedangkan sisanya Rp80.000 ditransfer melalui rekening A.

Tujuan mendasar dari penggunaan split payment yaitu untuk mendorong para konsumen agar mau mengeluarkan uangnya. Mengingat kemampuan pembayaran tiap orang berbeda-beda, maka metode split payment tentu memberikan kemudahan sistem pembayaran kepada lebih banyak pembeli.

Bisa jadi ada yang hanya bisa membayar secara tunai sebagian, dimana sebagiannya dilunasi melalui kredit. Namun, tidak semua pihak menyediakan sistem pembayaran split payment karena cara pengauditan yang jauh lebih rumit ketimbang pembayaran dengan satu metode saja.

Metode split payment banyak ditemukan di toko-toko online atau e-commerce. Hal ini disebabkan platform tersebut umumnya memiliki sistem mumpuni yang mampu terintegrasi secara baik.

Ilustrasi. (Unsplash)

Apa Saja Contoh Split Payment?

Contohnya, Anda berprofesi sebagai seorang pegawai swasta. Kemudian, Anda membutuhkan sebuah laptop baru untuk membantu mobilitas pekerjaan harian. Namun, jika dilihat secara keuangan, Anda belum bisa membelinya secara tunai.

Setelah mencari-cari ke sejumlah toko, ada seorang dealer yang menawarkan metode pembayaran untuk membantu Anda membeli laptop seharga 8 juta. Di sana, Anda mendapatkan kemudahan untuk menggunakan sistem split payment. Sehingga Anda bisa membayar tunai 3 juta saja, adapun sisanya 5 juta diangsur dalam jangka waktu sesuai kesepakatan bersama.

Manfaat Split Payment dalam Bisnis

Tidak hanya sekadar menjadi platform pembayaran baru, split payment tentu menjadi hal yang memberikan berbagai manfaat, khususnya bagi para pelaku bisnis. Adapun manfaat split payment antara lain:

Memperluas Jaringan Bisnis

Salah satu manfaat split payment yaitu untuk memperluas atau menambah jaringan bisnis. Sebab, kini sebagian besar pelaku bisnis seperti para reseller dan distributor menggunakan metode split payment karena kemudahan yang ditawarkan. Sehingga, hal ini pada akhirnya akan melancarkan proses bisnis antara dua belah pihak.

Mengoptimalkan Penjualan

Manfaat lain yang didapatkan dari split payment yaitu untuk mengembangkan tingkat penjualan. Pasalnya, dengan split payment, Anda dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat dengan mudah. Kepraktisan yang diberikan metode ini tentu akan mendorong para pelanggan untuk memanfaatkannya.

Manfaat Split Payment untuk Pembeli

Selain bermanfaat bagi pelaku bisnis, split payment juga memberikan sejumlah manfaat kepada para pembeli. Antara lain sebagai berikut:

Bisa Cicil Kapan Saja

Salah satu keuntungan menggunakan metode split payment yaitu bisa mencicil sebagian barang dengan menggunakan kartu kredit. Ya, jika Anda hendak membeli suatu produk tetapi hanya mempunyai uang setengah dari harganya, maka Anda dapat membayar tunai sebagian, dan sisanya dilunasi dengan cara kredit.

Mempermudah dalam Mengelola Keuangan

Split payment pada dasarnya juga akan membantu Anda mengelola keuangan dengan lebih baik. Sebab, dengan beberapa opsi penyimpanan uang digital yang dimiliki, Anda tentu sudah menyediakan alokasi dana khusus di setiap dompet digital tersebut.

Sehingga, ketika salah satunya kurang, Anda dapat memanfaatkan sumber lainnya untuk memenuhi kebutuhan.

Membeli Barang Impian dengan Mudah

Manfaat selanjutnya dari split payment yaitu membantu Anda membeli barang yang diinginkan. Sebab, Anda tidak perlu lagi memikirkan pembayaran secara keseluruhan di muka, akan tetapi dapat menggunakan cicilan kredit sebagian.

Bisa Patungan Bersama Teman

Split payment juga memungkinkan Anda membayar secara terpisah bersama teman atau keluarga. Anda dapat membicarakannya bersama teman untuk membagi pembayaran tersebut, misal saat dalam acara kumpul-kumpul, makan-makan, atau mungkin membeli suatu barang untuk dinikmati bersama.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi