Ingin Kuliah di Jurusan Manajemen? Simak Apa Saja yang Akan Anda Pelajari

| 01 Feb 2024 13:01
Ingin Kuliah di Jurusan Manajemen? Simak Apa Saja yang Akan Anda Pelajari
Ilustrasi kuliah

ERA.id - Saat ini, posisi sebagai seorang manajer sangat diminati banyak orang. Selain dikenal sebagai salah satu profesi bergengsi dalam perusahaan, seseorang yang berprofesi sebagai manajer juga memiliki peluang besar di dunia karier.

Tidak hanya itu, dari segi pendidikan, jurusan manajemen juga dikenal sebagai salah satu jurusan dengan peluang pekerjaan dengan cakupan cukup luas. Hal ini dilihat dari segi perbandingan dari jurusan-jurusan lainnya di dunia perkuliahan.

Berdasarkan beberapa keunggulan di atas, apakah Anda mulai tertarik untuk kuliah di jurusan manajemen? Jika iya, kami memiliki informasi penting terkait dengan berbagai pelajaran yang akan Anda temui dalam jurusan manajemen. Oleh karena itu, jika Anda ingin tahu mengenai jurusan manajemen lebih lanjut, simak artikel secara saksama!

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Manajemen?

Ada beberapa pelajaran dasar yang umumnya akan dipelajari saat berkuliah di jurusan manajemen. Apa saja itu? Mari simak informasi pelajaran tersebut berikut ini!

1. Pemasaran

Salah satu pelajaran dasar yang pastinya akan dipelajari oleh seseorang dari jurusan manajemen adalah pemasaran. Di mana seseorang yang mengambil studi di jurusan manajemen akan mempelajari berbagai hal terkait bidang pemasaran.

Apa saja yang dipelajari di pelajaran pemasaran? Mahasiswa jurusan manajemen akan memelajari bagaimana cara menciptakan strategi marketing yang baik beserta cara mengolahnya, bagaimana tata cara penjualan yang menarik, bahkan hingga pengelolaan produk untuk dapat menjawab kebutuhan dan keinginan konsumen.

Selain itu, seseorang yang mengambil studi pada bidang manajemen juga akan bertugas untuk memahami tata cara untuk melakukan riset pasar, pengembangan produk, hingga penetapan harga produk di pasaran. Nantinya, semua pelajaran tersebut akan membuat seseorang yang mengambil studi di bidang manajemen mampu untuk mengelola dan mengoptimalkan berbagai strategi marketing yang dibutuhkan oleh perusahaan.

2. Finansial

Pelajaran berikutnya yang akan ditemui oleh seseorang yang mengambil jurusan manajemen adalah finansial. Pada pelajaran ini, Anda akan belajar cara menangani pengelolaan keuangan perusahaan. Beberapa di antaranya adalah kegiatan seperti perencanaan keuangan, pengelolaan risiko keuangan, hingga investasi yang diperlukan perusahaan.

Semua hal tersebut akan perlu dipelajari seseorang yang mengambil studi di bidang manajemen karena di perusahaan saat ini seorang lulusan manajemen juga memiliki peluang besar untuk  berkarir di bidang finansial guna meningkatkan kemungkinan untung yang diperoleh perusahaan.

3. Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)

Seorang yang mengambil studi jurusan manajemen juga akan mempelajari mengenai tata cara manajemen yang baik terhadap sumber daya manusia (SDM). Hal ini dilakukan guna membantu para lulusan manajemen untuk dapat mengelola dan juga meningkatkan kinerja rekan-rekan karyawan perusahaan nantinya.

Selain itu, seorang lulusan manajemen nanti juga diharapkan mampu untuk membentuk sumber daya berkualitas dan meningkatkan efisiensi kinerja mereka guna membantu perusahaan dalam mencapai tujuan bisnis yang diharapkan. Hal ini lah yang menjadi salah satu alasan mengapa lulusan manajemen menjadi salah satu jurusan yang dapat diterima kerja lebih cepat dibandingkan jurusan lainnya.

4. Manajemen Bisnis

Pelajar lain yang akan dipelajari oleh seseorang yang mengambil jurusan manajemen adalah mengenai manajemen bisnis. Tujuan dari mempelajari hal ini adalah untuk membuat lulusan jurusan manajemen mampu untuk mengoptimalkan berbagai unsur penting dalam perusahaan, khususnya yang terkait dalam bidang bisnis.

Materi ini sangat penting untuk dipelajari oleh lulusan manajemen karena dengan pelajaran ini seorang lulusan manajemen akan mampu memiliki andil besar terhadap keefektifan kerja yang terjadi dalam perusahaan. Pada akhirnya nanti hal ini lah yang akan berpengaruh terhadap bagaimana perusahaan dapat mencapai tujuan yang diharapkan secara efektif.

5. Leadership

Pelajaran terakhir yang akan dipelajari oleh seseorang yang mengambil studi manajemen adalah ia akan mempelajari banyak hal tentang leadership. Leadership sendiri merupakan sebuah upaya untuk mengarahkan dan memotivasi suatu kelompok dalam mengatasi masalah dan guna mencapai tujuan.

Dalam hal manajemen, seorang lulusan pada studi ini akan mempelajari soal leadership untuk dapat mengelola berbagai struktur atau unsur perusahaan dengan baik. Akan menjadi masalah jika seorang manajemen dalam perusahaan tidak dapat mengelola dan juga mengarahkan berbagai rekan kerjanya untuk melakukan sesuatu yang telah direncanakan dan disepakati bersama.

Oleh karena itulah, seorang manajemen perlu mempelajari mengenai leadership, seperti bagaimana memimpin sebuah kelompok atau projek, mengarahkan suatu kelompok, dan masih banyak lagi. Hal ini lah yang akan membantu perusahaan untuk dapat mengelola semua sumber daya yang mereka miliki dengan efektif dan efisien untuk mencapai tujuan bisnis mereka nanti.

Itulah beberapa informasi terkait dengan berbagai hal yang akan dipelajari dalam jurusan atau manajemen. Berdasarkan informasi di atas, kita juga dapat tahu bahwa seorang manajemen ternyata memiliki pengaruh dan juga peran penting dalam suatu perusahaan. Sehingga tidak mengherankan mengapa banyak perusahaan menginginkan mereka yang membuat lulusan dari jurusan ini dapat diterima kerja lebih cepat dibandingkan jurusan lainnya.

Jika Anda tertarik untuk kuliah jurusan manajemen nanti, Anda dapat memilih untuk kuliah manajemen di LSPR. Di LSPR, Anda akan diajarkan berbagai hal terkait dengan manajemen dari pengajar-pengajar yang berpengalaman.

Selain itu, dengan kuliah di LSPR, Anda juga dapat memperoleh kurikulum dan fasilitas terbaik beserta dengan metode pembelajaran praktikal. Hal inilah yang akan memudahkan Anda untuk memahami berbagai hal terkait dengan manajemen dengan lebih efektif.

Rekomendasi