Daftar Jurusan Kuliah yang Cocok bagi Penggemar Olahraga, Apa Pilihanmu?

| 23 Nov 2023 23:00
Daftar Jurusan Kuliah yang Cocok bagi Penggemar Olahraga, Apa Pilihanmu?
Ilustrasi orang renang (pexels)

ERA.id - Hobi olahraga adalah hal yang lumrah bagi anak sekolah. Namun, melanjutkan hobi itu ke jenjang yang lebih serius masih kurang umum bagi masyarakat.

Saat masih sekolah, seorang anak terbilang jago dalam bidang olahraga tertentu, tapi saat kuliah dia mengambil jurusan yang tidak berkaitan dengan olahraga, seperti Sastra, Pendidikan Matematika, Ilmu Sejarah, dan sebagainya. Lalu, apa jurusan kuliah yang cocok bagi penggemar olahraga?

Daftar Jurusan Kuliah yang Cocok bagi Penggemar Olahraga

1. Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR)

Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR) adalah salah satu pilihan yang bisa diambil penggemar olahraga, terutama yang juga berminat pada bidang pendidikan. PJKR mendidik dan mengajar mahasiswanya agar bisa menjadi pengajar sekaligus peneliti pendidikan jasmani yang berhubungan dengan aspek fisik, kognitif, afektif, sosial psikomotor, kesehatan, gizi, dan fisiologi.

Kuliah di jurusan ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan banyak pengetahuan dan kemampuan. Beberapa mata kuliah yang diajarkan adalah Ilmu Kepelatihan Dasar, Pedagogi Olahraga, Organisasi Sistem Pertandingan, dan mata kuliah jenis olahraga tertentu, seperti sepak bola, bulutangkis, senam, dan bola basket.

Lulusan mahasiswa PJKR akan mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.). Karier yang bisa dijalani oleh lulusan PJKR tak terbatas sebagai guru olahraga, tapi juga bisa menjadi pelatih pribadi, pelatih atlet, dan instruktur olahraga.

2. Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Jurusan ini juga bisa jadi pilihan. Di sana, mahasiswa akan dididik dan dilatih menjadi guru dan pelatih olahraga dengan kemampuan akademis dan bisa menunjukkan etos kerja yang tinggi berdasarkan ilmu kepelatihan olahraga.

Lulusan dari jurusan ini juga akan mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd). Beberapa mata kuliah yang akan dipelajari antara lain Manajemen Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kepelatihan Dasar Cabang Olahraga, dan Psikologi Pendidikan. Nantinya, Anda bisa menjadi pelatih olahraga tertentu.

Ilustrasi pelatih olahraga (pexels)

3. Ilmu Keolahragaan

Di jurusan Ilmu Keolahragaan, mahasiswa akan mempelajari olahraga dan kesehatan. Ruang lingkup keilmuan jurusan ini cukup luas. Mahasiswa akan belajar dan berlatih soal banyak hal, misalnya bidang aktivitas jasmani, manajemen olahraga, dan terapi rehabilitasi fisik.

Jurusan Ilmu Keolahragaan mengutamakan olahraga, tapi mahasiswa juga akan mempelajari banyak ilmu lain, seperti anatomi manusia, biokimia olahraga, psikologi olahraga, patofisiologi, dan sebagainya.

4. Fisioterapi

Menggemari olahraga tidak harus menjadi pemain atau pelatih. Anda juga bisa menjadi bagian dari bidang kesehatannya. Salah satu jurusan yang bisa Anda masuki adalah Fisioterapi.

Ini adalah cabang ilmu kedokteran yang mempelajari hal-hal terkait fungsi gerak, baik cara menjaga fungsi maupun pemulihannya. Jurusan ini juga berkaitan dengan olahraga karena olahraga sangat bergantung pada fisik dan fungsi anggota tubuh.

Beberapa ilmu yang bisa didapatkan di jurusan ini antara lain Anatomi, Ilmu Gerak, Manual Therapy, Evidence-Based Practice Physiotherapy, dan Psikologi Fisioterapi. Lulusannya bisa menjadi terapis, baik di klinik, rumah sakit, pusat kebugaran, atau bahkan buka praktik sendiri. Fisioterapis juga bisa menjadi konsultan layanan fisioterapi bagi atlet atau individu.

Itulah beberapa jurusan kuliah yang cocok bagi penggemar olahraga. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, ikuti terus berita terbaru Era.id.

Rekomendasi