Pacar Tamara Tyasmara Jadi Tersangka Kasus Kematian Dante, Dijerat Pasal Pembunuhan Berencana

| 09 Feb 2024 15:15
Pacar Tamara Tyasmara Jadi Tersangka Kasus Kematian Dante, Dijerat Pasal Pembunuhan Berencana
Kekasih artis Tamara Tyasmara, YA (Dok. Era.id/Sachril)

ERA.id - Polisi menetapkan kekasih artis Tamara Tyasmara, YA menjadi tersangka kasus kematian Raden Andante Khalif Pramudityo atau Dante (6) yang tewas saat berenang di kolam renang kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur (Jaktim).

Diketahui, Dante merupakan anak dari Tamara Tyasmara.

"Betul (YA jadi tersangka)," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Ade Ary Syam Indradi kepada wartawan, Jumat (9/2/2024).

YA ditangkap di kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Pelaku ini dibawa ke Polda Metro Jaya untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Kekasih Tamara ini dijerat pasal pembunuhan berencana atau Pasal 340 KUHP dan/atau terkait UU Perlindungan Anak.

"(YA dijerat) sebagaimana dimaksud dalam Pasal 76C juncto Pasal 80 UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dan/atau Pasal 340 KUHP dan/atau Pasal 338 KUHP dan/atau Pasal 359 KUHP," tambah Ade Ary.

Merujuk isi Pasal 340 KUHP, YA terancam hukuman mati. Berikut isi pasal tersebut.

"Barangsiapa sengaja dan dengan rencana terlebih dahulu merampas nyawa orang lain, diancam karena pembunuhan dengan rencana, dengan pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau selama waktu tertentu, paling lama dua puluh tahun."

Sebelumnya, polisi menyampaikan kronologi Dante yang tewas saat berenang di kolam renang kawasan Duren Sawit. Kombes Ade Ary menerangkan peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (27/1) silam sekira pukul 17.30 WIB.

Saat itu korban sedang berenang di kolam renang tersebut. Berdasarkan saksi-saksi di lokasi kejadian, mereka sempat melihat korban muntah-muntah saat berenang. Namun ketika Dante diangkat ke atas kolam renang, korban sudah dalam kondisi tidak sadarkan diri.

"Ada beberapa saksi yg melihat korban sedang berenang di kolam berenang kemudian, dan latihan berenang ya. Kemudian ada yang melihat korban muntah-muntah dan ketika diangkat ke atas korban sudah tidak sadarkan diri," kata Ade Ary kepada wartawan, Selasa (6/2).

Dante lalu dilarikan ke rumah sakit terdekat. Saat diperiksa, dokter menyatakan anak Tamara ini sudah meninggal dunia.

Rekomendasi