Daftar Tanggal Merah di Bulan Maret 2024, Siapkan Liburan dari Sekarang

| 05 Mar 2024 22:00
Daftar Tanggal Merah di Bulan Maret 2024, Siapkan Liburan dari Sekarang
Tanggal merah di bulan maret 2024 (unsplash)

ERA.id - Bulan Maret 2024 siap menyambut Anda dengan berbagai momen spesial, diwarnai dengan beberapa hari libur nasional dan cuti bersama. Mari simak lebih lanjut beberapa tanggal merah di bulan Maret 2024.

Artikel ini akan menjelajahi berbagai tanggal merah di bulan Maret 2024, dan beberapa informasi penting dan ide-ide menarik untuk mengisi waktu luang Anda.

Tanggal Merah di Bulan Maret 2024

  1. 11 dan 12 Maret

Tanggal 11 dan 12 Maret merupakan hari libur nasional dalam rangka Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1946.

Hari Raya Nyepi merupakan hari suci bagi umat Hindu yang dirayakan setiap setahun sekali pada tilem (bulan mati) sasih Kasanga. Adapun tujuan utama Nyepi adalah untuk introspeksi diri dan menyatukan diri dengan alam semesta.

Umat Hindu biasanya melakukan berbagai ritual keagamaan sebelum Nyepi, seperti melasti (penyucian diri) dan Tawur Kesanga (menetralisir energi negatif).

Pada hari Nyepi, seluruh umat Hindu di Bali dan di seluruh Indonesia akan berdiam diri di rumah dan melakukan meditasi. Aktivitas publik seperti penerbangan, pelayaran, dan media massa juga dihentikan.

Sehari setelah Nyepi, yaitu pada 12 Maret 2024 adalah hari cuti bersama yang ditetapkan oleh pemerintah. Hari ini biasanya dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga dan teman, serta mengunjungi tempat-tempat wisata.

  1. 29 Maret

Jumat Agung, yang jatuh pada 29 Maret 2024, merupakan hari yang penting bagi umat Kristiani yang diperingati sebagai hari wafatnya Yesus Kristus di kayu salib.

Pada hari tersebut semua umat kristiani  berkabung sekaligus pertobatan, di mana umat akan menghadiri kebaktian gereja dan merenungkan makna pengorbanan Yesus.

Kebaktian Jumat Agung biasanya meliputi pembacaan ayat Alkitab tentang kisah penyaliban Yesus, doa, dan meditasi. Umat Kristiani juga mungkin melakukan prosesi jalan salib, yaitu mengikuti perjalanan Yesus menuju Bukit Golgota.

Jumat Agung merupakan hari yang penuh makna dan refleksi bagi umat Kristiani. Hari ini mengingatkan mereka tentang kasih Allah yang begitu besar bagi umat manusia, yang rela mengorbankan Anak-Nya untuk menebus dosa manusia.

Dua hari setelah Jumat Agung atau pada Minggu, 31 Maret 2024, diperingati sebagai Hari Paskah, yang merupakan hari raya untuk merayakan kebangkitan Yesus Kristus dari kematian.

Hari Paskah merupakan hari sukacita dan kemenangan bagi umat Kristiani, di mana mereka merayakan kemenangan Yesus atas dosa dan maut.

Kebaktian Paskah biasanya meliputi pembacaan ayat Alkitab tentang kisah kebangkitan Yesus, doa, dan pujian. Umat Kristiani juga mungkin mengadakan perayaan Paskah bersama keluarga dan teman-teman.

Rekomendasi Liburan selama Bulan Maret 2024 (unsplash)

Rekomendasi Liburan selama Bulan Maret 2024

Sepanjang bulan Maret akan terdapat dua long weekend sehingga menjadi waktu terbaik untuk liburan bersama keluarga atau sekadar bersantai di rumah. Berikut beberapa pilihan liburan yang dapat Anda lakukan:

  • Liburan ke Bali: Bali merupakan salah satu tujuan wisata favorit di Indonesia. Anda dapat menikmati berbagai keindahan alam dan budaya Bali selama Nyepi. Namun pesan tiket pesawat dan hotel jauh-jauh hari, dan siapkan uang tunai secukupnya, karena ATM dan bank mungkin tidak buka selama Nyepi.
  • Menikmati Liburan Panjang: Libur Nyepi dan Paskah 2024 jatuh pada hari Senin dan Minggu, sehingga Anda dapat menikmati liburan panjang selama 4 hari. Anda dapat memanfaatkan waktu ini untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya.
  • Bersantai di Rumah: Bagi Anda yang tidak ingin bepergian, Anda dapat memanfaatkan waktu libur untuk bersantai di rumah bersama keluarga dan teman-teman.

Selain tanggal merah di bulan maret 2024, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi