Sudah Baca Syahadat hingga Rajin Baca Al-Quran, Terungkap Alasan Denny Sumargo Tak Kunjung Mualaf

| 18 Mar 2024 16:15
Sudah Baca Syahadat hingga Rajin Baca Al-Quran, Terungkap Alasan Denny Sumargo Tak Kunjung Mualaf
Denny Sumargo (Foto: Era.id/Adelia)

ERA.id - Denny Sumargo membeberkan alasannya belum kunjung mualaf meski sudah baca syahadat hingga rajin membaca Al-Quran. Padahal, pria kerap disapa Densu ini dikenal memiliki ketertarikan terhadap agama Islam. 

Pengetahuannya terhadap agama Islam membuat suami Olivia Allan ini dikagumi oleh umat Muslim. Ketika menjadi bintang tamu PWK, Praz Teguh penasaran dan bertanya alasan Denny Sumargo belum kunjung masuk Islam.

Bintang film 5 CM ini mengaku berusaha menyebarkan kebaikan kepada orang lain. Sebab, hal yang diterapkannya ini sesuai dengan ajaran dari Rasulullah SAW. 

"Itu artinya gue berhasil memberikan dampak yang baik, karena sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain, itu menurut Rasulullah," tutur Denny Sumargo, dikutip dari kanal YouTube PWK.

Pria berusia 42 tahun ini mengingatkan agar agama yang dianut setiap orang harus melakukan kebaikan. Meski memeluk agama Katolik, ketertarikannya terhadap Islam dipengaruhi oleh mendiang ayahnya, Nazaruddin Chaniago yang merupakan seorang Muslim.

"Jadi gue memberikan dampak kepada lu yang Islam untuk mempelajari agama lu dengan lebih baik, karena gue mengenal Islam itu dari leluhur gue, Islam itu selalu membawa kebaikan kemanapun dia pergi," ucap Denny Sumargo.

"Bukan menghentikan orang untuk meyakini sebuah keyakinan yang mereka pahami, terus kemudian diobrak-abrik, nggak gitu," tambahnya.

Tak hanya membaca Alkitab, Denny Sumargo juga senang membaca Al-Quran. Sebab, setiap kitab Agama memiliki sejarahnya masing-masing dan penting diterapkan dalam kehidupan.

"Suka baca gue, dulu gue suka baca Al-Qur'an, terus baca haditsnya, baca Alkitab, karena gue tuh suka membaca cerita sejarah, kenapa agama ini bisa menjadi sesuatu yang sangat penting, terus kenapa agama ini bisa saling berantem," imbuh Denny Sumargo.

Faktor utama dia ingin mengenal semua agama yang ada di Indonesia lantaran melihat banyak pertikaian. Pertengkaran itu terjadi lantaran mereka memeluk agama yang berbeda-beda.

"Padahal Tuhan mengajarkan umatnya untuk tidak berantem, tapi kenapa manusia suka berantem dengan membawa-bawa agama, nah gue bingung, makanya gue belajar," ucap Denny Sumargo.

Maka dari itu, Denny percaya setiap agama mengajarkan kebaikan. Tetapi, pria yang kerap dijuluki "Pebasket Sombong" itu melihat sisi yang berbeda soal hidayah. Apabila hidayah tidak datang pada dirinya, Denny tetao bertahan memeluk agama Katolik.

"Entah kenapa ya, gue merasa setiap agama itu punya nilai kebaikan di dalamnya, dan gue selalu merasa bahwa bukan agamanya yang harus perkarakan ketika ada sesuatu yang buruk terjadi, tetapi yang diperkarakan itu adalah individu dan perbuatannya," katanya.

"Mereka (netizen) selalu mendoakan gue mendapatkan hidayah, kalau masuk Islam itu kan selalu ada hidayahnya gue masih nunggu ya, kalau memang ada hidayah ya masuk Islam, kalau nggak, ya udah gue jalan di jalan gue aja, toh neraka dan surga gue nggak lu tanggung juga." tutupnya.

Diketahui, Denny sempat jadi perbincangan publik lantaran pernah mengucapkan dua kalimat syahdat. Ia membacanya dibimbing oleh sahabatnya, Deryansha Azhary atau Dery eks Vierratale. 

Momen viral Denny Sumargo mengucap syahadat itu terjadi di podcast kanal YouTube-nya yang tayang pada Desember 2023 lalu. Tak hanya itu, Denny Sumargo juga hapal surat Al Fatihah. Surat ini dilantunkan saat mendoakan ayahnya agar mendapat tempat terindah di sisi Tuhan. 

Rekomendasi