Apa Itu Princess Cut dan Bedanya dengan Brilliant Round?

| 31 Mar 2024 04:33
Apa Itu Princess Cut dan Bedanya dengan Brilliant Round?
Apa Itu Princess Cut (unsplash)

ERA.id - Bagi para kolektor dan penggemar berlian pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah "Princess Cut". Dikenal karena keindahannya, apa itu princess cut?

Princess cut pada dasarnya merupakan potongan yang menawarkan pesona yang berbeda dibandingkan potongan berlian lainnya. Melalui artikel ini, akan dibahas lebih dalam tentang serba-serbi Princess Cut.

Apa Itu Princess Cut?

Dilansir dari Gem Society, berlian atau batu intan potongan princess terlihat persegi dari atas, tetapi berbentuk seperti piramida terbalik dengan pola chevron dua hingga empat di bagian bawah potongan.

Intan dengan potongan Princess Cut adalah yang kedua paling dicari untuk cincin pertunangan setelah intan potongan brilliant round.

Kelebihan dan Kekurangan Intan Potongan Princess

Pilihan apakah Anda memilih potongan round atau princess untuk cincin pertunangan Anda, mungkin tergantung pada gaya pribadi. Namun, Anda juga harus mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

Kelebihan dan Kekurangan Intan Potongan Princess (unsplash)
  1. Harga

Bukan rahasia lagi bahwa intan potongan princess lebih murah daripada potongan round. Hal ini dikarenakan bentuk rough diamond (intan mentah) yang octahedral.

Saat pemotong permata membelah rough menjadi dua, mereka dapat memotong dua princess dengan sedikit limbah (kedua bagian tersebut terlihat seperti piramida).

Sebaliknya, intan potongan round lebih banyak membuang rough, sehingga harganya lebih mahal daripada potongan princess.

Perlu diketahui, berdasarkan intan ideal-cut, 1 karat, warna G, dan kejernihan VS2, intan potongan princess bisa 30% lebih murah daripada intan potongan round dengan berat karat yang setara.

  1. Kilau

Intan potongan princess dapat menunjukkan kilauan yang luar biasa. Namun, kilaunya tetap tidak bisa dibandingkan dengan kilau intan potongan round dan tidak ada potongan fancy yang dapat menandingi performa cahayanya yang optimal.

Jadi, meskipun intan potongan princess bisa memiliki kilau yang bagus, kilaunya tidak akan pernah lebih baik daripada intan potongan round yang ideal.

  1. Ukuran

Jika Anda membandingkan intan potongan princess dan round dengan berat karat yang sama, Anda akan melihat bahwa intan potongan round memiliki luas permukaan atas yang sedikit lebih besar.

Namun, intan potongan princess seringkali terlihat lebih besar karena memiliki diagonal yang sangat besar.

Meskipun demikian, Anda tetap bisa mendapatkan intan potongan princess yang jauh lebih besar daripada intan potongan round dan tetap sesuai dengan anggaran cincin pertunangan Anda.

  1. Tingkat Keawetan

Karena sudut intan potongan princess dapat tersangkut, maka rentan terkelupas. Sudutnya harus selalu dilindungi dengan prong (cabang) untuk mengurangi risiko kerusakan pada batu.

Namun, meskipun intan potongan round juga bisa terkelupas, intan ini tidak memiliki titik lemah yang mudah terkelupas.

Dengan demikian dapat disimpulkan jika kilau berlian terutama berasal dari kualitas potongannya. Sayangnya, Anda akan menemukan evaluasi potongan princess sedikit lebih sulit daripada evaluasi potongan bundar.

Selain itu, Kebanyakan laboratorium gemologi tidak menilai kualitas potongan untuk potongan fancy, termasuk princess.

Meskipun situs web James Allen dan Blue Nile memberikan nilai kualitas potongan untuk potongan princess, namun nilainya kurang kuat dibandingkan dengan potongan bundar.

Selain apa itu princess cut, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi