Mengenal Dasa Darma Pramuka, Tuntunan Luhur bagi Seluruh Anggota

| 02 Apr 2024 21:33
Mengenal Dasa Darma Pramuka, Tuntunan Luhur bagi Seluruh Anggota
Ilustrasi pramuka. (Antaranews)

ERA.id - Bagi yang mengikuti kegiatan pramuka, tentunya sudah mengenal Dasa Darma Pramuka. Dasa darma menjadi bagian pendidikan dasar dari Gerakan Pramuka. Simak isi dasa darma pramuka di bawah ini.

Dikutip ERA dari laman resmi Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta, dasa darma termasuk dalam kode kehormatan Pramuka yang juga dimuat dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Kode kehormatan bagi anggota Pramuka disesuaikan dan ditentukan dari usia dan perkembangan spiritual dan fisik para anggota.

Dasa darma terdiri dari 10 nilai yang wajib dihayati, dimiliki, dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari seorang anggota Gerakan Pramuka di masyarakat. Nilai-nilai inilah yang dijadikan acuan untuk membentuk anggota Gerakan Pramuka agar mempunyai kepribadian yang mulia.

Apa Saja Isi Dasa Darma Pramuka?

Adapun bunyi isi Dasa Darma Gerakan Pramuka antara lain:

  1. Takwa kepada Tuhan yang Maha Esa.
  2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.
  3. Patriot yang sopan dan kesatria.
  4. Patuh dan suka bermusyawarah.
  5. Rela menolong dan tabah.
  6. Rajin, terampil dan gembira.
  7. Hemat, cermat dan bersahaja.
  8. Disiplin, berani dan setia.
  9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya.
  10. Suci dalam pikiran, perkataan maupun perbuatan.
Ilustrasi. (Pixabay)

Mengkaji Makna Dasa Darma Pramuka

Selain hapal dan mengetahui bunyi dari isi Dasa Darma, anggota Gerakan Pramuka juga wajib memahami makna dari isi Dasa Darma tersebut. Hal ini perlu dilakukan agar anggota mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Mengutip Digital Repository Universitas Jember, di bawah ini adalah makna dari masing-masing poin Dasa Darma Pramuka:

1. Takwa Kepada Tuhan yang Maha Esa

Sebagai manusia yang beragama, sudah menjadi kewajiban untuk menjalani apa pun yang sudah ditentukan Tuhan. Begitupun dengan anggota Pramuka, wajib menjaga ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dengan melakukan semua perintah-Nya dan menjauhi apa pun yang menjadi larangan-Nya.

2. Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia

Tuhan menciptakan semua hal yang ada di Bumi ini untuk kesejahteraan manusia. Oleh sebab itu, manusia harus menjaga dan melestarikan apa pun yang sudah diberikan Tuhan.

3. Patriot yang Sopan dan Kesatria

Patriot mengandung makna putra tanah air sebagai warga negara Indonesia. Anggota Pramuka adalah putra bangsa yang harus baik budinya, setia dan siaga dalam membela tanah airnya. Memiliki sikap dan karakter yang sopan serta menghormati orang lain khususnya kepada orang yang lebih tua.

4. Patuh dan Suka Bermusyawarah

Patuh berarti juga setia, dan bersedia menjalankan hal apapun yang sudah disepakati dan ditentukan. Adapun musyawarah adalah hal yang wajib dilakukan dalam menentukan keputusan sebagai kesepakatan bersama dengan mempertimbangkan pendapat dan menghargai pendapat yang lain.

5. Rela Menolong dan Tabah

Manusia dilahirkan salah satunya sebagai makhluk sosial yang tidak akan mampu hidup tanpa bantuan orang lain, oleh sebab itu sebagai anggota Pramuka yang baik maka sudah menjadi kewajiban untuk saling tolong menolong bagi siapa pun yang membutuhkan. Sementara tabah adalah sikap apabila seorang pramuka mendapatkan kesulitan. Meski  sedang dalam kesulitan, tidak boleh bagi anggota begitu saja menyerah.

6. Rajin Terampil dan Gembira

Rajin mengandung makna bahwasanya seseorang harus menjaga api semangat dalam menjalani kegiatan apapun dan tidak boleh bermalas-malasan. Adapun terampil mempunyai makna bahwasanya seseorang harus mampu berkreasi atau menciptakan sesuatu yang baru dari apa saja yang sudah dipelajari.

7. Hemat Cermat dan Bersahaja

Memiliki makna bahwa seseorang tidak boleh boros dan berusaha hemat dalam mengatur segala kebutuhan, rajin menabung, dan juga bersikap sederhana serta tidak berlebihan dalam hal apapun.

8. Disiplin Berani dan Setia

Seorang pramuka harus selalu disiplin dengan menaati peraturan dan tata tertib yang berlaku, berani dalam menentukan keputusan tanpa ada rasa ragu sedikitpun, serta setia dan patuh terhadap pertimbangan dan peraturan yang berlaku.

9. Bertanggung Jawab dan Dapat Dipercaya

Ketika seorang pramuka mendapatkan amanah, maka ia harus bertanggung jawab dengan apa yang sudah ditugaskan. Selain itu, ia tidak boleh berbohong dan menjaga segala perbuatannya dan perkataannya.

10. Suci dalam Pikiran, Perkataan, dan Perbuatan

Makna dalam poin ini yaitu harus selalu menanamkan pemikiran yang baik dan bersih dari segala buruk. Selalu waspada dengan segala perkataannya dengan mengendalikan diri dari ucapan yang tidak pantas. Serta selalu menjaga diri untuk tidak melakukan perbuatan buruk yang melanggar dan menimbulkan dampak tidak baik terhadap orang lain.

Demikianlah penjelasan sederhana dalam mengenal Dasa Darma Pramuka. Dengan memahami dan mengamalkan ajaran dasa darma tersebut, seorang anggota Pramuka tentunya akan menjadi insan yang berkepribadian luhur dan bermanfaat di mana pun.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi