Mengenal Pneumothorax, Penyakit yang Diidap Winter aespa hingga Harus Operasi

| 13 Apr 2024 20:00
Mengenal Pneumothorax, Penyakit yang Diidap Winter aespa hingga Harus Operasi
Winter aespa. (Instagram/@imwinter)

ERA.id - Winter, salah satu anggota girl group aespa baru saja menjalani operasi pneumothorax dan sedang dalam masa pemulihan. Hal tersebut disampaikan oleh agensinya, SM Entertainment, Jumat (12/4/2024).

"Karena Pneumothorax adalah gangguan yang rentan kambuh, operasi dilakukan sebagai tindakan pencegahan sesuai dengan pendapat dokternya," pernyataan agensi dilansir dari Soompi.

Penyakit yang diidap oleh Winter aespa ini pun kini mencuri perhatian publik. Dilansir dari Aicare, pneumothorax dikenal juga dengan paru-paru kempis.

Penyakit ini terjadi ketika ada udara yang bocor ke rongga pleura. Pleura adalah selaput tipis antara paru-paru dan dinding dada. Udara yang masuk ke rongga pleura akan menumpuk dan menekan paru-paru sehingga menyebabkan paru-paru kempis.

Penyebab dari pneumothorax dipengaruhi oleh beberapa faktor. Mulai dari adanya cedera pada dada, beberapa prosedur medis, atau kerusakan yang dipicu oleh penyakit paru-paru lainnya. Penyakit ini juga bisa muncul tanpa ada sebab yang pasti.

Pada penderita pneumothorax, gejala yang sering dialami adalah nyeri dada yang tiba-tiba, hingga sesak napas. Tingkat parahnya gejala bergantung pada seberapa berat kondisi paru-paru yang mengalami kolaps.

Pneumothorax merupakan kondisi yang kadang bisa mengancam keselamatan jiwa seseorang. Oleh karena itu, jika mengalami gejala nyeri dada parah dan sudah bernapas, sebaiknya segera mencari pertolongan medis untuk penanganan lebih lanjut.

Rekomendasi