Zaskia Adya Mecca Bocorkan Biaya Pernikahan dengan Hanung, Cuma Habis Rp7,5 Juta

| 14 Apr 2024 20:30
Zaskia Adya Mecca Bocorkan Biaya Pernikahan dengan Hanung, Cuma Habis Rp7,5 Juta
Zaskia Adya Mecca (Instagram/zaskiadyamecca)

ERA.id - Media sosial dihebohkan dengan video Zaskia Adya Mecca yang mengaku cuma menghabiskan biaya sebesar Rp7,5 juta rupiah untuk biaya pernikahannya dengan sutradara ternama Hanung Bramantyo. Ia merasa budaya yang membuat seseorang sulit untuk menikah.

Zaskia mengaku kasihan dengan orang Indonesia lantaran memiliki budaya pernikahan yang tak mudah.

Ia menyayangkan budaya pernikahan di Indonesia yang ribet dan mahal. Zaskia tak setuju dengan konsep budaya pernikahan.

"Aku nggak habis pikir orang mau nikah keluar duit banyak karena orang Indonesia tuh kasihan loh, budaya kita membuat pernikahan itu menjadi sulit dan jadi mahal," ucap Zaskia, dikutip dari akun Instagram @rumpi_gosip.

Ibu anak enam ini menyindir biaya pernikahan di Indonesia yang dinilai memberatkan. Baginya, pernikahan yang mengikuti budaya memberatkan calon pengantin. Padahal yang terpenting mengikuti ajaran dari agama tersebut.

"Budaya dan syariat ketika disatukan itu kan syariat itu sebenarnya simpel banget kadang-kadang budaya itu membuatnya jadi sulit gitu sedangkan yang kita butuhkan syariatnya ini yang penting sah aja ngikutin apa yang Rasulullah lakukan," imbuh Zaskia.

"Bahkan sayidina Ali ketika menikah juga kan enggak ada apa-apa, dikasih baju perangnya Rasulullah buat mahar gitu kan. Jadi sebenarnya simpel," lanjutnya.

Bintang film Hijab ini juga menemukan kasus pasangan yang terpaksa berhutang demi menggelar pesta pernikahan mewah dan megah. Padahal, pasangan yang menikah nantinya memulai hidup baru dengan memiliki finansial tercukupi.

"Banyak orang Indonesia ketika nikah akhirnya terbebani jadi hutang terus padahal nikah itu adalah memulai hidup baru dari nol sama seseorang gitu. Harusnya punya modal yang banyak, modal malah habis buat acara satu malam," papar Zaskia.

Perempuan berusia 37 tahun ini ingin mengubah stigma masyarakat Indonesia yang selalu melihat contoh pernikahan publik figur. Sebab, selama ini publik figur selalu menyelenggarakan pernikahan mewah.

"Aku ngalamin banget ya aku nikah dengan Rp 7,5 juta itu siapa aja yang datang aku lupa, saking banyaknya. Aku mau mengubah aja," tutur Zaskia.

"Karena kalau yang nikah public figure orang banyak yang ngelihat, jadi standar. Aku pengin bisa contohin orang lain bahwa nikah dengan 7,5 juta cukup." lanjutnya.

Diketahui, pernikahan Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo terkesan dilangsungkan secara mendadak.

Resmi menikah dengan Hanung Bramantyo pada September 2009, saat itu usia Zaskia baru 22 tahun, bahkan pernikahan yang terkesan digelar secara mendadak itu sempat diterpa rumor tak sedap. Kini pernikahannya dengan Hanung Bramantyo telah memasuki tahun ke 14 dan telah dikaruniai enam orang anak. 

Tags :
Rekomendasi