Jenis Teh untuk Kesehatan Kulit, Bisa Jadi Skincare Alami

| 12 Mar 2024 05:03
Jenis Teh untuk Kesehatan Kulit, Bisa Jadi Skincare Alami
Jenis teh untuk kesehatan kulit (unsplash)

ERA.id - Selain perawatan dari luar, kesehatan kulit juga dipengaruhi oleh apa kita konsumsi, salah satunya adalah minuman teh. Lantas apa saja jenis teh untuk kesehatan kulit yang efektif?

Teh tak hanya sekadar minuman penghangat yang nikmat. Ternyata, berbagai jenis teh menawarkan manfaat luar biasa untuk kesehatan kulit, bahkan bisa membantu melawan penuaan dini! Artikel ini akan membahas berbagai jenis teh yang bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Jenis Teh untuk Kesehatan Kulit

Mari kita bahas beberapa jenis teh yang patut dicoba untuk kulit yang sehat dan bercahaya:

  1. Teh Hitam

Teh hitam kaya akan flavonoid yang bermanfaat untuk kesehatan jantung, menurunkan kadar gula darah, dan meningkatkan umur panjang. Teh hitam juga dapat membantu menjaga kesehatan usus dan mengurangi kerutan pada kulit.

  1. Teh Melati

Teh jenis ini mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan fungsi otak, mengurangi kerusakan gigi, serta membantu menurunkan berat badan.  Selain itu, teh melati dapat meningkatkan mood dan membuat Anda merasa lebih baik.

Teh Melati banyak mengandung antioksidan (unsplash)
  1. Teh Elderberry

Teh ini kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi stres oksidatif, peradangan, melindungi kulit dari sinar UV, dan menjaga kesehatan jantung. 

Beberapa penelitian juga menunjukkan teh elderberry dapat membantu melawan obesitas, sehingga membantu menjaga berat badan ideal dan memperlambat proses penuaan.

  1. Teh Hibiscus

Dibuat dari bunga hibiscus yang berwarna cantik seperti jus cranberry.  Teh ini kaya antioksidan yang dapat melawan peradangan, menurunkan tekanan darah dan kolesterol, serta membantu detoksifikasi hati.  

Teh Hibiscus juga bermanfaat untuk mengontrol berat badan dan kadar lemak darah, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, kKandungan beta-karoten dalam teh hibiscus dapat menghambat penuaan jaringan dan organ tubuh, sehingga membuat Anda terlihat awet muda.

Bagi Anda yang sedang melakukan perawatan wajah, baca juga artikel berjudul : Micellar Water untuk Kulit Sensitif

  1. Teh Oolong

Teh tradisional asal Tiongkok ini bermanfaat bagi penderita diabetes, menjaga kesehatan otak dan jantung, serta meredakan eksim.  Senyawa dalam teh oolong juga dapat mengurangi peradangan tubuh dan gejala depresi. 

Selain itu, teh oolong juga mengandung kafein yang dapat menjadi pilihan untuk meningkatkan energi di siang hari (bahkan lebih banyak manfaatnya dibandingkan dengan kopi). 

Tidak hanya itu, teh oolong juga dipercaya dapat mencerahkan kulit, mengurangi kerutan halus, dan bahkan memudarkan bintik-bintik penuaan.

  1. Teh Cengkeh

Selain dapat mengurangi sakit gigi, cengkeh juga memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan. 

Teh cengkeh dapat membantu membersihkan saluran pernapasan, meredakan sakit tenggorokan, mengurangi iritasi kulit, mengatur kadar gula darah, dan meningkatkan kesehatan hati.

  1. Teh Hijau

Teh hijau tak hanya sekadar minuman penghangat tubuh. Namun sebagai minuman, teh hijau kaya akan antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan secara menyeluruh.

Selain itu, kandungan hidrasi dalam teh hijau juga mendorong kesehatan kulit  dan menjaga tekstur alami dan kekenyalannya.

Penelitian menunjukkan bahwa minum teh hijau dapat membantu mempertahankan kilau awet muda berkat sifat antioksidan dan pelindungnya.

Teh hijau yang dioleskan secara langsung ke kulit juga menawarkan manfaat yang lebih. Sifat antioksidannya dapat membantu menenangkan kulit, sementara kandungan tanin alaminya dapat mengecilkan pori-pori dan mengurangi rasa berminyak pada kulit.

Selain jenis teh untuk kesehatan kulit, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi