Tuai Kontroversi, Nama Fandom ILLIT Akan Diubah

| 22 Apr 2024 20:56
Tuai Kontroversi, Nama Fandom ILLIT Akan Diubah
ILLIT (Instagram/illit_idn)

ERA.id - Nama fandom dari girl group ILLIT menuai kontroversi sejak diumumkan hingga akhirnya akan diubah. Sebelumnya kelima anggota grup tersebut mengumumkan bahwa nama fandom resmi mereka adalah LILLY.

Namun, nama tersebut diprotes netizen karena dinilai mirip dengan sejumlah pihak, salah satunya nama anggota NMIXX, Lily. Nama itu juga disebut sangat mirip dengan nama fans solo Lisa BLACKPINK yakni Lilie atay Lilies.

Para penggemar dari mereka sontak langsung melontarkan kepada agensi yang menaungi ILLIT, yakni HYBE dan BE:LIFT. Mereka meminta nama fandom ILLIT diubah dan menyayangkan hal tersebut.

“Kami adalah Lilies. Lilies untuk Lisa. Lilies fandom solo Lisa,” komentar netizen di Twitter.

“Ini malah mengingatkanku pada Lily NMIXX,” ucap yang lain.

“Mereka benar-benar peniru,” tambah yang lainnya.

Usai menuai protes dan kontroversi netizen, nama fandom ILLIT akhirnya akan diubah. Hal ini disampaikan langsung oleh agensi BE:LIFT lewat pernyataan resmi, pada Senin (22/4/2024).

“Kami memutuskan untuk menggantinya setelah melihat banyaknya kekhawatiran yang sudah ditimbulkan. Nama fan club baru akan dipilih dari beberapa daftar yang sudah ada dan akan segera diumumkan. Kontes penamaan tidak akan dilakukan kali ini,” pernyataan agensi dilansir dari Koreaboo.

Agensi juga menyatakan permintaan maaf atas kontroversi yang ditimbulkan dari pengumuman nama fandom dari ILLIT.

“Kami dengan tulus meminta maaf atas kekacauan yang terjadi dan menghargai pengertian kalian. Terima kasih,” pungkas agensi.

Rekomendasi