Mahalini dan Rizky Febian Nikah Beda Agama, Ketua MUI: Tidak Sah, Berzina Menurut Islam

| 04 May 2024 09:35
Mahalini dan Rizky Febian Nikah Beda Agama, Ketua MUI: Tidak Sah, Berzina Menurut Islam
Rizky Febian dan Mahaliki (Instagram/@rizkyfbian)

ERA.id - Pasangan Mahalini dan Rizky Febian rencananya akan melangsungkan pernikahan di Bali pada Minggu, 5 Mei 2024. Mengetahui kabar itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH M. Cholil Nafis menegaskan jika pernikahan tidak sah dan berzina.

Cholil Nafis menanggapi berita yang membahas rencana pernikahan Mahalini dan putra sulung komedian Sule. Cholil Nafis menyoroti perbedaan agama perempuan berusia 24 tahun ini dengan Rizky Febian.

Pria kerap disapa Kiyai Cholil ini mengingatkan pernikahan berbeda keyakinan tidak diperbolehkan menurut ajaran Islam. Cholil Nafis mengatakan ada konsekuensi jika pelantun lagu "Sial" dan Rizky Febian tetap melangsungkan pernikahan.

Menurutnya, pernikahan Mahalini dan pria berusia 26 tahun ini tidak sah. Apabila keduanya berhubungan suami istri, mereka dianggap berzina. Mengingat, Mahalini memeluk agama Hindu dan pelantun lagu "Cuek" ini seorang Muslim.

"Nikah beda agama menurut Islam itu tidak sah. Pemerintah hanya melakukan pencatatan nikah, bukan mengesahkan akad nikahnya. Artinya, perkawinan beda agama itu saat hubungan suami istri sama dengan berzina menurut ajaran Islam," tulisnya, dikutip dari akun X atau Twitter @cholilnafis.

Cuitan itu dibanjiri respon netizen. Sebagian netizen sependapat dengan cuitan Cholil Nafis yang mengharamkan pernikahan beda agama. Namun, sebagian netizen justru tak masalah Rizky Febian dan Mahalini melangsungkan pernikahan beda agama.

"Yang diterangkan Pak kyai disini Zina menurut ajaran Islam... Tidak ada perdebatan untuk itu. Untuk yg non Islam .. mau berpendapat untuk "pembenaran" silahkan saja.. Jangan juga menyalahkan Hukum Zina yg dipahami oleh Kami para Muslim," tulis akun @aderahman230

"Bagi mereka zina atau bukan kan yg penting hukum pak kyai, yg penting sudah di ingatkan. Agama udah melarang. Tugas kita didik anak kita tidak seperti mereka," komentar akun @doni***

"Komen mulu sama hidup orang risih tau gak. Toh hukum di indo hukum pancasila bukan syariat islam, selama tidak melanggar hukum yg berlaku yaudah sah sah saja," kata akun @hardne****

"Yang nikah dia. Yang gak paham agama dia. Yang nnti dosa dia. Yang nnti masuk neraka dia. Kenapa kalian yg ribut sih. Bingung Bukan saat nya ngurusin orang lain, Ngurus diri sendiri dulu aja, udh baik belom nya.amalan ibadah nya udah baik dan benar belum." ungkap akun @Suhe91****

Selain di Bali, kedua penyanyi ini juga menggelar acara pernikahan di Jakarta setelah melangsungkan upacara adat pernikahan di Bali. Rizky Febian dan Mahalini sama-sama mengubah foto profil akun Instagram masing-masing dengan gambar hasil kecerdasan buatan (AI) dengan latar berwarna biru.

Keduanya mengunggah video singkat dengan gambar dan latar yang sama. Video itu menggunakan lagu duet mereka yang berjudul Bermuara. Rizky Febian dan Mahalini kompak menuliskan tagar "#beRMuara" di bagian keterangan.

Rekomendasi