Mendiang Goo Hara Punya Peranan Penting untuk Membongkar Kasus Burning Sun

| 20 May 2024 18:15
Mendiang Goo Hara Punya Peranan Penting untuk Membongkar Kasus Burning Sun
Mendiang Goo Hara (Instagram/koohara__)

ERA.id - Nama mendiang Goo Hara disebut dalam dokumenter yang dirilis oleh BBC mengenai skandal Burning Sun, yang terkuak pada 2019 lalu. Burning Sun merupakan skandal kekerasan seksual Korea Selatan, yang melibatkan selebriti ternama dan pejabat polisi setempat. 

Pada dokumenter disebutkan, semasa hidupnya, Goo Hara membantu mengungkapkan identitas polisi korup yang terlibat dalam kasus tersebut. Reporter SBS, Kang Kyung Yoon dalam dokumenter bercerita, ia mengalami kebuntuan saat mengusut kasus Burning Sun.

Kang Kyung Yoon tidak berhasil mendapatkan identitas polisi yang diduga menutupi kejahatan Jung Joon Young, Seungri eks BIGBANG, hingga mantan gitaris FT Island Choi Jong Hoon. Kesulitan Kang Kyung Yoon ini akhirnya teratasi dengan bantuan dari mendiang Goo Hara.

“Kemudian Hara muncul dan membukakan pintu untukku. Saya masih ingat hari itu dia berbicara ‘reporter ini Hara. Saya ingin membantu Anda’,” tutur Kang Kyung Yoon.

Kang Kyung Yoon mengatakan, Hara mengetahui tentang kasus tersebut karena ia berteman lama dengan Choi Jong Hoon. Hara juga mengenal Seungri dan Jung Joon Young. 

Hubungan pertemanan itulah membuat Hara mengetahui isi ponsel mereka. Kang Kyung Yoon mengatakan , saat itu Hara mengaku mengetahui kalau mereka memiliki grup chat mencurigakan.

“Dia (Hara) berkata, ‘mereka punya beberapa hal yang sangat aneh di sana (grup chat),” tuturnya.

Goo Hara kemudian disebut membujuk Choi Jong Hoon untuk memberitahukan identitas polisi yang dicari sang reporter. Bujukan Goo Hara membuahkan hasil hingga akhirnya terungkap polisi itu bernama Yoon Kyu Keun.

“Saya dengar dia saat ini bertugas di kediaman presiden. Dia pernah bekerja di kepolisian,” ungkap Choi Jong Hoon kepada Kang Kyung Yoon lewat telepon dalam dokumenter tersebut. 

Mendapat jalan keluar dari kesulitannya memecahkan kasus tersebut lewat bantuan Goo Hara, Kang Kyung Yoon merasa berterima kasih. Ia menyebut sang mendiang adalah perempuan pemberani.

“Hara adalah perempuan yang sangat pemberani. Dia juga berkata kepadaku ‘saya juga merupakan seorang korban revenge porn’,” pungkas Kang Kyung Yoon.

Di tahun yang sama munculnya kasus Burning Sun, Goo Hara meninggal dunia di usia 28 tahun pada 24 November. Ia ditemukan tak bernyawa di rumahnya dan dinyatakan meninggal karena bunuh diri. 

Sebelum meninggal dunia, mantan anggota girl group KARA ini menjadi korban pelecahan dan pemerasan oleh kekasihnya, Choi Jong Bum. Pria itu akhirnya dihukum penjara setahun atas kasus tersebut.

Sementara itu, dokumenter Burning Sun yang baru dirilis BBC memuat lengkap proses penyelidikan kasus tersebut pada 2019 lalu dan bukti-bukti kejahatan para pelaku yang terlibat. Mulai dari bukti grup chat, rekaman suara, hingga rekaman video termasuk yang menampilkan Seungri eks BIGBANG berlaku kasar kepada perempuan. 

Rekomendasi