Tak seperti Artis-Artis, Ini 6 Pengobatan Atasi Sinus Tanpa Operasi Hidung

| 12 Jul 2024 15:50
Tak seperti Artis-Artis, Ini 6 Pengobatan Atasi Sinus Tanpa Operasi Hidung
Deretan artis operasi hidung untuk atasi sinus (Instagram)

ERA.id - Belakangan ini, fenomena artis operasi hidung gegara penyakit sinus ramai diperbincangan publik. Mulai dari Mahalini, Rizky Febian, Sarwendah, hingga Nikita Mirzani. Rupanya, ada cara mengatasi sinus tanpa harus operasi hidung.

Penyakit sinusitis adalah masalah saluran pernapasan berupa peradangan pada jaringan selaput sinus yang terletak di sekitar tulang wajah. Ketika sinusitis mencapai tingkat akut, dapat mengganggu indra penciuman hingga menyebabkan anosmia, yaitu hilangnya kemampuan mencium bau. 

Pada kebanyakan kasus, sinusitis yang terjadi akibat infeksi virus bisa sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan. Berikut 6 pilihan obat yang bisa mengatasi sinus tanpa oplas, seperti dilansir dari laman Mayo Clinic.

1. Kortikosteroid 

Semprotan hidung ini membantu mencegah dan mengobati pembengkakan. Kortikosteroid tersedia tanpa resep. Contohnya termasuk fluticasone (Flonase Allergy Relief, Xhance), budesonide (Rhinocort Allergy), mometasone (Nasonex 24HR Allergy) dan beclometasone (Beconase AQ, Qnasl, lainnya).

2. Bilas hidung dengan NeilMed Sinus Rinse 

Gunakan botol cuci hidung khusus seperti NeilMed Sinus Rinse atau pot neti. NeilMed Sinus Rinse menggunakan botol peras atau botol semprot yang dirancang khusus dengan larutan garam yang telah dicampur sebelumnya, sehingga lebih mudah mengontrol aliran dan sudut pembilasan. 

Sebaliknya, neti pot adalah perangkat kecil seperti teko yang mengharuskanmu memiringkan kepala secara manual dan menuangkan larutan garam melalui satu lubang hidung, sehingga mengalir keluar dari lubang hidung lainnya. Hal ini dapat membantu membersihkan sinus. 

3. Suntikan atau pil kortikosteroid

Obat-obatan ini meringankan sinusitis parah, terutama bagi mereka yang memiliki polip hidung. Suntikan dan pil dapat menyebabkan efek samping yang serius ketika digunakan dalam jangka panjang. Jadi, kamu bisa gunakan untuk mengobati ketika sedang alami gejala yang parah.

4. Obat-obatan alergi sinustis

Menggunakan obat-obatan dapat mengurangi gejala alergi sinusitis yang disebabkan oleh alergi.

5. Pengobatan desensitisasi aspirin

Ini untuk orang yang bereaksi terhadap aspirin dan reaksinya menyebabkan sinusitis dan polip hidung. Di bawah pengawasan medis, orang-orang menerima dosis aspirin yang lebih besar untuk meningkatkan kemampuan mereka ketika meminumnya.

6. Obat untuk mengobati polip hidung dan sinusitis kronis

Jika kamu memiliki polip hidung dan sinusitis kronis, suntikan dupilumab (Dupixent), omalizumab (Xolair) atau mepolizumab (Nucala) dapat mengurangi ukuran polip hidung dan mengurangi rasa hidung tersumbat.

Rekomendasi