Pernikahan Mewah Anant Ambani Jadi Sorotan, Simak 5 Tips Hemat Budget Gelar Resepsi tapi Tetap Terlihat Mewah

| 15 Jul 2024 19:50
Pernikahan Mewah Anant Ambani Jadi Sorotan, Simak 5 Tips Hemat Budget Gelar Resepsi tapi Tetap Terlihat Mewah
Pernikahan Anant Ambani dan Radhika Merchant

ERA.id - Sampai saat ini, pernikahan mewah Anant Ambani dan Radhika Merchant masih menjadi perbincangan publik. Pasangan ini sudah menyelenggarakan rangkaian pesta pernikahan sejak Maret 2024. Bahkan, ia mengundang Rihanna hingga Justin Bieber untuk menyanyi di acara pernikahannya.

Dilansir dari laman CNBC International, Ambani adalah putra bungsu dari Crazy Rich India, Mukesh Ambani, bos konglomerat India Reliance Industries.

Total biaya pernikahan tersebut diperkirakan antara USD 132 juta (Rp2,1 triliun) hingga USD 156 juta (Rp2,5 triliun). Perkiraan biaya pernikahan ini menurut laporan dari BBC, meskipun keluarga belum mengungkapkan angkanya.

Kemewahan termasuk acara pra-pernikahan bertabur bintang selama tiga hari semenjak bulan Maret di kampung halaman keluarga tersebut di Jamnagar, negara bagian Gujarat, India. Dihadiri sebanyak 1.200 tamu yang terdiri dari pesohor dunia, termasuk Mark Zuckerberg (CEO Meta) dan bintang Bollywood Shah Rukh Khan.

Karishma Manwani, seorang perencana pernikahan mewah di London yang bekerja dengan keluarga kaya, mengatakan kliennya biasanya menghabiskan antara 200.000 poundsterling (Rp4,1 miliar) dan 1 juta poundsterling (Rp20,9 miliar) untuk perayaan pernikahan.

Sementara itu, Priya Suglani, pendiri perusahaan acara dan perencanaan pernikahan Pristine Events, mengatakan bahwa pernikahan itu cenderung menghabiskan antara 40.000 poundsterling (Rp836,6 juta) hingga 130.000 (Rp2,7 miliar).

Tips gelar resepsi pernikahan hemat budget tapi tetap terlihat mewah

Ilustrasi tips resepsi pernikahan
Ilustrasi tips resepsi pernikahan (Freepik)

Melihat betapa mewahnya pernikahan Crazy Rich India itu, menurut Manwani dan Suglani, pernikahan yang indah tidak harus mahal dan ada cara tertentu agar resepsi digelar dengan anggaran yang jauh lebih kecil, namun tetap terlihat mewah dan berkesan.

Berikut 5 tips menyelenggarakan pernikahan mewah tanpa menghabiskan banyak uang.

1. Optimalkan daftar tamu

Mengundang semua orang yang dikenal ke pesta pernikahan memang sangat diinginkan, namun menyempurnakan daftar tamu akan memangkas biaya dan memungkinkanmu membelanjakan lebih banyak untuk kebutuhan lain yang lebih penting.

"Cobalah dan hadirkan orang-orang yang benar-benar diinginkan di sana dan orang-orang yang akan dirindukan jika kamu tidak melihat mereka di lantai dansa malam itu," ujar Karishma.

Priya Suglani mengatakan ada tren yang berkembang dalam industri pernikahan yang mengundang lebih sedikit orang, namun menyebar ke area lain.

"(Orang-orang) sekarang memiliki daftar tamu sebanyak 200 orang sehingga mereka dapat melakukan hal-hal lain yang tidak akan mereka dapatkan sebelumnya jika mereka mengundang 500 orang," tuturnya Priya.

2. Buat sendiri

Priya Suglani menyarankan agar kamu cerdas dan kreatif dalam hal efektivitas biaya, dan hal ini bisa melibatkan pembuatan sendiri di rumah.

"Saat ini kamu dapat melakukan hal-hal seperti membuat alat tulis sendiri dan mencetaknya," jelasnya.

3. Pertimbangkan untuk menggelar resepsi pernikahan di hari libur

Manwani menyarankan pasangan untuk sefleksibel mungkin dengan tanggal pernikahan untuk menghemat banyak uang.

"Pertimbangkan pernikahan di hari kerja. Jangan pergi pada puncak hari libur bank pada hari Sabtu di Inggris, karena harga tempat akan jauh lebih mahal. Pemasok akan lebih banyak diminati. Jadi tidak ada yang mau bernegosiasi. Tidak ada seorang pun yang mau memberimu banyak hal,” katanya.

"Tetapi jika kamu pergi di luar jam sibuk, pada hari kerja… pemasok bebas pada hari itu. Mereka akan dengan senang hati memberi kamu penawaran bagus dan cocok. Jadi, kamu akan mendapatkan pemasok terbaik, kamu akan mendapatkan tempat yang diinginkan dengan harga yang wajar tanpa membayar mahal," lanjutnya.

4. Selenggarakan sejumlah acara di rumah

Jika kamu merencanakan berbagai acara prewedding seperti keluarga Ambani, menurut Manwani mengadakannya di rumah adalah cara yang nyaman dan murah.

"Lakukan di halaman belakang rumah daripada mengadakan keseluruhan acara, karena setiap kali kamu punya tempat, ada minimal pembelanjaan di sana dan kamu harus menyediakan banyak barang dan kamu ingin mendapat lebih banyak tamu karena tempat tersebut bisa menampung 100 tamu jadi kamu akhirnya akan mengundang 100 tamu," katanya.

"Tetapi jika kamu melakukannya di rumah dan hanya dapat menampung 25 tamu, kamu akan tetap mengikuti daftar itu," tambahnya.

5. Gunakan hiasan bunga replika

Rangkaian bunga dapat membuat pernyataan besar di acara pernikahan, namun bunga segar bukanlah satu-satunya pilihanmu.

"Saat ini kami memiliki pilihan bunga palsu yang menakjubkan dan masih memberikan kesan dramatis serta menarik, namun harganya jauh lebih murah," kata Suglani.

Sementara, Manwani mengatakan bunga segar adalah suatu keharusan untuk pernikahan, maka pertimbangkan musimnya.

"Beberapa pengantin datang kepada saya, dan mereka memiliki bunga favorit, tetapi ini bukan musimnya. Jadi kita harus impor dari Belanda atau dari negara lain. Namun jika kamu bermain-main dengan apa yang tersedia pada waktu itu, kamu akan mendapatkan tampilan yang indah tanpa harus membayar mahal untuk logistik yang tidak dilihat oleh siapa pun," ucap Manwani.

Rekomendasi