Manfaatkan Fitur E-Commerce, Ria Ricis Beri Tips saat Jualan Live agar Raup Cuan Banyak

| 19 Jul 2024 21:30
Manfaatkan Fitur E-Commerce, Ria Ricis Beri Tips saat Jualan Live agar Raup Cuan Banyak
Ria Ricis (Dok. Shopee)

ERA.id - Selain menjadi YouTuber, Ria Ricis juga memiliki sejumlah bisnis. Bahkan, mantan istri Teuku Ryan ini jago mengelola bisnis hingga mampu meningkatan pendapatannya. Bisnis yang dijalani mulai dari produk kecantikan, pakaian Muslimah, hingga kue kekinian.

Saat berjualan, Ria Ricis memanfaatkan fitur e-commerce. Ibu anak satu ini banyak meraup keuntungan saat jualan live di toko online. Ria Ricis memanfaatkan Shopee Live dan Shopee Video sejak Januari lalu.

Melalui akun @tokoricisofficial, perempuan muslimah yang akrab disapa Ricis ini sukses memulai peruntungannya menjadi kreator dengan merekomendasikan berbagai produk fesyen muslim lokal hingga berhasil meraup pendapatan yang luar biasa.

"Sudah lebih dari setengah tahun aku aktif menjadi kreator di Shopee Live dan Shopee Video, berbagai jenis konten telah aku kreasikan setiap harinya demi memberikan inspirasi fashion muslim bagi banyak perempuan muslimah di Indonesia. Berawal dari kegemaranku mempromosikan produk fashion dari para UMKM dan brand lokal," ujar Ria Ricis, dari siaran pers Shopee.

"Kreativitasku sebagai kreator berhasil berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan yang signifikan sehingga mampu mencukupi kebutuhan pribadi dan keluarga. Termasuk dapat membeli sejumlah wishlist yang telah aku dambakan selama ini, serta berhasil membuka lapangan pekerjaan baru dengan semakin berkembangnya tim operasional @tokoricisofficial saat ini," tambahnya.

Penasaran bagaimana cara Ria Ricis sukses mengembangkan kreativitasnya menjadi konten kreator di Shopee Live dan Shopee Video? Yuk, simak tips dari Ria Ricis.

Jadwalkan sesi live yang konsisten dan manfaatkan kalender kampanye Shopee

Hal pertama yang penting adalah penentuan jadwal live streaming. Ria Ricis senantiasa memanfaatkan tanggal muda seperti payday, awal bulan, serta tanggal kembar pada puncak kampanye belanja Shopee karena mampu menarik banyak penonton.

Sebelum memulai sesi live, Ricis memberikan informasi reminder kepada para pengikutnya di berbagai media sosial untuk memantau jadwal live streaming terdekat. Saat ini, Ricis rutin mengadakan sesi live di Shopee Live setiap hari dengan rata-rata durasi hingga enam jam. Dengan jadwal rutin, niscaya para penonton akan setia menantikan setiap sesi live kita.

Ciptakan interaksi kuat dengan audiens

Demi menarik perhatian penonton terhadap produk yang direkomendasikan saat live, Ricis memastikan produk yang dipromosikan terlihat jelas di layar agar penonton dapat check-out dengan mudah.

Didukung pencahayaan yang baik, serta latar belakang bersih dan rapi, produk akan terlihat lebih menarik. Selain itu, Ricis juga selalu memberikan kesempatan kepada penonton untuk bertanya dan melihat detail produk seperti warna dan bahan, serta bagaimana produk tersebut terlihat saat dipakai di sesi try-on.

Memberikan informasi produk dengan jelas, mulai dari manfaat, kelebihan, hingga pengalaman pribadi, juga penting untuk memberikan pertimbangan yang kuat bagi penonton untuk membeli.

Pahami kebutuhan para penonton dengan menjadi ‘bestie’ di setiap sesi live

Saat memandu sesi Shopee Live, Ricis memposisikan dirinya sebagai ‘bestie’ yang gemar berbagi inspirasi menemukan fashion journey terbaiknya. Ia suka memberikan ide untuk mix & match modest fashion.

"Tak jarang aku mendapatkan feedback positif dari penonton setia yang telah check-out produk dari sesi live-ku. Untuk mengapresiasi mereka, aku suka mendengarkan pengalaman mereka dengan produk yang dijual," jelas Ricis.

"Seperti 'Kak, baju sudah sampai yah,' lalu saya tanggapi, 'Bagaimana, sudah dipakai? Bagus nggak, Bun?' Hal ini membuat penonton merasa dihargai, terlibat, dan terus engage sama kita," lanjutnya.

Manfaatkan fitur pendukung dari Shopee Live untuk menjaga perhatian penonton

Ricis mengaku juga konsisten mengandalkan berbagai fitur menarik yang disediakan oleh Shopee Live, mulai dari Voucher 30 Detik, yang dapat membangkitkan gairah belanja penonton dengan mengajak mereka mengklaim voucher dan melihat produk yang telah

disematkan selama 30 Detik.

Ada juga fitur Polling yang dapat digunakan untuk melibatkan penonton dalam memilih produk atau promo yang ingin mereka nikmati, hingga, fitur Tanya-Jawab. Dengan memanfaatkan fitur-fitur Prio Push di Shopee Live, kita dapat meningkatkan keterlibatan penonton dan memberikan pengalaman yang lebih interaktif.

Tidak hanya itu, Ria Ricis turut konsisten memaksimalkan kehadiran fitur Shopee Video

dengan berbagi inspirasi busana muslim lewat konten video yang kreatif, berikut simak tipsnya.

Nikmati berbagai template video untuk ciptakan konten video kreatif dengan mudah

Untuk mengoptimalkan konten di fitur Shopee Video, Ria Ricis suka menggunakan template yang tersedia untuk membuat video profesional dan eye-catching dengan mudah. Template ini membantunya mengatur tata letak, gaya, dan elemen penting lainnya dalam video.

Ia juga konsisten menambahkan hingga enam produk rekomendasi ke dalam video, karena penonton akan lebih tertarik dan mudah check-out jika produk yang direview langsung ditampilkan. Selain itu, untuk meningkatkan visibilitas konten di Shopee Video, Ricis selalu memanfaatkan hashtag yang relevan agar kontennya mudah ditemukan oleh pengguna lain.

Susunlah pilar konten yang up to date agar memikat para penonton

Menurutnya dengan memiliki pilar konten yang solid dan konsisten diterapkan, akun Shopee Video kita akan dengan mudah menjadi populer dan top of mind di hari para pengguna atau di setiap kategori yang kita geluti.

"Mayoritas konten aku di Shopee Video merupakan hasil kombinasi dari keseharian rutinitas aku sehari-hari yang ringan, serta konten-konten video bertemakan modest fashion tips untuk berbagai kebutuhan agar tampil menawan dan mix & match busana muslim untuk beragam occasion," tambah Ria Ricis.

Berbicara tentang harapan kedepannya, Ria Ricis percaya Shopee akan terus menjadi trendsetter dalam ekosistem belanja online, khususnya di tengah pesatnya perkembangan live shopping.

Ia berharap Shopee dapat terus menghadirkan lebih banyak peluang baru bagi para penggunanya. Ricis juga berpesan kepada para kreator yang baru memulai perjalanannya agar tidak patah semangat dalam berkreasi.

"Buat teman-teman yang ingin merambah dunia live shopping, teruslah konsisten dalam berkarya dan jangan berkecil hati jika hasil awal konten kita belum sebesar yang diharapkan," ucap Ricis.

"Dengan belajar dari tips yang aku sampaikan di atas, teman-teman dapat memiliki referensi untuk terus berkembang. Ekosistem fitur interaktif Shopee Live, Shopee Video, dan Shopee Affiliate Program merupakan peluang yang sangat berharga untuk dimanfaatkan." lanjutnya.

Rekomendasi