Alasan Mengapa Ikan Cupang Suka Mengeluarkan Banyak Buih?

Tim Editor

Cupang

ERA.id - Anak 90-an mungkin pernah merasakan bagaimana sensasi memelihara ikan cupang aduan atau kontes. Yang jadi pertanyaan sampai sekarang, kok dia beda dari ikan yang lain, soal bikin buih di permukaan akuarium atau toples?

Setidaknya ada tiga alasan mengapa ia suka mengeluarkan buih. Pertama, karena ikan cupang merupakan ikan teritorial, buih tersebut ia jadikan pertanda kalau itu wilayah kekuasaannya. 

Ikan yang menghasilkan buih ialah ikan cupang jantan, buih-buih ini dibuat dengan menelan udara dan meniup gelembung sekresi oral, di dekat permukaan air.

Untuk waktu terbentuknya buih ini, tidak ada batas minamal atau maksimalnya. Semua tergantung kondisi yang mendorong ikan cupang untuk membuatnya.

Alasan kedua sebagai tanda bahwa tempat cupang itu menyenangkan. Hal ini bisa dikarenakan kondisi air tersebut sesuai dengan kondisi yg diharapkan oleh cupang. Bisa jadi karena airnya tidak tercemar, suhu yg optimal (24-29 °C) atau banyak makanan di daerah tersebut.

Alasan ketiga ialah ikan tersebut lagi kawin. Jadi pas waktu ikan cupang lagi masa kawin, cupang jantanlah yang membuat buih tersebut, hal ini bertujuan untuk menaruh telur yang dihasilkan oleh cupang betina, karena pada saat telur sudah keluar, maka cupang jantan akan mengambil telur-telur tersebut untuk dimasukkan ke dalam buih.

Tag: hewan langka

Bagikan :