Berapa Umur Tertua Ikan Cupang dan Seberapa Lama Bisa Bertahan Hidup?

| 17 Dec 2020 11:44
Berapa Umur Tertua Ikan Cupang dan Seberapa Lama Bisa Bertahan Hidup?
Cupang (Wikimedia Commons)

ERA.id - Banyak yang memelihara ikan cupang atau betta, tanpa pemeliharanya tahu sampai berapa lama cupang bisa bertahan hidup. Umur ikan cupang sejatinya sudah dipatok kisaran tahu, mulai dari anakan, muda, sampai tua.

Rata-rata ikan cupang bisa hidup dalam rentan waktu tiga hingga lima tahun, rata-rata. Meski sebagian besar spesies ikan bisa hidup lebih lama di alam liar, hal sebaliknya berlaku untuk ikan cupang. Ikan cupang liar rata-rata hanya hidup sekitar tiga tahun.

Ikan cupang tertua yang pernah tercatat berumur 10 tahun. Rentang hidup mereka memang tidak dapat diulur terlalu jauh, tetapi ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk menjaga cupang peliharaan agar sehat selama mungkin.

Dilansir dari Gerava, cupang dapat hidup selama empat hingga lima tahun dalam kondisi akuarium yang optimal. Ketika dirawat dengan baik, mereka bisa hidup lebih dari satu atau dua tahun dalam habitat baru.

Toko-toko ikan biasanya baru akan menjual ikan cupang jantannya pada umur satu tahun, karena saat itu sirip dan warnanya benar-benar berkembang cerah. Untuk ikan cupang betina, mereka disiapkan untuk dijual sedikit lebih cepat pada usia 6 bulan.

Jika Anda membelinya, Anda masih bisa memelihara ikan cupang tersebut selama setahun atau dua tahun lagi dalam kondisi yang ideal. Anda dapat memperpanjang usia ini selama mungkin dengan menjaga kondisi akuarium yang sempurna.

Tips membeli ikan cupang

Cupang/Wikimedia Commons

Jika ingin membeli cupang, berikut tipsnya. Pertama, hindari ikan cupang di toko yang warnanya pucat, memiliki mata melotot, sirip robek atau rusak, serta memiliki goresan atau cedera pada tubuh mereka.

Itu tandanya, ikan cupang tidak dalam kondisi prima. Jika begitu, ia tidak akan bertahan lama dalam perawatan Anda.

Cari ikan cupang yang memiliki mata jernih dan berwarna cerah, terutama jika mereka jantan. Pilih ikan cupang yang merespons ketika Anda meletakkan tangan Anda di akuarium mereka. Itu adalah pertanda baik bahwa mereka sehat dan aktif. Jika mau, Anda juga boleh bertanya kepada penjual, berapa umur ikan cupang di toko mereka.

Ikan cupang tidak akan bertahan lama dalam akuarium bulat kecil (fishbowl) atau akuarium 1 galon (2,7 liter). Cawan kecil ikan cupang yang sering dijual, sangat merusak kesehatan ternyata. Tapi mau bagaimana lagi, mereka terpaksa dipisahkan dalam wadah untuk mencegah perkelahian di antara ikan cupang jantan.

Makanya, masukkan mereka ke akuarium berukuran tepat, minimal 5 galon (18,9 liter). Perkiraan soal wadah kecil untuk cupang, banyak disalahartikan. Dikira ikan cupang dapat berkembang di sana, seperti perairan dangkal. 

Ini jelas logika yang keliru. Perairan dangkal tersebut panjangnya berkilo-kilometer yang memberi mereka banyak ruang untuk tetap berenang dan aktif.

Akuarium 5 galon atau yang lebih besar adalah jumlah minimum yang Anda butuhkan agar cupang Anda tetap aktif dan sehat. Akuarium berukuran ini juga berlaku untuk peliharaan satu ekor cupang.

Ikan cupang bisa menjadi agresif satu sama lain, terutama jantan, jadi sebaiknya jaga mereka selalu terpisah.

Memasukkan ikan cupang betina ke dalam komunitas cupang jantan adalah hal yang baik, meski Anda membutuhkan akuarium yang lebih besar untuk menampung keduanya. Kalau niat membiakkan keduanya, Anda harus menjaga anak-anaknya dan Anda harus memisahkan mereka dalam suatu periode tertentu.

Tanaman untuk ikan cupang

Cupang/Wikimedia Commons

Tanaman sangat direkomendasikan, karena ikan cupang membutuhkan tempat bersembunyi dan bermain di akuarium. Mereka membutuhkan ruang untuk beristirahat dan bersembunyi setiap kali mereka merasa terancam, lelah, atau stres.

Semakin aktif ikan cupang, semakin cerah dan indah warnanya. Semakin banyak ikan cupang Anda bergerak, maka itu semakin baik.

Banyak orang memelihara ikan cupang dalam akuarium kecil tanpa sirkulasi, filterisasi, atau sistem pemanas. Ini secara dramatis akan mengurangi umur mereka.

Ikan cupang liar biasa hidup dalam suhu 23-26 °C, jadi pastikan akuarium ikan cupang Anda dapat meniru kondisi ini. Sebuah pemanas (heater) dan termometer di dalam akuarium akan membantu Anda menjaga suhu yang ideal untuk cupang Anda.

Filter juga penting karena ikan cupang tidak dapat bertahan hidup dalam air kotor tanpa filter. Guna filter adalah membantu menghilangkan penumpukan nitrit, amonia, dan senyawa berbahaya lainnya dalam akuarium.

Pakan ikan cupang

Cupang/Wikimedia Commons

Makanan yang tepat sangat mempengaruhi warna, tingkat pertumbuhan, dan terutama umur ikan cupang. Sebagian besar makanan ikan cupang bermerek, dipenuhi dengan bahan yang tidak akan memperpanjang hidup mereka.

Hindari merek makanan ikan yang mengandung tepung ikan sebagai bahannya. Pastikan makanan cupang Anda penuh dengan protein dan lemak yang dibutuhkan oleh ikan cupang karnivora untuk berkembang.

Artemia, cacing darah, dan serangga adalah makanan terbaik untuk cupang. Pastikan Anda tetap berpatokan pada makanan berprotein tinggi.

Rekomendasi