Istilah Baru yang Mesti Diketahui Bahasa Indonesianya

| 14 Aug 2020 11:29
Istilah Baru yang Mesti Diketahui Bahasa Indonesianya
Ilustrasi perpustakaan (Info Bandung)

ERA.id - Kata-kata dalam bahasa Indonesia sudah lumayan banyak, tapi sebagian kita masih sering menggunakan bahasa Inggris dipadupadankan bahasa Indonesia.

Nah, di bawah ini ada beberapa kata dari bahasa Inggris, yang kerap kita disebutkan. Ada baiknya, kita cara padanan kata bahasa Indonesia-nya yang cocok.

Lagipula, kata di bawah ini diselaraskan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

1. News home/Beranda berita

Buat yang suka baca-baca dan buka portal berita pasti sering menemukan ini. Sekarang sudah bisa menggunakan istilah "Beranda Berita".

2. News feed/Umpan berita

Umpan berita maksudnya sebuah berita yang bisa menarik pembacanya. Biasanya daftarnya berisi rekomendasi sesuai ketertarikan pembaca.

3. Track record/Rekam jejak

Untuk istilah yang ini, sering digunakan untuk menyebutkan riwayat seseorang.

4. Cross contamination/Kontaminasi silang

Padanan istilah dari cross contamination, yaitu suatu peristiwa perpindahan virus atau bakteri dari satu benda ke benda lainnya.

5. Face shield/Pelindung muka

Sekarang sudah sah untuk menyebutnya pelindung muka, karena ini adalah padanan istilahnya.

6. Sharing pain/Berbagi beban

"Pain" dalam istilah "Sharing pain" ternyata disetarakan sama "Beban". Jadinya istilah ini disebut berbagi beban.

7. Contact tracing/Penelusuran kontak

Agak serupa sama rekam jejak tadi, penelusuran kontak lebih melihat soal riwayat kontak seseorang. Maksudnya orang yang sedang ditelusuri ini telah berkontak dengan siapa dan di mana.

8. Imported case/Kasus impor

Kasus impor mulai dipakai media untuk konten berita seharusnya. Istilah ini untuk menyebutkan peristiwa yang dilaporkan dari luar negeri.

9. Droplet/Percikan

Droplet, sebuah istilah yang dipakai ketika air liur manusia keluar saat berbicara, bersin, dan batuk. Sekarang istilah tersebut udah ada dalam versi Bahasa Indonesia, yaitu percikan.

10. Thermo gun/Pistol termometer

Istilah berikutnya digunakan untuk alat penguku suhu tubuh orang yang seperti tembak. Kalian boleh bilang benda tersebut dengan istilah pistol termometer.

11. Buzzer/Pendengung

Untuk yang ini buat bonus aja, karena istilah buzzer sering banget disebut-sebut. Padahal dalam Bahasa Indonesia, itu disebut pendengung. 

Rekomendasi